Review ProdukTekno

Samsung Galaxy M10 dan M20 Resmi Dirilis, Harga Mulai 1,5 Jutaan

Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20, merupakan smartphone lini terbaru dari Galaxy M yang baru-baru ini telah resmi dirilis oleh pihak Samsung.

Smartphone yang merupakan peleburan dari tiga lini entry-level Samsung yaitu lini C, C dan juga On tersebut, secara resmi diluncurkan untuk pertama kalinya di India pada hari Senin kemarin, 28 Januari 2019.

Dilihat dari penampilannya, Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20 memiliki tampilan yang benar-benar sangat fresh. Terutama jika dibandingkan lini-lini sebelumnya.

Bahkan kedua smartphone baru tersebut, telah mengusung desain terbaru dari vendor Samsung. Yaitu layar poni yang membentuk huruf V, atau Infinity V, yang merupakan rumah bagi kamera selfie.

Desain poni tersebut pada dasarnya adalah sama, dengan desain waterdrop screen yang saat ini menjadi tren.

Baca jugaSamsung Galaxy A9 Meluncur di Indonesia dengan Program Trade In 5 to 1, Harganya?

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 adalah seri yang paling tinggi diantara keduanya. Smartphone ini memiliki layar panel IPS LCD berukuran 6,3 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel.

Loading...

Terkait kebutuhan fotografinya sendiri, Samsung Galaxy M20 dilengkapi dual kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.9, untuk kamera primernya.

Sementara untuk kamera skundernya memiliki lensa ultra wide berukuran 5 megapiksel, dengan lensa berbukaan f/2.2.

Untuk kebutuhan selfie, smartphone ini dilengkapi kamera depan bersolusi 8 megapiksel, dengan bukaan lensa f/2.0.

Sementara untuk urusan kinerjanya, Galaxy M20 telah dipersenjatai dengan chipset terbaru dari Samsung, yaitu Exybos 7904 arsitektur 14nm, dengan dua inti besar Cortex-A73, clockspeed 1.8 GHz serta enam inti Cortex-A53 dengan clockspeed 1,6 GHz.

Kinerja mumpuni ini juga didukung varian kapasitas RAM 3 GB dan 4 GB sehingga kinerja aplikasi dan multitasking semakin lancar.

Terkait sistem operasinya sendiri, smartphone ini masih berjalan dengan Android 8.1 Oreo, dengan antar muka Samsung Experience 9.5.

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data dan aplikasi, Samsung Galaxy M20 dilengkapi kapasitas memori internal 64 GB yang dapat diperluas lagi melalui slot microSD.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi sensor sidik jari untuk sistem keamanannya.

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo yaitu 5.000 mAh, dengan dukungan pengisian daya 15W, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, tanpa harus bolak-balik mengisi daya.

Samsung Galaxy M10

Spesifikasi Samsung Galaxy M10

Berbeda dengan rivalnya, Samsung Galaxy M10 hadir dengan bentangan layar panel LCD berukuran 6,2 inci, dengan resolusi 1520 x 720 piksel, sedikit lebih kecil dari Galaxy M20.

Untuk kapasitas baterai juga terbilang lebih kecil, yaitu 3.430 mAh.

Perbedaan lain juga terletak pada sektor hardware – nya. Samsung Galaxy M10 ini, masih menggunakan chipset versi lama yaitu Exynos 7870, arsitektur 14 nm, dengan delapan inti Cortex-A53 yang masing-masing memiliki kecepatan 1,6 GHz dengan kapasitas RAM 2 GB dan 3GB.

Dalam hal menunjang keperluan fotografi, Samsung Galaxy M10 dilengkapi dengan dual kamera belakang beresolusi 13 megapiksel, dan 5 megapiksel dengan lensa ultra wide.

Sementara untuk kebutuhan selfie, smartphone ini dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.0.

Selain dapat digunakan untuk kebutuhan selfie dan video call, kamera depan ini juga berfungsi sebagai fitur pemindai wajah.

Terkait penyimpanan datanya, Samsung Galaxy M10 dilengkapi dengan kapasitas memori internal 32 GB.

Smartphone ini hadir dalam varian warna hitam (Charcoal Black), dan juga biru (Ocean Blue).

Hal yang sangat disayangkan, Samsung Galaxy M10 ini tidak dilengkapi sensor sidik jari, yang merupakan sistem keamanan yang sangat populer.

Harga Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20

Dilansir dari Kompas.com (29/1/2019), kedua smartphone ini akan tersedia untuk pertama kalinya di India, dengan sistem pembelian secara online. Untuk harganya sendiri, adalah sebagai berikut :

  • Samsung Galaxy M20 RAM 3GB dijual dengan harga 11.000 rupee atau sekitar Rp. 2,1 jutaan.
  • Samsung Galaxy M20 RAM 4GB dijual dengan harga 13.000 rupee atau sekitar Rp. 2,5 jutaan.
  • Samsung Galaxy M10 RAM 2GB dijual dengan harga 8.000 rupee atau sekitar Rp. 1,5 jutaan.
  • Samsung Galaxy M10 RAM  3GB dijual dengan harga 9.000 rupee atau sekitar Rp. 1,7 jutaan.

Penjualannya sendiri akan dimulai sejak tanggal 5 Februari 2019 yang akan datang. Besar kemungkinan kedua smartphone ini akan segera hadir di Indonesia.

Hal ini dikarenakan kedua smartphone ini telah muncul pada laman sertifikasi P3DN Kementrian Perindustrian dengan kadar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 31,10 persen.

Namun, hingga tulisan ini dibuat belum ada informasi pasti tentang jadwal kehadiran kedua smartphone ini di pasar smartphone Indonesia.



Loading...

Baca selengkapnya

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button