Dunia Internet

Shortcut Keyboard Sosial Media Yang Harus Kamu Ketahui

Shortcut Keyboard Sosial Media – Ketika kamu membuka sosial media, kira-kira berapa kali mouse yang kamu gunakan bergeser dan berbunyi? Jika jawabannya banyak atau sering, maka sudah saatnya kamu menggunakan shortcut keyboard sosial media agar tanganmu tak terlalu sering menggerakkan mouse.

Mengapa harus shortcut keyboard sosial media? Karena dengan menggunakan shortcut keyboard tersebut, aktivitas kita di sosial media akan berjalan jauh lebih cepat dari yang biasanya. Tak percaya? Mari buktikan.

Shortcut Keyboard Sosial Media Memang Membantu

Shortcut keyboard itu banyak sekali, ada yang digunakan untuk browser, photoshop, corel draw dan yang lain-lain. Namun, karena pembahasan kali ini adalah mengenai sosial media. Maka, kita akan membahas tentang shortcut-shorcut yang ada pada sosial media tersebut. Dan berikut ini adalah shortcut-shortcut yang dimaksud:

Facebook

Siapa yang tak kenal dengan sosial media Facebook, dimana sosial media yang satu ini sudah menggaet pengguna sebanyak 115 juta di Indonesia dan menjadi yang paling aktif nomor empat di dunia setelah Amerika Serikat, India dan Brazil.

Kamu yang suka berselancar di dunia Facebook, ada baiknya menghafal shortcut-shortcut dibawah ini, barangkali berguna dan membuat dirimu cekatan ketika berselancar di sosial media garapan Mark Zuckerberg itu.

Sebelum menggunakan shortcut Facebook, ada baiknya kamu memperhatikan browser dan platform komputer yang digunakan (PC atau Mac). Jika sudah memenuhi hal tersebut, mari mulai menggunakan shortcutnya.

Perhatikan!

Chrome untuk PC: Alt + #

Firefox untuk PC: Shift + Alt + #

Internet Explorer untuk PC: Alt + #, lalu Enter.

Chrome, Safari, dan Firefox untuk Mac: Ctrl + Opt + #

Ganti # dengan nomor berikut untuk mengakses fitur atau halaman yang ada di Facebook. Sebagai contoh, Alt + 1 akan membawa kamu ke beranda Facebook di Chrome via PC.

Alt + 0 – Bantuan

Alt + 1 – Beranda

Alt + 2 – Timeline

Alt + 3 – Teman

Alt + 4 – Kotak masuk

Alt + 5 – Pemberitahuan

Alt + 6 – Pengaturan

Alt + 7 – Log Aktivitas

Alt + 8 – Tentang

Alt + 9 – Ketentuan

Selain itu, kita juga bisa menggunakan huruf dan tanda baca untuk menggunakan fitur lain yang biasanya sering kita gunakan.

J, K – Scroll ke bawah dan ke atas

P – Mengirim status baru

/ – Untuk masuk ke kolom pencarian

Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat gambar dibawah ini:

Shortcut Keyboard Sosial Media

Twitter

Sosial media selanjutnya adalah Twitter, dimana sosial media yang satu ini memiliki andil yang cukup besar, terutama dalam urusan membuat trending. Seringkali kita mendengar berita A menjadi trending dunia atau berita B menjadi trending di Indonesia, ya gara-gara twitter ini.

Selain memiliki andil dalam urusan trending, Twitter juga punya andil mengangkat seseorang menjadi publik figur, seperti Arief Muhammad dan Gofar Hilman yang terkenal melalui tweet-tweet yang mereka tulis.

Dan berikut ini adalah shortcut-shortcut yang bisa kamu coba dan pastinya membantu ketika berselancar di sosial media buatan Jack Dorsey.

G + H – Beranda

G + N – Pemberitahuan

G + R – Mentions

G + P – Profil

G + L – Melihat like

G + M – Pesan

G + S – Pengaturan

G + U – Mengunjungi profil seseorang

Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat gambar dibawah ini:

Shortcut Keyboard Sosial Media

Google+

Jejaring sosial keluaran Google ini memang tidak begitu terkenal di Indonesia, karena memang kalah bersaing dengan Facebook dan Twitter. Meskipun penggunanya sedikit, tapi untuk kamu yang suka dan sudah menggunakannya, silahkan menghafal shortcut keyboardnya seperti dibawah ini:

J, K – Scroll ke bawah dan ke atas

C – Membuat pos baru

R – Komentar pada pos yang dipilih

Untuk lebih lengkapnya, silahkan masuk ke akun Google+ kamu. Kemudian, klik shift + ? dan bantuan pintasan keyboard akan muncul. Selain itu, di Google+ ada cara tersendiri untuk membuat tulisan miring atau menjadi tebal.

– (tanda hubung sebelum dan sesudah teks) akan menjadikan tulisan strikethrough.
* (tanda bintang sebelum dan sesudah teks) akan menjadikan tulisan tebal.
_ (garis bawah sebelum dan sesudah teks) akan menjadikan tulisan miring.

Shortcut Keyboard Sosial Media

Youtube

Selain memberi bayaran yang cukup tinggi melalui Google Adsense, Youtube juga memiliki fitur-fitur yang memanjakan penggunanya, sekaligus dilengkapi dengan 30 shortcut keyboard, diantaranya adalah:

Mundur sejauh 5 detik – Left

Maju 5 detik – Right

Tingkatkan volume sebesar 5% – Up

Turunkan volume sebesar 5% – Down

Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat gambar dibawah atau klik shift + ?.

Shortcut Keyboard Sosial Media

Kesimpulan

Untuk memunculkan semua shortcut keyboard yang ada di sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Google+ maupun Youtube cukup dengan klik shift + ?.

Cara-cara yang sudah disebutkan tadi adalah untuk mempermudah pengguna sosial media, terutama untuk mereka yang kesehariannya bergelut dengan sosmed, baik itu untuk bisnis ataupun yang lainnya.

Sekarang keputusan ada di tangan kita apakah ingin menggunakan shortcut keyboard untuk mempermudah pekerjaan atau tidak. Sebelum menutup artikel ini, silahkan menyimak pernyataan Andrew Cohen (Founder Brainscape) yang sudah melakukan penelitian mengenai penggunaan shortcut keyboard.

Kebanyakan orang-orang kehilangan 2 detik per menit, karena bolak-balik menggunakan mouse.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. Keren ya gan, sosesial media ada shortcut nya juga.
    Tpi di pikir” jarang juga yg pke sosial media di PC, jadi kemungkinan besar jarang yang manfaatin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close