Adsense Di Youtube

Fitur Youtube yang Mungkin Belum Kamu Ketahui dan Jelajahi

Fitur Youtube – Membahas Youtube memang sangat menyenangkan, apalagi jika kita memiliki ketertarikan lebih mendalam pada sosial media tersebut. Youtube pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, baik itu yang aktif dalam penggunaannya maupun yang pasif.

Dan pada kesempatan kali ini akan sangat baik, apabila kita membahas fitur-fitur Youtube yang mungkin kebanyakan dari kita belum mengetahui atau enggan untuk mengetahuinya.

Jika kamu adalah sosok yang ingin mengetahui fitur-fitur yang dimaksud, silahkan membaca ulasan dibawah ini hingga selesai, semoga nantinya menjadi tambahan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.

Fitur Youtube Yang Harus Diketahui

Sebelum memulai membaca ulasan ini, ada baiknya kamu membuat channel Youtube terlebih dahulu agar lebih mudah dalam urusan pengaplikasian. Dan jika kamu sudah membuatnya, silahkan masuk ke menu “Creator Studio”.

Adapun untuk teman-teman yang belum mengetahui pembuatannya, silahkan buat akun Gmail, maka secara otomatis kamu sudah memiliki akun Youtube. Dan berikut ini adalah fitur-fitur Youtube yang harus kamu ketahui:

Tautan Menuju Titik Tertentu

Kamu yang suka menonton acara diskusi atau mungkin acara lawak dan sudah melihatnya sebanyak 60% pasti akan sangat jengkel, apabila harus menutupnya lantaran menjalani aktivitas lain, seperti ke pasar, disuruh ke suatu tempat atau yang semacamnya.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana dengan menggunakan fitur “Jump”. Apa itu fitur Jump? Adalah fitur yang memudahkan pengguna dalam menonton video, sehingga dia bisa langsung menemukan titik atau poin penting yang dicari.

fitur youtube
Gambar : dok. pribadi

TNI baru saja melangsungkan ulang tahunnya yang ke-72 dan didalam acara tersebut, Panglima TNI menyampaikan agar masyarakat tidak ragu akan kesetiaan institusi yang ia pimpin.

Kamu yang mungkin sempat berdebat mengenai polemik sang Jenderal, kemudian ingin memberitahukan pernyataan tersebut kepada keluarga, saudara, atau teman sudah tidak perlu repot-repot lagi dengan menyuruh orang lain untuk melihat full videonya.

Kini, kamu cukup membagikan link yang sudah terdapat poin penting atau pernyataan yang dimaksud dengan cara dibawah ini:

  • Klik “Share”, kemudian klik “Start”. Maka, link video yang berisi pernyataan sang Jenderal secara otomatis akan terbuka tanpa harus melihat video sejak awal.
  • Kamu juga bisa mengutak-atik video dengan mengganti menit dan detik secara manual (?t=4m8s) sesuai dengan keinginanmu.

Selain cara diatas masih ada cara lain, diantaranya adalah:

  • Klik kanan pada video, kemudian pilih “Salin URL video pada waktu saat ini”.
  • Kamu bisa tetap memainkan video saat melakukannya atau bisa dengan menghentikannya sejenak.

Dengan menggunakan cara ini, kamu sudah tidak perlu takut lagi ketika menonton video yang sangat panjang. Dengan beberapa klik, kemudian simpan tautannya di notepad, menonton video sudah bisa dilanjutkan tanpa harus memutar ulang dari awal.

Lihat Trending Negara Lain

Kamu pasti terkadang bingung, bagaimana Youtubers React asal luar negeri membuat video reaksi terhadap video yang sedang trending di Indonesia. Lantas, bagaimana mereka mengetahuinya? Apakah mereka tahu dari Instagram, membaca media Indonesia atau dari Youtube itu sendiri?

fitur youtube
Gambar : dok. pribadi

Gambar diatas adalah tampilan Youtube baru, dimana letak pengaturan berada di samping kanan. Adapun untuk Youtube lama, letak pengaturan berada tepat dibawah.

Cobalah menggunakan fitur ini, maka kamu akan tahu video-video apa saja yang sedang trending di berbagai belahan dunia. Dan poin yang satu ini sudah menjelaskan, bahwasanya Youtubers React luar negeri mendapatkan video-video yang sedang trending di Indonesia melalui Youtube itu sendiri.

Menyembunyikan Aktivitas

Silahkan kamu melihat channel “Bali United”. Dan coba scroll ke bawah, maka kamu akan mendapati channel tersebut telah melakukan aktivitas dengan subscribe channel “CR Cook”.

Mengapa aktivitas seperti itu bisa kita lihat? Karena channel “Bali United” tidak melakukan setelan channel pada akun mereka atau memang sengaja tidak melakukan settingan.

fitur youtube
Gambar : dok. pribadi

Kamu yang mungkin bertanya, bagaimana agar aktivitas channel kita tidak diketahui oleh publik, silahkan lakukan cara yang tertera pada gambar diatas. Ikutilah tanda panah terlebih dahulu, kemudian akan muncul “Setelan Channel” dan geserlah tombolnya.

Jika semua sudah dilakukan, maka channelmu akan terlihat lebih rapi dan pastinya aktivitasmu, seperti subscribe channel lain dan like video orang lain tidak akan diketahui oleh publik.

Sembunyikan Jumlah Pelanggan

Kamu yang baru membuat channel Youtube, kemudian diterpa rasa malu yang amat sangat mendalam lantaran jumlah subscribers nol sudah tidak perlu risau. Cara dibawah ini dapat menolong dirimu, dimana menyembunyikan jumlah pelanggan adalah solusi yang tepat.

fitur youtube
Gambar : dok. pribadi

Tanda panah pada gambar diatas menunjukkan jumlah subscribers pada suatu channel. Dan pada channel “Agung Hapsah” jumlahnya tidak diketahui, karena memang sengaja disembunyikan agar publik tidak mengetahui.

Lantas, bagaimana caranya untuk meniru hal yang demikian itu pada channel kita? Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu terapkan:

  • Masuk “Creator Studio”, kemudian klik “Channel” dan pilih menu paling bawah, yakni “Lanjutan”.
  • Scrool ke bawah dan temukan kalimat sebagai berikut “Jangan tampilkan jumlah subscriber channel saya”. Kemudian, klik simpan dan semua berjalan sesuai rencana.

Memasukkan Branding

Kamu yang ingin membuat branding atau tanda air pada video youtube bisa menggunakan fitur pencitraan merk. Penggunaan branding ini cukup berguna, karena penempatannya yang cukup strategis dan selalu ada ketika video diputar.

fitur youtube
Gambar : dok. pribadi

Untuk mengaktifkan fitur yang satu ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk “Creator Studio”, kemudian klik “Channel” dan pilih menu “Pencitraan Merek”.
  • Setelah itu klik “Tambahkan Tanda Air” dan pilih gambar yang akan di upload.
  • Ingat, kamu harus mempersiapkan gambar terlebih dahulu dengan ukuran kurang lebih 200 pixel keatas.

Jika semua proses sudah dilakukan, kamu bisa memilih untuk menayangkannya hingga video berakhir, akhir video atau hanya beberapa menit saja.

Buat URL Khusus

Kamu telah bekerja keras membangun channel dari nol sampai dengan sekarang. Dan kamu ingin lebih memperkenalkan channelmu itu kepada khalayak ramai dengan mempersingkat namanya. Namun, keinginanmu itu harus diurungkan terlebih dahulu apabila belum memenuhi syarat seperti yang disebutkan dibawah ini:

  • Memiliki lebih dari 100 pelanggan.
  • Setidaknya berumur 30 hari.
  • Memasang foto ikon saluran.
  • Sudah memasang foto sampul.
fitur youtube
Gambar : dok. pribadi

Keunggulan URL khusus adalah nama channel lebih mudah dikenal dan lebih mudah dipromosikan. Channel Youtube yang belum memiliki URL khusus lebih susah untuk dipromosikan, karena namanya yang terlalu panjang dan sulit untuk dihafal. Dengan adanya URL khusus ini pastinya kita lebih pede dengan saluran yang dimiliki.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak sekali fitur-fitur Youtube yang harus dipelajari, seperti:

  • Subtitel.
  • Layar akhir.
  • Penggunaan kartu dan anotasi.
  • Live streaming.
  • Pembuatan playlist.
  • Menautkan Google Adsense.
  • Edit tata letak.
  • Klaim silver play button dan yang lainnya.

Namun, setidaknya fitur yang sudah disebutkan tadi sudah memberikan penjelasan, terutama untuk mereka yang belum mengetahui bahwa Youtube memiliki sederet fitur yang memanjakan penggunanya. Sebelum menutup artikel ini, mari kita lihat beberapa fakta tentang Youtube yang sudah dirilis oleh hootsuite:

  • Youtube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif.
  • Waktu menonton Youtube meningkat 60 persen dari tahun ke tahun.
  • Rata-rata sesi Youtube di seluler adalah 40 menit.
  • Sedikitnya 50 persen penayangan Youtube berasal dari seluler.

Pengen baca ini ? Rahasia Youtubers Dalam Membangun Channel, Pahamilah!


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close