Tekno

Sindir Samsung Plagiat, Huawei Justru Panen Hujatan

Huawei Justru Disindir Balik Netizen

Saling sindir di dunia industri smartphone nampaknya menjadi sesuatu hal yang biasa. Sebelumnya, kejadian yang seperti itu pernah terjadi antara Samsung dan juga Apple. Dan baru-baru ini, saling sindir juga kembali terjadi di mana Samsung disindir oleh Huawei karena dianggap plagiat.

Sindiran Huawei disampaikan langsung oleh Richard Yu selaku CEO Huawei di acara IFA 2019 yang diselenggarakan di Berlin, Jerman. Richard menyindir Samsung Galaxy Note 10+ yang memiliki varian warna yang sama dengan Huawei P30 Series.

Huawei Klaim Sebagai Pelopor Warna Aura Glow

Di acara IFA 2019, Huawei melalui Richard Yu menyampaikan bahwa mereka berhasil menjadi pelopor dalam penggunaan warna Aura Glow. Klaim Huawei tersebut didasari dari peluncuran P30 Series pada Maret 2019, sedangkan Note 10+ baru diluncurkan pada Agustus 2019.

Jika sebelumnya, Samsung dan Apple saling sindir melalui iklan, maka Huawei sedikit lebih berani di mana mereka langsung memberikan sindirannya melalui bos tertinggi. Klaim Huawei ini memang cukup berani sekali, karena secara halus mereka menyatakan bahwa Samsung meniru (plagiat) desain mereka.

Huawei Kena Batunya Usai Sindir Samsung

Klaim Huawei ternyata memicu reaksi beragam dari para netizen. Beberapa netizen justru menganggap Huawei lah yang menjadi tukang plagiat di mana mereka kerap meniru desain dari ponsel lain, seperti penggunaan desain notch untuk kamera depan yang sudah lebih dulu digunakan oleh Apple.

Bukti plagiat Huawei masih dijabarkan oleh beberapa netizen di mana mereka mengatakan jika desain layar lengkung yang ada pada Huawei P30 Pro, ternyata sudah lebih dulu digunakan oleh Samsung S Series sejak seri S6 Edge.

Apakah Anda tertarik membaca reaksi para netizen terkait klaim Huawei atas warna Aura Glow? Jika Anda tertarik membacanya, silakan Anda kunjungi akun Twitter Kris Carlon selaku Eksekutif Editor di Android Authority.

Baca juga: Kejam, Persaingan Antara Samsung dan Apple di Dunia Bisnis

Jika berbicara masalah desain, kebanyakan produsen ponsel yang ada di dunia ini memang terinspirasi dari para pesaingnya. China sendiri sebelum memiliki merek-merek terkenal seperti sekarang juga dikenal sebagai peniru yang andal. Bahkan, terkadang barang buatan China sulit dibedakan dengan aslinya.

Namun untuk mengatakan para pesaing meniru desain secara 100 persen juga perlu pembuktian, karena terkadang ide satu perusahaan dengan perusahaan lain itu memang hampir sama. Lagipula produsen ponsel itu harus selalu mengeluarkan produk baru, sehingga amat sangat wajar apabila desainnya pun mirip satu sama lain.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close