alternatif twitter

Inilah Situs Alternatif Twitter yang Bisa Anda Coba, Sudah Tahu?

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang situs alternatif Twitter. Situs alternatif adalah situs yang dibuat seperti situs utama yang tujuan akhirnya adalah untuk mengalahkan situs utama.

Kurang lebih ada dua situs alternatif Twitter, dan berikut ini daftarnya.

1. Gab

Situs ini dulunya beralamatkan di Gab.ai. Namun setelah lama tidak menjelajah Gab, domain yang digunakan pun sudah berubah menjadi .com. Selain itu, tampilan halaman utamanya pun semakin profesional.

Gab sendiri didirikan oleh Andrew Torba pada tahun 2016. Gab menjadi salah satu situs alternatif Twitter karena tampilannya memang sangat mirip dengan media sosial besutan Jack Dorsey.

Lihat:

alternatif twitter1

Keunggulan menggunakan Gab:

  • Bebas berbicara karena tidak ada moderasi.
  • Bisa menulis postingan dengan sangat panjang (1.000 kata lebih).
  • Postingan Gab bisa dibagikan di Twitter.
  • Pengguna Indonesia masih sedikit.

Jika Anda tertarik menggunakan Gab, silakan melakukan pendaftaran. Dan sebagai informasi tambahan, Gab tidak memiliki aplikasi karena mereka ditolak oleh App Store dan Play Store karena tidak adanya moderasi.

Loading...

2. Amino

Situs yang satu ini sedikit berbeda dari Gab di mana Amino lebih menyasar atau lebih berfokus kepada remaja. Selain itu, Amino juga solusi untuk Anda yang ingin berfokus pada minat tertentu, seperti:

  • Anime.
  • K-Pop (musik).
  • Olahraga.

Lihat:

alternatif twitter2

Alternatif Twitter Bisa Menggantikan Twitter?

Kedua alternatif Twitter yang sudah disebutkan di atas tidak ada satu pun yang bisa menggantikan media sosial besutan Jack Dorsey karena beberapa alasan, di antaranya adalah:

  • Terlalu fokus dengan ciri khas masing-masing.
  • Tidak meningkatkan popularitasnya.

Untuk menandingi situs yang sudah besar, tentu situs alternatif harus menandinginya dengan strategi yang luar biasa pula agar mereka mampu menyaingi situs utama.

Jika strategi yang digunakan itu biasa saja, sampai kapan pun keberadaannya hanya akan menjadi alternatif yang artinya bisa digunakan dan bisa tidak.

Baca: Mengapa Politisi Sering Menggunakan Twitter? Inilah Jawabannya

Apakah Gab lebih baik dari Amino?

Jika dilihat dari user interface, Gab memang unggul. Namun bagi sebagian kalangan, kebebasan yang terlalu berlebihan membuat Gab sangat berbahaya.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *