Review ProdukTekno

Smartphone Asus Zenfone C : Si Mungil Simple yang Terjangkau

Smartphone Asus Zenfone C – Smartphone Asus Zenfone C merupakan salah satu ponsel pintar jagoan dari perusahaan asal Tiongkok tersebut. Datang dengan membawa ukuran ideal sebuah smartphone yaitu 4.5” yang menjadikannya nyaman digenggam dan dimasukkan kedalam kantong.

Selain itu desain dari smartphone ini sungguh elegan karena bodi plastik yang glossy dengan strip metal pada bagian sampingnya. Smartphone ini juga terbilang memiliki bobot ringan dengan berat hanya 150 gram atau 5.29 oz. Selain itu untuk sektor lebar dari smartphone 4.5” adalah 136.5 x 67 x 10.9 mm (5.37 x 2.64 x 0.43 in).

Selanjutnya pada layar sentuh dari Asus Zenfone C sudah membawa layar teknologi IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 Miliyar warna. Layar yang dihasilkan dari smartphone ini sungguh memanjakan mata anda dengan resolusi 480 x 854  dengan kerapatan 218 ppi pixel density.

Ukuran bodi fisik yang ideal dengan layar yang super tajam dengan teknologi IPS LCD khas smartphone kelas menengah keatas yang akan memanjakan matamu. Selain itu, smartphone tersebut telah membawa pelindung layar Oleophobic Coating yang menjadikan smartphonemu terlindungi dari goresan dan benturan benda keras.

Asus Zenfone C membawa sistem operasi Android KitKat 4.4.2 OS yang dapat ditingkatkan menuju sistem operasi Android KitKat 4.4.4 OS. Sistem operasi Android KitKat 4.4.4 OS akan semakin smooth digunakan dengan dapur pacu Intel Atom Z2520 yang akan menghasilkan kinerja yang gesit.

Selain itu, untuk memaksimalkan kinerja dari prosesor maka sudah terdapat RAM berkapasitas 1 GB  yang sudah cukup untuk pemakaian harian. Untuk mengabadikan momenmu sudah terdapat kamera belakang 5 MP dan kamera depan VGA Camera yang tajam.

Spesifikasi penuh dari Asus Zenfone C yang murah dan tangguh

Jaringan 2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3GHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Jaringan 4G
Layar4.5 inches, 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Jenis layarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Lain-lain– Multitouch up to 5 points
– Oleophobic coating
Internal8GB / RAM 1GB
SlotUp to 64GB
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps
WifiWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
O.S.Android OS, v4.4.2 (KitKat)
CPUIntel Atom Z2520, Dual-core 1.2 GHz
GPUPowerVR SGX544MP2
SensorAccelerometer, proximity, compass
Kamera
belakang
5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus PixelMaster, LED flash, Video
Kamera depanvga
GPSYes, A-GPS, GLONASS
JavaYes, MIDP 2.1
Fitur lain– MP3/WAV/eAAC+ player
– MP4/H.264 player
– Document viewer
– Photo/video editor
BateraiTipe  Li-Ion 2100 mAh battery
Siaga : 300 jam +
Bicara Aktif : 6 jam +

Desain yang simple dan cantik dari smartphone Asus Zenfone C

Asus Zenfone C
via asus

Pertama saya akan membahas mengenai desain dari smartphone Asus Zenfone C yang mewah dan simple ini. Perusahaan asal negri Tiongkok tersebut memang merancang smartphone tersebut agar terlihat mewah dan modern. Berbagai hasil desain Asus sudah sangat terkenal dalam dunia ponsel.

Asus  meluncurkan smartphone kelas rendah mereka tersebut dengan tiga pilihan warna yang modern. Asus Zenfone C meluncur dengan warna charcoal black, pearl white, dan cherry red. Selain dibalut dengan warna yang menarik smartphone ini juga mengambil desain navbar fisik untuk tombol navigasi-nya. Selain itu pada bagian samping dari smartphone sudah dibalut strip metal.

Loading...

Smartphone besutan perusahaan Asus tersebut memiliki dimensi 143.3 x 71.9 x 8.8mm (5.37 x 2.64 x 0.43in ) dengan beban berat 150 gram saja. Selain itu Asus Zenfone C yang berukuran 5.7 inchi ini memiliki layar sentuh dengan resolusi 480 x 854  dengan kerapatan layar 218  ppi pixel density.

Touch screen pada smartphone besutan Asus  tersebut telah mendukung fitur multitouch dan medium sensitive touch yang menjadiknnya nyaman saat disentuh. Akan tetapi, pada smartphone ini belum membawa proteksi layar yang mengharuskan kamu untuk menambah anti gores tambahan sebagai proteksi layarnya.

Selain itu untuk layar dari smartphone Asus Zenfone C juga sudah membawa layar berteknologi IPS LCD dengan 16 Miliyar warna yang ditampilkan. Hal ini sungguh membuat mata anda nyaman saat menggunakan smartphone ini karena layar yang jernih dan tajam.

Layar yang luas ditambah lagi dengan teknologi layar IPS LCD Capacitive Touchscreen dan didukung dengan pengolah grafis tangguh.  Jadi untuk urusan desain dari smartphone Asus Zenfone C ini sudah sangat stylish dan mewah dengan pilihan warna elegan dan desain strip grey metal.

Kinerja yang smooth dari smartphone Asus Zenfone C dengan dapur pacu premium

Asus Zenfone C
via smeaker

Setelah puas dengan desain yang mewah, selanjutnya saya akan membahas peforma yang smooth dari smartphone Asus Zenfone C. Hal kedua yang sangat diperhatikan oleh kebanyakan orang pada saat ini adalah spesifikasi dari dapur pacu sebuah smartphone yang akan mereka beli. Spesifikasi dapur pacu dari sebuah smartphone sangat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan dari sebuah smartphone.

Smartphone mewah kelas menengah tersebut membawa spesifikasi dapur pacu premium yaitu chipset khas Asus yaitu Intel Atom Z2520. Chipset Intel Atom Z2520 telah membawa CPU atau biasa disebut prosesor berjenis Dual Core bertenaga 1.2 GHz yang mengoptimalkan kinerja Asus Zenfone C. Selain itu, untuk urusan pengolahan grafis sudah terdapat PowerVR SGX544MP2 yang akan menghasilkan visualiasi yang smooth dan tajam.

Chipset dengan peforma tangguh pada smartphone Asus Zenfone C akan semakin optimal dengan kombinasi kerja dari RAM. Smartphone Asus Zenfone C diluncurkan hanya dalam pilihan RAM yang berkapasitas 1 GB saja.

Jadi untuk sektor kinerja dari smartphone Asus Zenfone C sudah sangat optimal dengan spesifikasi dapur pacu terbaru dan ukuran ram yang besar. Maka dari itu, smartphone jagoan dari perusahaan raksasa asal Tiongkok ini sudah sangat optimal dan gesit dibanding smartphone android dikelasnya.

Potret berbagai keseruan kamu dengan kamera dari smartphone Asus Zenfone C

Asus Zenfone C

Hal ketiga yang akan saya bahas pada opsi kali ini mengenai kamera yang diusung pada Asus Zenfone C yang cukup mengedepankan kamera perangkat mereka. Sekarang orang sangat memperhatikan spesifikasi dari sebuah kamera yang terdapat pada sebuah smartphone untuk hiburan atau pengabadian sebuah momen.

Maka dari itu Asus sangat serius pada setiap produknya dengan kamera tajam khas dari Asus yang sudah cukup terkenal pada pasaran dunia.

Pada smartphone kelas menengah ini sudah membawa kamera belakang beresolusi hingga 5 MP dengan segudang fitur yang disematkan. Beberapa fitur dari kamera belakang Asus Zenfone C adalah phase detection, geo tagging, touch focus, smile-detection, HDR, dan panorama.

Masih banyak lagi fitur fitur sederhana lainnya yang disematkan pada smartphone ini, yang dapat menghasilkan hasil foto yang mirip dengan objek aslinya.

Bagi kamu yang hobi melakukan perekaman momen dengan menggunakan aplikasi kamera dari smartphone Asus Zenfone C ini. Untuk sektor perekaman dari kamera belakang dapat menghasilkan video berkualitas dengan spesifikasi [email protected] yang cukup mengagumkan untuk kelas smartphone menengah. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki hobi membuat video atau bahkan untuk kebutuhan pekerjaan seperti mengambil berita.

Tidak ketinggalan untuk sektor kamera depan dari smartphone Asus Zenfone C sudah mengusung kamera beresolusi VGA Camera yang dapat mengambil gambar dan video yang tajam. Jika kamu ingin melakukan aktivitas selfie sudah sangat memuaskan dengan hasil jernih meskipun pengambilan pada daerah gelap.

Dengan segudang fitur atau fasilitas yang ditanamkan pada smartphone Asus Zenfone C serta kolaborasi kamera resolusi lensa besar akan menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Jadi untuk urusan memotret dan selfie pada smartphone tersebut sudah sangat memuaskan para konsumen dengan kamera belakang beresolusi 5 MP dan kamera depan VGA Camera.

Pemakaian selama seharian penuh dari smartphone Asus Zenfone C dengan baterai 2100 mAh

Asus Zenfone C
via selular

Setelah kita membahas mengenai desain yang mewah, spesifikasi yang tangguh, dan kamera yang tajam dan jernih. Selanjutnya saya akan membahas mengenai kemampuan dari pemakaian dari smartphone Asus Zenfone C yang berasal dari negeri Tiongkok ini. Perusahaan raksasa Asus tersebut sekarang sangat serius dalam merancang daya tahan dari berbagai smartphone luncuran terbaru mereka.

Smartphone Asus Zenfone C sudah membawa kapasitas baterai yang sangat besar dikelasnya yaitu 2100 mAh yang mampu tahan seharian digunakan dengan pemakaian wajar. Jika kamu mengoperasikan smartphone ini pada jaringan 3G keatas maka dapat bertahan selama seharian penuh dengan pemakaian normal.

Tetapi jika kamu menjalankan smartphone ini dengan banyak aplikasi aktif atau terkenal dengan istilah multitasking maka smartphone tersebut hanya dapat bertahan enam jam lebih saja. Jika tidak kamu operasikan, maka Asus Zenfone C dapat bertahan selama 300 jam lebih.

Jadi untuk urusan daya baterai dari smartphone Asus Zenfone C sudah sangat memuaskan dengan kapasitas baterai yang awet dikelasnya.

Konektivitas yang gesit dan stabil dari smartphone Asus Zenfone C

Asus Zenfone C
via asus

Setelah kita membahas mengenai desain yang mewah, spesifikasi yang tangguh, kamera yang tajam, dan pemakaian hemat daya. Selanjutnya saya akan membahas smartphone Asus Zenfone C pada sektor konektivitas yang terkenal gesit dan stabil. Asus Zenfone C diluncurkan dalam tipe Dual Sim yang dapat menyuplai sim berjenis Micro Sim.

Akan tetapi smartphone ini belum membawa teknologi 4G LTE dengan kemampuan download hingga 300 mbps yang terdapat pada jaringan GSM. Namun dukungan dari jaringan 4G LTE ini memiliki keterbatasan daerah cakupan yang hanya tersebar pada kota besar di Indonesia saja. Hal ini tidak menjadi sebuah kelemahan dari smartphone ini karena juga masih terdapat jaringan standar dibawah 4G LTE.

Selain itu seperti smartphone terbaru pada saat itu sudah terdapat konektivitas 4G LTE maka Asus Zenfone C telah membawa konektivitas 3G keatas. Teknologi konektivitas 3G yang memiliki kecepatan hingga 21 mbps dan HSUPA hingga 5.76 mbps. Tidak ketinggalan pada smartphone Asus Zenfone C juga sudah mendukung fasilitas WiFi yang mendukung Tethering, WiFi Direct dan WiFi Display yang dapat menampilkan visualisasi langsung.

Disamping itu smartphone Asus Zenfone C ini juga sudah dibekali teknologi Bluetooth versi 4.1 yang memang spesifikasi terbaru dikelasnya. Versi Bluetooth 4.1 sudah dapat mengirim dan menerima data dan aplikasi lebih cepat dan jangkauan lebih jauh. Pada sistem navigasi Asus Zenfone C sudah disematkan GPS berjenis A-GPS dan GLONASS teknologi tersebut akan meningkatkan penguncian lokasi dan tingkat akurasi yang semakin maju.

Jadi untuk urusan konektivitas dari smartphone Asus Zenfone C sudah sangat gesit dan optimal dengan dukungan jaringan 4G keatas.

Sistem Operasi Android KitKat 4.4.2 OS yang sudah optimal pada Asus Zenfone C yang dapat diupgrade

Asus Zenfone C
via umahandroid

Baiklah mungkin sebelumnya saya telah membahas beberapa unggulan dari smartphone berkelas ini tetapi tanpa suatu sistem operasi semuanya tidak akan berjalan. Sebuah sistem operasi-lah yang akan mengatur seluruh pengoperasian yang kita kehendaki pada sebuah smartphone. Perusahaan Asus tersebut selalu menyematkan sistem operasi Android kebanggaan mereka pada setiap produk ponsel besutan mereka.

Hampir seluruh smartphone keluaran dari Asus dengan kelas ponsel pintar membawa sistem operasi Android. Setiap keluaran smartphone terbaru dari smartphone Asus baik kelas bawah hingga kelas menengah selalu membawa sistem operasi Android keluaran terbaru dari Google. Smartphone Asus Zenfone C juga telah dibekali dengan sistem operasi terbaru untuk saat itu yaitu Android KitKat 4.4.2.

Meskipun hanya membawa sistem operasi Android KitKat 4.4.2 OS tetapi untuk pembelian saat ini sudah membawa sistem operasi Android KitKat 4.4.4 OS. Tetapi jika kamu sudah terlanjur membelinya dengan Android KitKat 4.4.2 maka kamu dapat melakukan upgrade secara gratis.

Sistem operasi Android KitKat 4.4.4 OS pada smartphone ini sudah sangat optimal dan gesit digunakan. Ditambah lagi dengan kolaborasi tema Ui khas Asus yang menyediakan tema yang cantik dan modern untuk smartphone Asus Zenfone C.

Jadi untuk urusan sistem operasi dari smartphone Asus Zenfone C sudah sangat baik dan gesit dengan kolaborasi dapur pacu berkelas dan terbaru.

Jutaan fitur dan fasilitas yang sudah dibekali pada smartphone Asus Zenfone C

Asus Zenfone C

Baiklah pada beberapa opsi diatas anda telah mengetahui beberapa kelebihan utama dari smartphone Asus Zenfone C yang disematkan padanya. Dikarenakan smartphone ini memang ditujukan untuk kalangan menengah kebawah yang dibanderol dengan harga terjangkau maka beberapa fitur terbaru seperti fingerprint belum terdapat pada smartphone ini.

Sekarang saya akan mengulas beberapa fitur dan fasilitas ringan yang umumnya sudah terdapat pada beberapa smartphone terbaru saat ini. Asus Zenfone C terdapat fasilitas accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan harian juga telah terdapat Document Editor, SMS, MMS, Email, Media Player dan Media Editor.

Meskipun hanya berisi fasilitas dan fitur ringan tetapi sangat bermanfaat untuk mendukung segala aktivitas kamu selama seharian penuh.

Kesimpulan dan Penutup dari review Asus Zenfone C

Saya berharap melalui artikel singkat ini dapat memberikan sebuah pertimbangan penting sebelum membeli sebuah smartphone. Hal ini dikarenakan terdapat banyaknya smartphone yang membanjiri pasaran smartphone di Indonesia.

Untuk smartphone dari Asus Zenfone C sendiri dibanderol seharga satu jutaan lebih saja dikarenakan keluaran Januari 2015. Mungkin akan ada promo awal tahun untuk pembelian saat ini yang akan membuat penurunan harga.

Referensi lain : Huawei Honor 4C : Si Lima Inchi yang Murah

Apakah anda tertarik membeli smartphone Asus Zenfone C ini ?



Loading...

Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

4 Comments

    1. Mohon maaf mas, saya hanya melakukan review kembali dikarenakan banyak juga yang membutuhkan informasi lawas mengenai sebuah smartphone. Gunakanlah akses komentar dengan sopan dan bijak. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *