Review ProdukTekno

Mengenal 3 Smartphone Buatan Jepang yang Tak Kalah dengan Buatan Tiongkok

Ternyata, smartphone buatan Jepang juga turut meramaikan pasar smartphone, meskipun saat ini pasar smartphone di Indonesia maupun di negara-negara lain didominasi oleh produsen asal Tiongkok.

Sebut saja Xiaomi, Oppo, Lenovo dan Huawei merupakan beberapa contoh vendor smartphone asal China yang cukup banyak hadir di Indonesia.

Salah satu kelebihan beberapa merek ini adalah harga jualnya yang tidak terlalu tinggi, namun memiliki kualitas yang cukup mumpuni di kelasnya.

Ponsel-ponsel ini jelas jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan iPhone dari AS.

Smartphone Buatan Jepang yang Tak Kalah dengan Buatan Tiongkok

Selain smartphone dari China, beberapa merek smartphone buatan Jepang juga dibanderol dengan harga yang relatif murah.

Meski beberapa merek ini tidak terlalu populer di pasaran Indonesia, namun vendor-vendor asal Jepang ini masih tetap eksis dengan smartphone-smartphone baru mereka.

1. Sony

Sumber: ndtv.com

Banyak dari klaian tentu sudah tidak asing lagi dengan merek smartphone yang satu ini. Ya, Sony memang merupakan salah satu produsen ponsel yang sudah cukup lama, meski saat ini pamornya mulai menurun.

Baca juga: Sony Xperia XZ3 Resmi Diluncurkan Inilah Spesifikasi dan Harganya

Loading...

Ketika masih berjaya, Sony pernah bergabung dengan perusahaan asal telekomunikasi Swedia, Ericsson, yang kemudian meluncurkan smartphone dengan nama Sony Ericson.

Sebuah merek yang cukup sukses di pasaran Indonesia bersama Nokia.

Tidak mau kalah saing dengan produsen asal China, Sony saat ini masih terus berkarya dengan meluncurkan berbagai seri ponsel di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Harga smartphone dari Sony pun cukup beragam dan terjangkau, dimulai dari Rp 1 jutaan.

Ini tentu harga yang cukup murah, mengingat Sony merupakan salah satu vendor yang sering menjadi rujukan kamera berkualitas dari berbagai merek lainnya.

2. Sharp

Sumber: theverge.com

Di Indonesia, brand Sharp mungkin lebih dikenal sebagai merek TV, kulkas, atau berbagai barang-barang elektronik rumah tangga lain.

Namun yang belum banyak diketahui, Sharp yang merupakan salah satu smartphone Buatan Jepang ini pemasarannya juga sampai ke Indonesia.

Baca jugaSharp Aquos S2 : Smartphone Pesaing LG G6 Dan Samsung Galaxy S8

Meski demikian, kebanyakan ponsel Sharp yang hadir di Indonesia ini beredar secara ilegal, seperti halnya Sony. Smartphone ini seringkali dijual dengan embel-embel Docomo dan dibawa melalui Batam dari Jepang.

Namun sayangnya, ponsel merek Sharp tidak terlalu laku di pasaran Indonesia, meski dijual dengan harga yang cukup rendah.

Sharp memang dikenal di dunia sebagai produsen panel layar terbaik dan terkemuka di dunia.

Bahkan kabarnya, vendor smartphone setingkat Apple dan Samsung pun masih bekerja sama dengan Sharp untuk menghasilkan panel layar terbaik pasaran Indonesia dan malah menjadi barang obralan.

3. Fujitsu

Sumber: fujitsu.com

Seperti halnya kedua merek smartphone buatan Jepang di atas, smartphone merek Fujitsu yang hadir di pasaran Indonesia juga kebanyakan dijual secara batangan atau tanpa dokumen yang resmi alias ilegal atau black market.

Sebelum merambah ke dunia smartphone, Fujitsu merupakan salah satu pabrika laptop yang cukup terkenal, termausk di Indonesia juga. Namun untuk pembuatan samrtphone, mereka tampaknya masih kurang dominan.

Smartphone dari Fujitsu memiliki ciri khas yaitu dapur pacu yang tangguh dengan berbagai teknologi atau fitur yang unik.

Salah satu teknologinya adalah irish scanner atau pemindai mata yang mulai digunakan oleh ponsel-ponsel keluaran terbaru.

Itulah tiga vendor smartphone buatan Jepang yang memiliki harga pasaran tidak kalah saing dengan smartphone buatan China.

Meski demikian, soal nama besar, merek-merek ini jelas masih kalah jauh dengan berbagai merek seperti Xiaomi, Lenovo, Oppo, atau Huawei.



Loading...

Baca selengkapnya

Heru NC

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot passw