Tekno

Tips Mengatasi Smartphone dengan Internal Storage Kecil

Tips Mengatasi Smartphone dengan Internal Storage Kecil – Semakin hari seiring dengan pembaruan sistem operasi Android di smartphone kita, ukuran aplikasi yang ada di Google Play Store juga semakin bertambah besar.

Hal ini disebabkan karena adanya pembaruan dan maintenance untuk setiap aplikasi agar selalu up to date dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ukuran aplikasi yang semakin bertambah

tentu juga memakan space memori internal di smartphone. Terlebih jika kamu menggunakan smartphone dengan RAM dan storage yang kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut ini.

Gunakan Custom Rom

Smartphone dengan Internal Storage KecilCustom ROM (Read Only Memory) merupakan firmware dari pihak ketiga yang bisa dijadikan sebagai ROM alternatif untuk digunakan sehari-hari.

Mengapa saya merekomendasikan menggunakan custom ROM? Karena, mayoritas custom ROM menggunakan basic Android murni sehingga ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ROM bawaan.

Ada banyak custom ROM yang cukup populer di kalangan opreker Android, diantaranya Pixel Experience, AOSP Extended, Lineage OS, Resurrection Remix, Liquid Remid, Syberia OS, Viper OS, dan lain-lain.

Custom ROM tersebut cukup ringan untuk digunakan karena tidak menyertakan bloatware yang tidak perlu.

Loading...

Gunakan Aplikasi Versi Lite

browser Via

Saat ini, para pengembang aplikasi juga sudah menyediakan versi lite untuk aplikasi mereka. Apa itu aplikasi versi lite?

Aplikasi versi lite merupakan aplikasi dengan ukuran yang lebih kecil dari aplikasi versi originalnya.

Aplikasi dengan versi lite ini sebenarnya ditujukan untuk smartphone dengan internal storage kecil. Berikut ini beberapa aplikasi versi lite yang dapat kamu gunakan:

Facebook Lite

Bagi kamu yang suka menggunakan sosial media seperti Facebook, Facebook Lite merupakan alternatif yang tepat.

Karena, dalam satu aplikasi Facebook Lite kamu juga bisa mengakses inbox, yang notabene pada aplikasi Facebook original harus install aplikasi Messenger terlebih dahulu untuk mengaksesnya. (Ukuran: 1.2 MB)

Messenger Lite

Bagi kamu yang tetap ingin menggunakan Messenger, aplikasi ini juga sudah tersedia versi lite nya. (Ukuran 6.4 MB)

Browser Via

Browser yang satu ini ukurannya tergolong kecil dibandingkan dengan browser Android pada umumnya yang memiliki ukuran belasan atau puluhan MB.

Browser Via hanya memiliki ukuran sebesar 550 KB dan fiturnya juga super lengkap. (Ukuran: 550 KB)

Baca JugaVia Browser, Super Ringan Untuk Smartphone Ber-storage Kecil

Google Maps Go

Untuk urusan navigasi, kamu nggak perlu khawatir. Google juga sudah menyediakan versi lite untuk aplikasi pemetaan milik mereka. (Ukuran: 175 KB)

Google Drive

Aplikasi ini berfungi untuk menyimpan file-file yang ada di smartphone Android kamu ke dalam cloud (awan), dengan begitu memori internal kamu akan semakin lega.

Walaupun aplikasi ini belum tersedia versi lite, tetapi bisa membantu untuk mengurangi penyimpanan di memori internal. (Ukuran: 15 MB)

Twitter Lite

Bagi kamu pengguna Twitter, situs microblogging yang satu ini juga tak ketinggalan untuk menyediakan versi lite dari aplikasi mereka. Meski ukurannya yang kecil, namun kamu tetap dapat menikmati fitur-fitur utama. (Ukuran 766 KB)

Line Lite

Line merupakan aplikasi chatting yang menyediakan fitur-fitur yang sangat lengkap dibanding dengan kompetitornya.

Selain versi original, Line juga menyediakan versi lite untuk aplikasi chatting milik mereka. (Ukuran: 5.7 MB)

YouTube Go

Suka nonton YouTube? Kini, YouTube memiliki versi lite yang mereka namai YouTube Go. Penamaan “Go” di aplikasi Google mengindikasikan bahwa aplikasi tersebut merupakan versi lite. (Ukuran: 8.1 MB)

Aplikasi Lainnya

Bagi teman-teman yang memiliki rekomendasi aplikasi versi lite lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar.

Backup Secara Berkala

Cara lain untuk mengatasi internal storage kecil, kamu bisa membackup data secara berkala. Backup data ini bisa menggunakan beberapa cara, antara lain :

  • Backup ke Memory Card, USB (otg), maupun backup secara online menggunakan aplikasi seperti Google Drive, Dropbox, atau aplikasi cloud storage lainnya.

Punya tips lain? jangan lupa untuk berbagi di kolom komentar ya.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button