Software Word Processor Gratis

10 Software Word Processor Gratis, Pengganti MS Word

Kalau bosan dengan MS Word yang itu-itu saja, berarti sudah waktunya ganti ke software word processor lain. Beberapa dari software alternatif memiliki tampilan dan fitur mirip MS Word. Jadi anda yang terbiasa menggunakan MS Word, bisa menggunakan software word processor alternatif dengan mudah.

Tersedia banyak software word processor freeware yang bisa didownload gratis. Anda tidak akan diminta membayar untuk menggunakan software ini. Kalaupun ada, itu adalah donasi yang tidak wajib.

10 Software Word Processor Gratis Pengganti MS Word

  1. FocusWriter

word processor gratis

FocusWriter khusus dibuat untuk penulis yang ingin fokus saat menulis. Walau orang lain juga bisa menggunakannya. FocusWriter bisa dibuka dalam moda full-screen, dan menu bisa otomatis disembunyikan saat anda mengetik, sehingga anda bisa fokus menulis.

Terdapat menu format basic di FocusWriter, seperti pengaturan font, bold, dan aligning text. Anda juga bisa mengatur background teks, margin, spasi, dan warna untuk membantu anda lebih fokus saat menulis.

Kalau anda orang yang suka tepat waktu, anda bisa menggunakan fitur alarm dari FocusWriter untuk menentukan waktu menulis. Supaya anda tidak terlambat untuk pekerjaan lain.

Terdapat fitur spell checker untuk teks bahasa Inggris, tapi tidak otomatis. Perlu diaktifkan secara manual setelah anda mengetik.

Loading...

FocusWriter bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, Linux. Kalau mau, anda bisa memberi tip via Paypal saat download, nilainya dari USD$0 (gratis) sampai USD$20. Tip ini semacam donasi, tidak wajib ngasih.

  1. Apache OpenOffice Writer

word processor gratis

Apache OpenOffice Writer adalah salah satu program OpenOffice Suite. Anda harus download satu paket software OpenOffice Suite, walaupun hanya akan meng-install bagian Writer saja. Tapi jika anda ingin versi portabel, maka anda harus install semua isi paket OpenOffice Suite.

Writer memiliki banyak fitur dan berkualitas, seperti halnya produk lain dari OpenOffice yang layak disejajarkan dengan Microsoft Office. Tersedia pula versi portabel yang bisa digunakan melalui flash drive.

Awalnya mungkin tampak membingungkan, sama seperti saat pertama anda menggunakan MS Word. Tapi software ini tidak sulit digunakan.

Writer mendukung format DOCX dan DOC. Juga bisa ekspor dokumen format HTML, PDF, MediaWiki, dan bisa simpan dokumen format .odt Standard. Format .odt Standard adalah format berbasis XML yang bisa diakses dari semua software pendukung OpenDocument.

  1. Kingsoft Writer

word processor gratis

Kingsoft Writer adalah produk bagian dari Kingsoft Office Suite. Sangat mudah digunakan, dengan desain tabbed interface. Kelebihan lain adalah: mendukung format DOCX, DOTX, DOCM, DOTM; ekspor ke PDF dengan background berwarna; spell checker otomatis; Ctrl+Alt+Home untuk menampilkan object browser.

Bisa juga menggunakan template built-in, enkripsi dokumen, melihat semua laman dari panel samping, membuat tabel konten, dan menyesuaikan lebar laman saat membaca file HTML. Itu hanya sebagian dari banyak fitur Kingsoft Writer.

Sayangnya, Kingsoft Writer hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows.

  1. WordGraph

word processor gratis

WordGraph adalah word processor bagian dari SSuite Office. Tapi bagusnya WordGraph bisa didownload secara terpisah, sehingga anda tidak harus download software SSuite Office lengkap kalau hanya butuh WordGraph.

WordGraph bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, Linux, dengan ukuran layar 1024×768. Khusus Windows, perlu ada Microsoft Internet Explorer 11.

Fitur standar dari WordGraph mirip dengan word processor lain. Fitur khususnya adalah PDF creator, ilustrasi, grafik, chart, tabel konten dan indeks, serta bisa mengakses file yang tersimpan di layanan online seperti Dropbox dan OneDrive.

Tersedia fitur spell check untuk bahasa Inggris, tapi fitur ini tidak bekerja otomatis, sehingga perlu diaktifkan secara manual.

  1. AbiWord

word processor gratis

Format dokumen yang didukung oleh AbiWord adalah ODT, DOCM, DOCX, dan RTF. Tersedia fitur spell checker otomatis, menu dan fitur settings ditata rapi sehingga tidak membuat bingung saat digunakan.

Kelebihan lain dari AbiWord adalah adanya fitur real-time collaboration sehingga anda bisa berbagi dokumen dengan pengguna AbiWord yang lain dan edit dokumen secara langsung.

  1. Jarte

Screenshot Jarte. Foto: Wikimedia, di bawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0.
Screenshot Jarte. Foto: Wikimedia, di bawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0.

Jarte adalah word processor sederhana dengan tabbed interface. Artinya, hampir semua menu ditata ke dalam tab-tab sehingga semua dokumen yang terbuka bisa diakses pada satu layar.

Kelebihan lainnya adalah fitur auto save yang bisa diatur manual dari per satu menit hingga per 20 menit. Anda juga bisa mengatur supaya file terakhir yang anda tutup, bisa terbuka otomatis saat anda membuka software Jarte lagi.

Tapi kekurangan dari Jarte adalah software ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows (32-bit dan 64-bit). Tidak mendukung Mac dan Linux.

  1. AbleWord

word processor gratis

AbleWord bisa membaca dan menulis dokumen dalam format DOC, DOCX, PDF, RTF, TXT, HTML, dan HTM.

Kelebihan utama dari AbleWord adalah bisa dibuka dengan cepat, dan memiliki desain sederhana. Walau sekilas mirip dengan MS Word, tapi AbleWord hanya dilengkapi oleh fitur dan menu-menu penting. Sehingga mudah digunakan dan tidak membuat bingung.

Kekurangannya adalah: spell checker tidak otomatis, harus dijalankan secara manual. AbleWord hanya mendukung sistem operasi Windows.

  1. RoughDraft

word processor gratis

RoughDraft adalah software word processor yang sederhana. Sebagian tab menu ditampilkan di samping, jadi mudah untuk melakukan editing. Dokumen baru akan terbuka di tab berbeda, sehingga anda bisa membuka hingga 100 dokumen sekaligus.

Bisa digunakan untuk jenis file RTF dan TXT, tersedia shortcut key untuk berbagai perintah, dan tersedia spell check otomatis untuk teks bahasa Inggris. Tapi kekurangannya, tidak ada pilihan insert page breaks.

Untuk mengakali insert page breaks, tulis bab baru di laman baru sebagai file berbeda, lalu simpan sekaligus file-file yang berkaitan tersebut menggunakan menu File->Print multiple files. Rumit? Bagi saya tidak, karena saya jarang sekali menggunakan insert page breaks, bahkan di MS Word sekalipun.

RoughDraft hanya bisa digunakan pada Windows. Pembuat software RoughDraft mengaku bahwa dia tidak memberi jaminan RoughDraft bisa digunakan pada Mac atau Linux. RoughDraft sudah tidak diupdate sejak tahun 2009, tapi software ini tetap tersedia dan bisa didownload gratis hingga sekarang.

  1. Judoom

Judoom. Foto: via Softpedia
Judoom. Foto: via Softpedia

Judoom hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows dengan tambahan Microsoft .Net Framework 4.0.

Judoom mendukung file format DOC dan DOCX. Mudah digunakan dengan tampilan yang bersih. Terdapat menu samping untuk memudahkan anda mencari dokumen dan file. Semua dokumen yang baru dibuka disimpan rapi di tab masing-masing supaya mudah dijangkau.

Kekurangan dari Judoom adalah tidak ada headers/footers, nomor halaman, dan spell checker.

  1. WriteMonkey

WriteMonkey memiliki tampilan sederhana, ringan, tidak rumit dibandingkan word processor lain. Interface dan warna background bisa disesuaikan supaya anda lebih fokus saat menulis.

Semua menu hanya akan muncul jika anda klik kanan layar dokumen. Setelah daftar menu terbuka, anda bisa melakukan editing secara normal. Tapi sayangnya, spell checker tidak berjalan otomatis, harus dijalankan secara manual.

Baca juga10 Plagiarism Checker untuk Memeriksa Konten Unik atau Hasil Copas

WriteMonkey menyediakan software versi berbeda untuk sistem operasi berbeda. Versi Windows, OSX, Linux. Jadi pilih versi software yang sesuai dengan kebutuhan komputer anda sebelum mulai download.

WriteMonkey 3 merupakan software freemium. Artinya software ini bisa didownload dan digunakan secara gratis, tapi ada beberapa plugin yang hanya bisa didapat jika anda memberikan donasi, berapa pun nilainya.

Penutup:

Saya ingin menggunakan Jarte jadi pengganti MS Word. Bagaimana dengan anda?

 


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *