Street Gourmet Bandung

Menikmati Makanan di Dalam Bus Sambil Keliling Kota dengan Street Gourmet Bandung, Konsep Makan yang Hanya Ada 6 di Dunia

Street Gourmet Bandung – Bukan Bandung namanya jika tidak bisa memberikan sesuatu yang luar biasa dari sifat kreatif warganya. Dibuktikan dengan banyaknya hal-hal yang dapat membuat wisatawan tidak pernah bosan untuk datang ke kota kembang ini.

Makanan adalah salah satu hal yang diandalkan di kota Bandung. Ada banyak sekali cafe-cafe atau restoran yang menyajikan makanan dengan menu kreatif atau tempat makan dengan konsep yang unik. Membuat siapa saja ingin mencicipinya..

Baca juga3 Tempat Nongkrong di Bandung yang Lagi Hits dan Wajib Kamu Tongkrongin

Apabila ingin mencicipi makanan enak dengan cara berbeda maka bisa mencoba makan Street Gourmet Bandung. Apa itu?

Street Gourmet Bandung

Street Gourmet adalah bisnis makanan yang didirikan oleh dua orang gelandang Persib bernama Airlangga Sucipto dan Tony Sucipto. Mereka melakukan kerjasama dengan seseorang bernama Tito Aprianto yang merupakan warga asli Bandung.

Konsep dari Street Gourmet  adalah makan dalam bus yang berjalan dan berkeliling di kota Bandung. Street Gourmet ini sudah ada sejak tahun 2015 yang lalu.

Sensasi makan mewah akan dirasakan siapa saja yang naik ke bus ini. Meskipun berupa bus tapi di dalamnya  disulap seperti sebuah restoran. Ada beberapa buah kursi yang bisa digunakan untuk beberapa pasang orang yang memesannya.

Meski bukan yang pertama di dunia tapi konsep makan di dalam bus berjalan ini adalah yang pertama di Asia Tenggara. Selain Indonesia, negara di Asia Tenggara yang punya konsep makan seperti ini hanya di Singapura.

Loading...

Sementara negara lainnya hanya ada di India, Inggris, Prancis, dan spanyol. Maka berbanggalah Indonesia khususnya warga kota Bandung karena memiliki bus wisata yang termasuk langka ini.

Apa ada tertarik untuk mencoba makan di Street Gourmet Bandung? Simak dulu informasi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan Street Gourmet di bawah ini.

Cerita Pembentukan

Pendiri Street Gourmet Bandung
via jabar.tribunnews.com

Sesuatu yang menarik pastinya memiliki cerita yang menarik juga dalam hal apa pembentukannya. Begitu juga dengan wisata makan ini. Oleh karena konsep yang baru di Indonesia sebenarnya dari mana ide untuk membuat bisnis ini?

Cerita pembentukan bisnis makanan berjalan ini bermula dari kecintaan terhadap kuliner dari pemain dan mantan pemain persib Bandung. Yaitu, Airlangga Sucipto dan Tony Sucipto.

Selain itu tentu saja karena kecintaan mereka terhadap kota Bandung. Oleh karena telah membesarkan nama keduanya. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat terobosan baru di dalam dunia pariwisata Bandung.

Menurut mereka berdua bisnis gourmet ini memanfaatkan dua buah potensi dari kota Bandung yaitu enaknya makanan dan indahnya pemandangan Kota Bandung.

Tujuan mereka membentuk bus kuliner ini adalah untuk memanjakan wisatawan dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu mereka dapat menikmati wisata di kota Bandung dengan berbeda dan pastinya selalu membekas dalam ingatan.

Tempat “Mangkal” Street Gourmet dan Rutenya

Apabila Anda ingin menikmati makan di dalam Street Gourmet Bandung ini maka bisa datang ke daerah Cilaki. Disana lah bus ini mulai berjalan dan kembali lagi. Alamat tepatnya adalah di Jl. Cilaki No. 45 Bandung.

Anda dapat berkeliling ke banyak rute yang ada di kota Bandung. Dari mulai berangkat sampai pulang membutuhkan waktu minimal 1,5 jam sampai 2 jam. Sambil makan Anda jadi bisa melihat kota Bandung dengan cara yang berbeda.

Setiap kali jalan, rute yang dilalui oleh bus ini selalu sama. Beginilah rutenya.

Pertama akan dimulai dari Jalan Cilaki kemudian secara berurutan ke Jalan  Citarum, Jalan Diponegoro, Jalan Ir H Juanda, Jalan Merdeka, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman.

Kemudian lanjut ke Jalan Pasir Kaliki, Jalan Pajajaran, Jalan Cihampelas, Jalan Cipaganti, Jalan Babakan Siliwangi, Jalan Dipatiukur, Jalan Banda, Jalan Ciliwung, lalu kembali lagi ke rute awal yaitu Jalan Cilaki.

Meskipun makan sambil berada di jalanan tapi Anda akan tetap rasakan kenyamanan karena lajunya tidak terlalu cepat. Hanya sekitar 30 km per jam untuk kecepatan maksimalnya.

Fasilitas di Street Gourmet

Oleh karena memiliki konsep yang berbeda dengan cara makan lainnya maka fasilitas yang dimilikinya pun berbeda dari restoran pada umumnya. Apalagi dilakukan di dalam sebuah kendaraan yang melaju di jalanan.

Tentu saja bukan hanya menu-menunya yang dipersiapkan dengan baik tapi juga fasilitas beserta layanan yang dimilikinya. Tidak kalah dengan menyantap makanan di restoran mahal.

Beberapa fasilitas yang ada di Street Gourmet Bandung ini adalah beberapa peralatan penunjang entertainment. Seperti karaoke dengan pilihan audio dan video yang terbaik, AC, internet gratis dengan wifi, film mengenai Bandung Tempo Dulu, dan tv layar lebar.

Untuk jumlah tempat duduknya ada sekitar 24 buah. Dibuat dengan saling berhadapan, ada yang satu bangku untuk 2 orang ada juga yang hanya satu orang. Selain fasilitas-fasilitas elektronik, di sini juga ada fasilitas lain, yaitu berupa layanannya.

Selain menyantap makanan Anda juga akan bertemu dengan tour guide yang akan menjelaskan mengenai daerah-daerah yang dilewati oleh Street Gourmet ini. Jadi Anda yang datang dari luar kota bisa sekaligus belajar mengenai sejarah kota Bandung.

Menu-menu dan Harga Sewanya

Makanan di Street Gourmet Bandung
Via cumilebay.com

Menu-menu yang disajikan di sini memiliki banyak pilihan dan setiap orang akan mendapatkan menu dari makanan pembuka sampai makanan penutup.

Menu-menu yang ada di dalam buss wisata kuliner ini mempunyai konsep fresh from the oven. Oleh karena makanannya benar-benar dibuat di dalam, bukan sebelum bus berangkat. Jadinya makanan masih memiliki kualitas yang baik dan tentu saja enak.

Untuk bahan-bahan yang saja dipilih yang masih segar jadi citarasanya sangat terjaga. Dan tentu saja bahan-bahannya halal.

Di sini ada empat pilihan paket menu yang bisa Anda pilih dari mulai appetizer, main course, dan drink. Untuk makanannya ada menu Nusantara, Italia, Dan Western. Pilihan-pilihan menu dari Street Gourmet Bandung ini antara lain.

  • Paket Gourmet 1

Menu-menu yang ada pada paket pertama ini antara lain beef stroganoff, potato soup, chef salad, dan volcano.

  • Paket Gourmet 2

Makanan-makanan yang ada pada paket kedua ini antara lain chicken maryland, seafood chowder, shrimp salad, dan cream brulee.

  • Paket Gourmet 3

Sementara itu untuk yang ada pada paket ini semuanya adalah makanan khas Bandung. Antara lain nasi bakar Pasundan, soto Bandung, batagor, dan colenak.

  • Paket Gourmet 4

Dan paket ini menu makanan yang antara lain chicken yakimeshi, miso soup, lumpia sc bangkok, dan tiramisu.

Sementara untuk pilihan minuman dari semua paket ini sama yaitu jus, mineral water, tea atau coffe, dan entree.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk makan di sini?  Untuk harganya tenang saja, harga setiap set tempat duduk di Street Gourmet Bandung ini lumayan terjangkau.

Ada dua pilihan paket untuk paket pertama adalah booking 2 tempat duduk dan table untuk 2 orang. Harganya hanya 300 ribu rupiah.

Sedangkan untuk paket kedua ada booking 4 tempat duduk dan table. Harganya hanya 600 ribu rupiah. Untuk sebuah sensasi makan dan ekslusif ini, tentu saja harga tersebut sudah termasuk murah.

Oleh karena tidak ada lagi bus wisata kuliner seperti ini yang ada di Indonesia. Jika ingin menikmati yang lainnya maka yang paling dekat harus pergi ke Singapura.

Apabila Anda akan melakukan booking seat maka harus datang ke Jalan Citarum untuk melakukan registrasi. Lalu pada saat itu juga harus langsung memilih paket yang disediakan.

Street Gourmet Bandung ini akan beroperasi setiap hari kecuali hari Senin. Jam bukannya adalah pada pukul 09.00 pagi, 12.00 siang, 15.00 sore dan 18.30 malam. Jadi ada empat kali perjalanan.

Namun apabila Anda ingin bisa menikmati makan di Street Gourmet ini maka harus mau mengantri dengan peminat lainnya. Oleh karena hanya ada satu bus jadi Anda mungkin harus melakukan booking jauh-jauh hari supaya mendapatkan meja.

Kuliner dalam Bus di Asia Tenggara

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisnis kuliner di dalam bus ini bukan hanya ada di Indonesia. Namun juga 5 negara lainnya.

Bagaimana dengan kuliner dalam bus di luar negeri? Di bawah ini ada informasi mengenai bus gourmet yang ada di Singapura.

Singapore Gourmet Bus

Singapore Gourmet Bus
Via Youtube.com

Ini dia bus kuliner lainnya di Asia Tenggara yang mirip dengan Street Gourmet Bandung. Apabila berkunjung ke Singapura mungkin bisa coba untuk menikmati sensasi makan dengan layanan ini.

Sepertinya Anda juga akan tertarik bukan? Oleh karena dapat melihat pemandangan Singapura yang sangat indah.

Seperti apa sensasi makan di gourmet bus ini?

Gourmet bus ini pastinya tidak kalah bagus dengan yang ada di Bandung. Bahkan mungkin bisa dibilang lebih baik dibandingkan yang ada di Bandung ini. Hal ini wajar karena Singapura memang negara yang maju, pastinya semua hal yang dibuatnya selalu bagus.

Gourmet bus ini dibuat untuk membuat pengalaman yang berbeda untuk wisatawan yang datang ke Singapura. Di dalam bus ini Anda mendapatkan menu-menu lokal khas Singapura. Berbagai menu yang dibuat di sini adalah yang memenangkan penghargaan dari Michelin Bib Gourmand Award 2017.

Menu yang ada di sini terbagi atas tiga yaitu makanan untuk lunch, hi-tea, dan dinner. Untuk kategori menu lunch akan disediakan pada pukul 12.00 sampai 01.30 PM, menu Hi-Tea dari pukul 04.00 sampai 05.30 PM, sedangkan dinner pada pukul 07.00 sampai 09.00 PM waktu Singapura.

Jika di Bandung busnya hanya ada satu lantai tapi untuk yang ada di Singapura ini memiliki konsep bus bertingkat. Rute-rute yang akan dilewati oleh bus ini adalah berbagai tempat terkenal dan ikonik dari Singapura. Seperti Merlion Park, Marina Bay Sands, The Esplanade, dan Singapore Flyer.

Umumnya waktu buka untuk makan di Gourmet Bus ini adalah dari hari Selasa sampai Minggu juga. Sedangkan khusus untuk hi tea service hanya pada hari Selasa, lalu Kamis sampai minggu.

Bagaimana apakah ada tertarik untuk menikmati makanan di dalam bus sambil berkeliling kota Bandung dengan Street Gourmet Bandung? Atau ingin coba yang di Singapura?



Loading...


Bagikan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *