Dasar dasar BlogOptimasi Blog

Tampilan Blog Yang Di Sukai Pengunjung Dan Search Engine

Mempercantik tampilan blog adalah salah satu kiat para blogger untuk menarik pengunjung, bahkan terkadang bisa membuat pengunjung betah dan berlama lama membuka satu  persatu halaman posting.

Memang benar adanya, kalau tampilan blog mempunyai pengaruh besar terhadap pembacanya, selain itu tampilan blog berpengaruh juga terhadap Search engine. Kok bisa begitu? Silahkan simak pembahasan singkat dibawah ini.

Template adalah salah satu motor penggerak utama dalam menentukan tampilan blog anda, ada bermacam template blog sampai saat ini yang di tawarkan dari yang berbayar (premium) sampai gratis. Tampilannya juga sudah bervariasi dan beraneka, tergantung dengan kategori blog yang menggunakannya.

Jika melihat demo template yang ditawarkan, sekilas kita akan tertarik dengan tampilannya dan berkeinginan untuk mencobanya. Nah setidak nya anda harus tahu terlebih dahulu, template dengan tampilan yang menggoda, belum tentu bagus, belum tentu sesuai dengan Standar SEO.

Ada baiknya anda bisa cek terlebih dahulu kualitas template blog, anda bisa baca terlebih dahulu artikel : Cara memilih template blog yang baik dan benar, sesuai standar SEO dan mengikuti Algoritma google terbaru. Tujuan utamanya adalah agar tulisan atau posting anda tidak mubazir, dan banyak orang yang akan membacanya.

Tampilan Blog Yang Di Sukai Pengunjung Dan Search Engine

Tampilan Blog Yang Di Sukai Pengunjung Dan Search Engine

Karena sesuai dengan judulnya saya akan membahas tampilan blog saja, masalah template anda sendiri yang menentukan.

1. Warna

Selalu perhatikan perpaduan warna template blog, antara tulisan posting dan background. Pilih warna yang serasi, agar enak dipandang. Pilihan warna template dan perpaduan yang salah mengakibatkan tulisan posting jadi kurang jelas dan kabur, hal ini akan menyulitkan pengunjung dalam membaca artikel anda.

2. Gunakan jenis Font yang wajar dan standar

Jenis font yang umum (Arial, sans-serif, Verdana, georgia, times new roman) ukuran jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar untuk tulisan dalam posting.

Blog anda bisa jadi adalah blog yang dibaca untuk segala usia. Jangan terlalu tega untuk pembaca di usia menegah, hanya karena pusing melihat tulisan anda yang terlalu kecil. Ukuran font yang normal untuk posting adalah 13 – 16px. terapkan metode rata kiri.

3. Mengatur dan menempatkan gambar posting

Gambar jangan terlalu besar melebihi area posting yang akan merusak pandangan, terkadang ada blog yang memasang gambar yang terlalu besar dengan PD (percaya diri) nya. Selain tidak enak dipandang hal ini justru akan membuat loading blog anda semakin lambat.

4. Mengatur tempat area posting sesuai ukuran standar

Area posting jangan terlalu sempit agar tulisan dalam posting bisa tampil lebih maksimal. Karena ini kategori tampilan utama dalam blog, pengunjung mungkin lebih fokus pada area ini.

5. Mengatur tampilan widget di sidebar sesuai kebutuhan

Jangan terlalu banyak memasang widget yang tidak perlu, ini juga akan mengurangi kecepatan loading blog anda. Jangan semua widget dipasang semua, seolah-olah blog anda tampil lengkap.

6. Mengatur navigasi blog

Fungsi navigasi blog adalah mempermudah pengunjung untuk mengakses blog anda. Pasang menu pada header agar lebih jelas navigasi dalam blog anda, memasangnya pun jangan terlalu berlebihan. Anda bisa membuat submenu pada header, agar lebih ringkas.

7. Kurangi pengunaan javascript yang berlebihan

Terlalu banyak menggunakan javascript berpengaruh pada SEO karena javascript sendiri merupakan kode-kode panjang dengan ukuran yang besar. Selain itu beberapa javascript juga mengandung link-link yang secara tidak langsung akan terbaca menjadi link ekternal blog. Apalagi jika kode javascript ini masih berada diluar host maka loading blog juga akan terpengaruh.

8. Kurangi penggunaan efek animasi yang berlebihan pada blog

Tujuan animasi sebenarnya mempercantik tampilan blog dan membuat keren tetapi menggunakan animasi yang terlalu banyak justru memperburuk keadaan blog anda. Kembali kepada kecepatan blog, pengunjung tidak mau menunggu waktu berlama lama hanya untuk membuka tampilan blog secara keseluruhan.

Contoh efek animasi adalah merubah cursor menjadi bentuk tampilan yang berbeda, efek hujan salju, efek lampu yang berkedip kedip. Anda tidak mau juga kan kalau blog anda dijuluki blog pasar malam, meriah dengan hiasan efek animasi.

Search engine terutama google lebih menyukai tampilan blog yang ringkas, sederhana mempunyai kecepatan loading yang cepat dan mudah untuk diakses. Lihat saja tampilan google, dari dulu sangat sederhana menggunakan halaman yang cerah dan enak dipandang.

Dampak tampilan blog memang berpengaruh sekali terhadap SEO, tujuan SEO adalah memaksimalkan kinerja blog untuk ramah terhadap search engine. Dari uraian diatas, bisa anda ambil kesimpulan bahwa yang terpenting adalah kecepatan dari blog itu sendiri untuk mudah diakses bagi pengunjung.

Selain konten dan isi blog anda yang menarik dan berkualitas, tampilan blog juga sangat menunjang bagi mesin pencari (search engine) . Semoga tips ini bisa merubah tampilan blog anda agar lebih maksimal.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

18 Comments

  1. Tapi dari beberapa sisi , Saya perhatikan adsense lebih menyukai featured versi google nya lebih banyak kita tampilkan . Itu lebih bertahan lama utk exist nya keanggotaan kita sebagai adsense

  2. Beberapa hari ini aku mulai aktiv nge-Blog lagi, menurut sampean tampilan serta isinya di blogku bagaimana mas?

  3. Gmana kalau gambar lebih dari satu ? Apakah lebih bagus ? Tapi kalau terlalu banyak gambar juga ga bagus loading blog jadi lebih lama .
    Tolong pnjelasanya .

  4. kalau saya pribadi menggunakan font helvetika. helvetika adalah pengembangan font dari Arial sehingga memudahkan untuk dibaca oleh robot dan manusia. dan juga font helvetika struktur ejaannya tidak nyambung. terpisah dengan jarak sehingga nikmat untuk dibaca oleh manusia khususnya

  5. Informasi yang sangat bermanfaat. Bagaimana kalau menggunakan template bawaan blogger dengan sedikit modifikasi seperti pada blog saya ini ()
    Mohon pencerahannya…!!!

    1. Maaf link terdelete otomatis atas kebijakan berkomentar diblog ini. Blognya bagus mas, artikelnya juga keren tentang kesehatan masyarakat.
      Loadingnya juga lumayan kenceng 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close