Internet

Tantang Twitch, Facebook Luncurkan Aplikasi Gaming

Selama pandemi Corona (COVID-19) berlangsung, ada banyak pembaruan yang terjadi di beberapa platform media sosial. Bukan hanya pembaruan saja, namun beberapa perusahaan juga memilih untuk menghadirkan layanan baru kepada para penggunanya.

Facebook, Inc. adalah salah satunya di mana perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan juga WhatsApp tersebut telah menghadirkan layanan gim baru kepada para penggunanya, yaitu aplikasi Facebook Gaming.

Baca juga: Gaji Ratusan Juta dengan Menjadi Facebook Gaming Creator, Mau ?

Aplikasi Facebook Gaming Siap Saingi Twitch

Pihak Facebook mengungkapkan bahwasanya 700 juta lebih dari 2,5 miliar pengguna bulanannya telah terlibat dengan konten gim. Oleh karenanya, pihak perusahaan pun tak sungkan-sungkan untuk menghadirkan aplikasi baru mengingat sektor gim, khususnya gim online memang sedang tumbuh.

Dengan menghadirkan aplikasi Facebook Gaming, media sosial pimpinan Fidji Simo itu berharap menyaingi popularitas Twitch dari Amazon, YouTube dari Google, dan Mixer dari Microsoft. Peluang Facebook Gaming untuk meraup popularitas sendiri masih terbuka lebar mengingat saat ini merupakan situasi pandemi.

Di situasi pandemi, kebanyakan orang memilih untuk tetap tinggal di rumah. Akibatnya, beberapa platform pun mengalami kenaikan jumlah pengguna. Facebook Gaming sendiri harusnya diluncurkan pada Juni mendatang, namun pihak perusahaan mempercepatnya karena ada banyak orang yang memilih untuk tetap tinggal di rumahnya akibat pandemi seperti sekarang ini.

“Berinvestasi dalam gim, pada umumnya telah menjadi prioritas bagi kami karena kami melihat gim sebagai bentuk hiburan yang benar-benar menghubungkan orang. Ini hiburan yang bukan hanya bentuk konsumsi pasif, tetapi hiburan yang interaktif dan menyatukan orang,” kata Fidji Simo selaku CEO Facebook seperti yang dikutip dari The New York Times, (23/4/2020).

Baca juga: Twitch Populer di Dunia, Apakah di Indonesia Juga Populer?

Melalui aplikasi Facebook Gaming ini, para pengguna bisa menonton dan membuat live-streaming gim. Facebook Gaming juga sudah diuji coba di negara-negara Amerika Latin dan juga Asia Tenggara selama 18 bulan terakhir.

Saat ini sendiri, Facebook Gaming sudah tersedia di Google Play Store. Adapun untuk App Store, Facebook Gaming akan segera datang secepatnya. Facebook Gaming ini tidak menghadirkan iklan di dalam platformnya, namun perusahaan menggunakan “stars” dari penonton untuk menghasilkan uang yang cara kerjanya sangat mirip dengan Twitch.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close