Tekno

Teknologi RFID Melindungi Keamanan Mobil Dari Aksi Pencurian

Cara melindungi keamanan mobil dari aksi pencurian dengan fitur teknologi RFID. Pengalaman mobil dicuri membuat Sedih, marah, dan bingung yang sangat pemiliknya. Hal ini membuat sebagian pemilik mobil  meningkatkan kewaspadaan. Untuk melindungi keamanan mobil dari aksi pencurian bisa dilakukan dengan pemasangan aplikasi di kendaraan.

Bagi orang yang pernah mengalami mobilnya hilang karena dicuri orang, mereka tentu tidak ingin mengalaminya lagi. Sekarang ada teknologi RFID yang bisa Anda coba. Aplikasi ini akan membantu Anda melindungi dari aksi pencurian.

Teknologi RFID adalah teknologi radio frequency identification on (RFID), yang dikendalikan melalui remot mobil. Mesin mobil yang menggunakan teknologi ini hanya bisa dinyalakan menggunakan remot khusus yang telah disetting. Bahkan, pintu mobil pun tidak akan bisa dibuka tanpa menggunakan remot tersebut.

Cara Kerja Teknologi RFID Melindungi Keamanan Mobil

melindungi keamanan mobil

Remot yang digunakan pada teknologi ini adalah engine start remote yang dilengkapi teknologi RFID. Dalam pemakaiannya, jika tidak menggunakan remote yang teridentifikasi cocok, mobil yang terpasang RFID tidak bisa dioperasikan.

Teknologi ini pada dasarnya seperti alarm biasa, hanya saja, remote dilengkapi fitur khusus sehingga melalui remot tersebut, pemilik mobil bisa menyalakan dan mematikan alarm mobil, mengoperasikan dan menyalakan mesin.

Dalam mengoperasikannya, seperti membuka pintu, alarm, menyalakan mesin dari jarak jauh. Tidak harus di dekat atau di dalam mobil. Teknologi RFID ini biasanya dipakai pada kartu keamanan pabrik, kartu presensi atau kartu kamar hotel. Sehingga jika tidak menggunakan kartu yang tidak disetting atau bukan pasangannya, maka tak akan bisa dipakai.

Dengan pemasangan teknologi RFID membuat mobil tak mudah dicuri. Bahkan, meski pintu dibobol dan kabel alarm diputus, mobil tak mungkin bisa dinyalakan. Karena mobil sudah disetting pakai RFID yang penyalaannya harus menggunakan remot yang sesuai remote dan teridentifikasi.

Harga

Harga Teknologi RFID ini dibanderol Rp.3.500.000,- harga yang murah bila dibandingkan dengan nilai keamanan yang diberikan. Dan jika dibandingkan dengan produk lain yang mempunyai fitur sama maka RFID akan jauh lebih murah. Sementara pada produk lain ang mirip RFID dijual sampai Rp.6 jutaan.

Remot RFID merupakan satu aplikasi atau komponen tambahan pada mobil. Pada remot ini, digunakan baterai kecil berdaya 3 volt. Jika dalam pemakaian normal, baterai remot bisa dipakai selama satu tahun. Namun, jika sering digunakan, daya baterai tentu akan beda. Karena itu, jangan keseringan memainkan remot. Pakailah remot seperlunya.

Baca : Teknologi Multimedia Nissan XTrail Mempermudah Pantauan Ponsel

Hal yang perlu Anda perhatikan juga, remot ini merupakan komponen elektrik sehingga rawan jika terkena air. Karena itu, hindari remot terkena air. Bahayanya, komponen elektrik bisa memunculkan korosi atau karat sehingga bisa saja tak berfungsi lagi. Kalau itu terjadi, harus dilakukan penggatian satu paket meliputi remot dan RFID yang terpasang. Dan hal itu membutuhkan biaya lagi seperti awal pembelian dan pemasangannya.

Tapi jika hanya baterai habis, cukup dengan mengganti baterai saja. Demikianlah Review Teknologi RFID yang berguna untuk melindungi keamanan mobil dari aksi pencurian.


Loading...
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close