game viral

Termasuk Pak Eko, Inilah 5 Game Viral yang Ada di Indonesia

Viral bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, karena viral sudah menjadi makanan sehari-hari. Bahkan, melalui sesuatu yang viral, masyarakat mampu membuat game viral.

Entah karena banyaknya pengguna internet atau saking kreatifnya masyarakat, viral seolah-olah sangat mudah didapati dan terjadi di negara Indonesia.

Apa Itu Game Viral?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, game viral adalah game yang dibuat karena adanya sesuatu (konten) yang viral.

Jadi, sumber viral atau yang tidak ada kaitannya dengan sumber viral membuat game viral untuk tetap menjaga momentum, sekaligus mendapatkan penghasilan dari game yang dibuat.

Dan berikut ini, kelima game viral yang ada di Indonesia:

1. Tahu Bulat

game viral
Gambar : Google play

Dua tahun yang lalu atau yang lebih tepatnya tahun 2016, Tahu Bulat ramai diperbincangkan oleh publik, karena memiliki keunikan tersendiri.

Own Games yang merupakan pengembang game, saat itu melihat celah, di mana keunikan Tahu Bulat bisa mereka jadikan sebuah game.

Hasilnya, respon dari masyarakat sangat baik. Bahkan, Tahu Bulat berhasil masuk ke jajaran game terbaik 2016 versi Google Play Indonesia.

Loading...

Tahu Bulat berhasil bersanding dengan nama-nama besar, seperti Pokemon GO, Clash Royale, Slither.io, dan Ultimate Ninja Blazing.

2. Telolet Bus Driving 3D

game viral
Gambar : Google play

Sama seperti Tahu Bulat, game Telolet Bus Driving 3D buatan Locos hadir, karena banyaknya pemberitaan terkait klakson telolet.

Bahkan, nama telolet ini berhasil mengguncang dunia dengan menduduki peringkat pertama trending topic Twitter.

Uniknya lagi, netizen Indonesia ketika berkomentar di media sosial orang lain (artis, politisi, orang biasa) selalu mengatakan “Om Telolet Om” yang kemudian semakin membuat nama telolet terkenal di seluruh dunia.

3. Tiang Listrik

game viral
Gambar : Google play

Game yang satu ini, terinspirasi dari kasus Setya Novanto yang saat itu ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Namun dalam sebuah perjalanan, SN justru menabrak tiang listrik yang akhirnya menghambat proses pemeriksaannya.

Melihat kejadian tersebut, masyarakat Indonesia pun menanggapinya secara beragam. Ada yang membuat meme, lagu, dan adapula yang membuat game.

Dan Noobzilla adalah salah satu bagian dari masyarakat Indonesia yang kemudian membuat game dengan judul Tiang Listrik.

Hasilnya, game Tiang Listrik banyak diunduh oleh publik, dan menginspirasi pengembang lain untuk membuat game yang serupa.

4. Kids Jaman Now

game viral
Gambar : Google play

Kelakuan generasi bangsa yang sangat memprihatinkan, menginspirasi Ginvo Studio untuk membuat sebuah game.

Game tersebut adalah game Kids Jaman Now, di mana game tersebut menceritakan kenakalan-kenakalan anak Indonesia yang merokok, ugal-ugalan, mabuk micin, hingga berpacaran.

Game Kids Jaman Now, selain menjadi hiburan, sebenarnya juga bisa dijadikan sebuah pelajaran.

Pelajaran apa?

Pelajaran sadar diri bagi generasi penerus bangsa, bahwasanya kenakalan-kenakalan yang mereka perbuat itu sudah terlalu banyak dan dapat merusak masa depan mereka sendiri.

5. Masuk Pak Eko

game viral
Gambar : Google play

Game viral kelima adalah game Masuk Pak Eko. Game ini baru saja dirilis oleh Gambir Studio pada 28 Agustus 2018.

Jika dilihat dari keistimewaan, sebenarnya game ini tidak terlalu istimewa, karena hanya permainan melempar seperti game-game lain.

Namun jika dilihat dari keunikan, game ini memiliki keunikan tersendiri, di mana suara “Masuk Pak Eko” diambil langsung dari video Pak Eko.

Pak Eko sendiri adalah seorang polisi yang viral, karena kemahirannya dalam melempar berbagai alat ke sebuah target.

Kesimpulan

Game viral adalah bukti nyata, bahwa masyarakat Indonesia pandai dalam memanfaatkan sebuah tren yang sedang ramai diperbincangkan.

Dalam beberapa bulan ke depan, mungkin akan muncul game viral baru lagi, karena Indonesia jago dalam urusan membuat viral.

Baca: Smartphone Android yang Bisa Mainkan Game Fortnite

Jadi, apabila Anda melihat sesuatu yang sedang viral, maka tidak ada salahnya untuk segera membuat game, sebelum nantinya didahului oleh orang lain.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *