Menghemat Biaya Perawatan Mobil

10 Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil dan Motor

Untuk mendukung mobilitas sehari-hari tanpa membuat pengeluaran bengkak, pemilik kendaraan perlu tahu cara mudah untuk menghemat biaya perawatan mobil dan motor.

Pemilik mobil dan motor pasti tahu bahwa biaya perawatan mobil sama sekali tidak kecil. Kalau dihitung-hitung biaya bensin plus biaya servis mobil selama 3 tahun bisa sama dengan harga motor baru.

Tidak percaya? Coba hitung sendiri.

10 Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil dan Motor

Menghemat Biaya Perawatan Mobil

1. Perhatikan level bensin

Anda perlu selalu memperhatikan indikator bensin karena level bensin berdampak langsung pada daya tahan dan fungsi mobil.

Sering membiarkan mobil atau motor dalam keadaan terlalu sedikit bahan bakar bisa membuat mesin tidak berfungsi dengan baik, menguras tenaga mesin, dan membuat mesin cepat rusak.

Isi penuh bensin mobil atau motor setiap ada kesempatan, jangan tunggu sampai hampir habis. Trik sederhana ini bisa mengemat biaya perawatan mobil dan motor dalam jangka panjang.

Selain itu, mobil dan motor dengan bensin penuh berarti siap digunakan kapan saja, dalam keadaan darurat sekalipun. Sudah tak zaman mobil mogok di tengah jalan gara-gara habis bensin.

Loading...

2. Perhatikan tekanan udara ban

Berkurangnya tekanan udara pada ban bisa disebabkan oleh lubang kecil. Juga karena naik-turunnya tekanan udara pada ban saat mobil dikendarai.

Ban bisa mengembang karena panas, dan mengempis karena dingin. Saat itu terjadi, ban akan kehilangan sedikit tekanan udara.

Anda bisa isi angin ban sendiri di pom bensin. Tapi jangan isi angin terlalu banyak, karena ban kembung bisa mendadak pecah saat dikendarai di tengah jalanan yang panas. Isi seperlunya saja.

3. Rutin ganti oli sendiri

Mulai sekarang, tiap kali anda datang ke bengkel untuk ganti oli, lihat baik-baik saat mekanik mengganti oli mobil atau motor anda.

Selain untuk memastikan montir melakukan pekerjaannya dengan baik, juga supaya anda bisa belajar mengganti oli sendiri. Sehingga berikutnya, anda akan bisa mengganti oli sendiri. Ini bisa menghemat banyak uang.

Cara hemat lain adalah menggunakan oli sintetis yang lebih baik untuk mobil dan motor. Oli sintetis sudah terbukti mampu membuat kinerja mesin lebih ringan, memperpanjang daya tahan mesin, dan mengefektifkan konsumsi gas.

Artinya, oli sintetis bisa menghemat biaya perawatan mobil atau motor.

4. Rajin membersihkan penyaring udara mobil (air filter)

Membersihkan air filter punya tiga manfaat: (1)menjaga kualitas air filter, (2)membuat udara dalam mobil lebih bersih, dan (3)menghemat bahan bakar. Ternyata, kondisi air filter bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil.

Membersihkan air filter tidak sulit. Angkat saja penutupnya, kemudian sikat hingga bagian dalam. Kalau mau lebih mudah, gunakan saja vacuum cleaner.

5. Ganti tuas wiper kalau perlu

Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Kaca depan yang kotor bisa mengganggu pandangan pengendara mobil, dan itu bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Dan anda tahu bahwa salah satu faktor penting kebersihan kaca depan adalah tuas wiper yang bagus.

Kalau anda lihat wiper mobil anda sudah mulai rusak, lebih baik langsung diganti.

Anda memang harus mengeluarkan uang ekstra untuk mengganti wiper, tapi ini adalah investasi yang perlu dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan anda selama berkendara.

6. Cari mekanik terpercaya

Semua tahu alasannya, kan? Berapa sering anda mendengar pemilik mobil atau motor yang dikerjai mekanik abal-abal? Bukannya memperbaiki, malah membuatnya lebih parah untuk menguras kantong anda.

Modus lain yang lebih mengerikan adalah jika montir atau bengkel abal-abal melakukan trik penipuan untuk mencuri mobil atau motor anda. Jangan sampai itu terjadi.

Tanyalah pada keluarga, tetangga, teman, atau rekan kerja anda tentang mekanik ahli yang benar-benar bisa dipercaya.

Kadang konsultasi pada mekanik ahli memang lebih mahal. Tapi kalau hasil kerjanya bagus dan cepat, maka anda bisa menghemat banyak biaya lain dan menghemat sakit kepala.

7. Jangan pakai suku cadang abal-abal

Ini ada hubungannya dengan tips nomor #6. Mekanik abal-abal bisa saja memberikan suku cadang abal-abal saat memperbaiki mobil atau motor anda. Kalau anda tidak paham anda bisa tertipu.

Atau bisa jadi anda paham bedanya suku cadang original dan suku cadang abal-abal, tapi tetap milih yang abal-abal karena harganya lebih murah? Jangan lakukan lagi.

Suku cadang abal-abal bisa merusak kendaraan di bagian yang lainnya. Jangan heran kalau nanti mobil atau motor anda sering ngadat. Dan akhirnya anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya servis.

Pokoknya mending pilih suku cadang original deh untuk menghemat biaya perawatan mobil dan motor.

Meskipun harganya mahal, namun tidak harus sering ganti dan lebih terjamin.

8. Trik menghemat bahan bakar

Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar: Pertama, jangan berlebihan tancap gas, 60km/jam adalah kecepatan terbaik. Jadi bawa mobil dengan kecepatan biasa, lebih hemat dan lebih aman.

Kedua, jangan bawa ‘sampah’ saat berkendara. Barang tidak berguna bisa memberi beban berat untuk mobil, dan bisa menyedot penggunaan bahan bakar.

Jadi, tinggalkan barang tidak berguna di rumah. Bagasi bukan tempat sampah juga bukan gudang.

Ketiga, berkendara sekaligus. Ibarat pepatah sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, berkendara juga harus seperti itu.

Misal pilih tempat belanja yang satu arah dengan tempat kerja atau kampus. Jangan sering putar-putar di jalan apalagi sampai menghabiskan bensin.

9. Cuci mobil sendiri

Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Jangan malas cuci mobil sendiri. Mulai sekarang, cucilah mobil atau motor anda sendiri supaya lebih hemat. Kalau tidak tahu cara yang baik untuk mencuci kendaraan sendiri, belajarlah di tempat cuci mobil langganan anda.

Caranya: cuci mobil anda di tempat cuci mobil seperti biasa. Perhatikan dengan seksama saat pegawai membersihkan mobil anda.

Kalau sudah tahu caranya, mulai sekarang cucilah sendiri mobil atau motor anda. Mudah, kan?

10. Buat atau modifikasi sendiri kalau bisa

Kalau bisa dikerjakan sendiri, kenapa harus ke bengkel? Anda akan lebih menghemat biaya perawatan mobil atau motor.

Misal saat jok mobil tergores sedikit, kalau bisa ditutup stiker, kenapa harus ganti jok? Kalau bisa buat pengharum mobil sendiri, kenapa harus beli dari supermarket?

BacaTips Modifikasi Mobil Bagi Para Pemula Agar Kendaraan Tetap Fungsional

Cobalah pula belajar mengganti ban dan mengisi angin sendiri. Ini penting kalau mendadak ban mobil bermasalah di tengah jalan. Jangan mau nunggu montir terus.

Jadi, kreativitas dan kemauan untuk belajar adalah kuncinya. Anda tidak perlu jadi mekanik profesional, hanya perlu bisa ngurus mobil/motor sendiri.

Hidup mandiri itu enak lho, tidak bergantung pada orang lain dan bisa menghemat biaya perawatan mobil atau motor Anda.



Loading...

Bagikan

Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *