Tips Merawat Smartwatchs

5 Tips Merawat Smartwatch Supaya Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Smartwatch – Selain smartphone, dalam beberapa tahun belakangan smartwatch menjadi salah satu aksesori yang banyak diminati oleh anak muda.

Bagaimana tidak? Dengan smartwatch canggih melingkar di lengan akan membuat penampilan siapa saja menjadi lebih trendi, berwibawa, dan profesional.

Smartwatch dengan kualitas yang baik dan canggih memang dibandrol dengan harga yang tidak murah.

Maka dari itu, jika kamu sudah mampu membelinya, kamu harus merawatnya dengan baik agar tidak mudah rusak.

Baca jugaHarga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Watch Smartwatch Terbaru

Tips Merawat Smartwatch Supaya Tidak Cepat Rusak

Bagi kamu yang memiliki smartwatch, berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan agar lebih berumur panjang.

1. Lindungi layar smartwatch dengan antigores

Merawat Smartwatch Supaya Tidak Cepat Rusak
Gambar: strapsco.com

Layar merupakan bagian yang paling rentan terhadap goresan dan benturan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk melindunginya dengan memasang antigores.

Kamu bisa memilih antigores yang sesuai dengan tipe smartwatch yang kamu miliki.

Loading...

Jika kamu kesulitan memasangnya sendiri, kamu bisa meminta bantuan kepada penjual, di mana kamu membeli smartwatch tersebut.

2. Bersihkan layar dengan lap microfiber

Selain memberi antigores, kamu juga harus rutin membersihkan layar smartwatch kamu.

Untuk membersihkannya dari kotoran atau debu, pastikan kamu menggunakan lap berbahan microfiber. Lap perlahan dengan pola satu arah.

Penting diketahui, jangan pernah membersihkan layar jam tangan pintar kamu dengan tisu. Bukannya tambah bersih, tisu justru akan meninggalkan goresan pada layar.

3. Sebelum membersihkan strap, ketahui dulu materialnya

tips Merawat Smartwatch
Gambar: sonymobile.com

Untuk membersihkan trap, kamu juga tidak boleh asal membersihkan.

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu apa material strap smartwatch kamu. Agar hasilnya bersih maksimal, kamu juga harus melepas strap dari bodi smartwatch.

Untuk smartwatch dengan strap berbahan karet, kamu bisa membersihkannya dengan air dan sedikit sabun. Bersihan dengan perlahan, lalu lap dengan kain lembut.

Sementara untuk strap berbahan kulit, gunakan cairan pembersih khusus supaya tidak rusak.

Yang harus diperhatikan, bersihkankanlah pada bagian ujung terlebih dulu untuk memastikan tidak ada perubahan tekstur atau warna. Kalau dirasa sudah aman, barulah bersihkan strap secara menyeluruh.

Untuk strap smartwatch berbahan logam atau stainless steel, kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

Jangan lupa pula untuk membasahi dengan air yang telah dicampur sedikit sabun. Setelah itu lap dan keringkan dengan diangin-anginkan hingga kering. Supaya tetap mengilap, kamu bisa menggunakan pasta gigi.

4. Hilangkan noda pada konektor dengan cotton bud

Satu bagian yang tak boleh luput ketika membersihkan smartwatch adalah bagian konektornya. Karena konektor adalah bagian yang paling sering terkena debu atau keringat.

Kalau dibiarkan, kotoran tersebut akan membuat pengisian baterai atau transfer data menjadi terhambat. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cotton bud yang dicelupkan dengan alkohol.

Dengan menghilangkan bercak noda yang ada pada konektor akan membuat smartwatch jadi terlihat sama kerennya seperti baru lagi.

5. Rawatlah baterai dengan baik

Seperti kebanyakan gasget lainnya, energi smartwatch juga bersumber dari baterai. Apabila baterai menipis dalam kadar tertentu, saatnya kamu harus melakukan pengisian ulang baterai tersebut.

Sebaiknya, kamu tidak terlalu lama ketika melakukan pengecasan.

Itulah dia 5 tips merawat smartwatch yang bisa kamu lakukan untuk membuat smartwatch kamu menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak.

Ingat, semahal atau sebagus apa pun smartwatch, perangkat tersebut pasti memiliki masa. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaganya agar tetap bisa menunjang penampilan kamu.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *