Dasar dasar Blog

Apakah Anda Bisa Update Artikel Setiap Hari? (Apa Perlu Dipompa Kayak gini)

Ini yang menjadi dilema saya, sekarang posting besok mau nulis apa tidak tahu…Apakah hal ini menimpa anda? Bagaimana cara agar bisa update artikel setiap hari? Saya rasa kemampuan setiap orang itu berbeda beda, kita tidak bisa menyamakan kemampuan si A dan si B apalagi si C. Masalah waktu juga mungkin menjadi kendala, karena setiap orang belum tentu mempunyai waktu khusus untuk memposting artikel setiap hari.

Untuk update artikel setiap hari terutama artikel yang orisinil sebenarnya tidaklah membutuhkan cara khusus, hanya sifat konsisten yang terkadang kadang menjadi memble, nah itu. Penyakit yang sampai sekarang masih banyak menghinggapi para blogger, terutama saya sendiri.

Seorang blogger yang sudah berumur pun terkadang tidak bisa memenuhi kriteria “konsisten”. Kendalanya ada banyak hal, kehabisan ide, galau, jenuh bahkan semangat menjadi berkurang manakala melihat dashboard stats pengunjung yang tak kunjung bertambah. Atau bisa karena hal lain.

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke IAPD (Indonesia Adsense Publisher Disccusion) dan melihat sebuah thread (post) yang cukup unik bagi saya, karena saya sendiri belum pernah mengalami.  Salah seorang member mengupload gambar whiteboard yang bertuliskan jadwal posting dengan target. Seperti yang terlihat di bawah ini.

menulis artikel setiap hari
Gambar dari Forum IAPD

Saya sendiri merasa termotifasi begitu melihat gambar ini, ada seorang blogger yang begitu konsisten dengan hal yang akan di posting untuk minggu ke depan. Hal hal positif semacam ini bisa memompa semangat untuk di praktekkan.  Ada nilai positif yang bisa kita ambil.

Apa keuntungan update artikel setiap hari?

  • Mempunyai kredibilitas di mata google
  • Berkesempatan memperoleh trafik blog secara berkala
  • Blog anda akan lebih hidup
  • Peringkat blog (alexa rank) akan semakin bagus

Bagaimana tips untuk bisa update artikel setiap hari?

Selain cara di atas, sebelumnya anda harus mencari konsep atau ide dalam penulisan blog. Ide bisa datang dari mana saja, bisa dengan cara membaca dari blog orang lain, membaca portal atau situs besar yang update setiap hari, forum atau bahkan ide dari anda sendiri, misalnya eksperimen blog dan pemecahan jalan keluarnya.

Loading...
  • Begitu ada pemikiran atau gagasan sesuatu, kita bisa langsung tuliskan ide atau konsep melalui catatan kecil di ponsel anda, simpan agar tidak lupa. Apapun itu, ketika anda sedang diluar atau bersama teman, begitu ada ide menulis, langsung tulis di catatan.
  • Begitu anda berada di depan layar komputer, langsung login ke blog anda dan menuju ke halaman post, langsung ke pokok permasalahan. Buka post baru !!!
  • Jangan hiraukan dan buang waktu anda untuk mengintip facebook atau semacamnya, jangan hiraukan komentar (jika ada komentar) di blog anda yang sedang menunggu moderasi, langsung ke pokok masalah. Buka catatan dan tuliskan ide anda di dashboard posting.
  • Baru setelah anda selesai posting, anda bisa buka hal yang lain seperti yang sudah saya sebutkan.
  • Atau anda bisa membuat judul artikel selanjutnya, tulis konsep dasar dari artikel, beri judul sederhana saja dan simpan dalam draft. (untuk posting selanjutnya atau anda bisa lanjutkan besok)

Baca juga : Tehnik menempatkan kata kunci pada artikel

Para blogger itu rata rata banyak ide, konsep serta gagasan. Tapi begitu sampai di depan layar komputer niatnya buyar karena hanya membalas email, komentar dan memandang grafik pengunjung, bahkan bermenit menit hingga berjam jam. Dan akhirnya fokus utama buyar, 1 buah artikel saja tidak jadi di ketik. Waktu terbuang sia sia, dan posting tidak tercipta.

Nah ini hanya sebuah tips sederhana untuk tetap bisa update artikel setiap hari, menulis itu mudah tapi untuk praktek menulis itu yang susah. Banyak hambatan dan kendala yang sebenarnya datang dari diri kita sendiri. Maka dari itu kata “konsisten” itu adalah sebuah kata yang tidak boleh di remehkan, anda bisa mempraktekkannya sendiri. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

32 Comments

  1. mas saya tertarik dan ingin bergabung untuk membagikan pengetauhan saya di klikmania ini tetapi kualitas menulis saya masih minim banget. apakah ada syarat khusus untuk dapat bergabung dan beradaptasi di web klikmania ini

    1. Ada mas..tetapi memang harus sesuai kategori..
      Untuk saat ini masih belum dibuka lagi karena masih sibuk bulan Ramadhan. Insya Allah setelah lebaran dibuka lagi.

      Untuk keterangan lebih lengkap bisa lihat pada menu Menjadi Penulis.

  2. ini yang saya cari,mengatasi masalah kehabisan ide buat artikel.suatu ide cemerlang bagi saya yang kadang bingung mau nulis apa di blog.saya sekarang kemana2 mau bawa notes ,kalau ada ide lgs saya catat.soale srg dapat ide pas dijalan,nyampe rumah lupa deh dengan idenya.dan juga saat sudah mau posting tidak akan keliling2 kemana2,fokus dg posting.Terima kasih suhu

  3. Keren mas, betul banget, saya suka ide nya ini, terkadang juga saya yang masih blog pemula masih bnyak nganggur mas heheee

  4. Mau tanya Mas, kalo postingan itu di set schedule-nya bisa termasuk di update tiap hari ngga mas? maaf Mas saya baru belajar ngeblog hehe

    1. Penjadwalan artikel untuk dipublish dengan tanggal tertentu bisa dikatakan sebagai update artikel baru, ini yang selama saya lakukan di blog WordPress mas Anjar. Karena tanggal posting otomatis berubah menjadi tanggal yang dijadwalkan.

      1. berarti artikel belum dipublish sebelum tanggal schedule-nya ya, saya takutnya setelah di setting waktu schedule-nya tetap ditampilkan saat waktu mempublish artikelnya pertama kali. kira-kira sama saja ya antara WordPress dengan Blogger. Terima kasih sebelumnya

        1. Saya rasa sama, jika penerapan tangggalnya berubah. update berarti memperbaharui yang sudah ada, menyempurnakan yang lama.

  5. Mas.. Kalau buat artikel dalam 1 blog sebaiknya tema satu dengan yg lain harus sama ngga mas? mf baru..

  6. Hhehe sebenarnya susah mas untuk bisa nulis artikel setiap hari. Karena kita harus memikirkan kualitas artikelnya juga. Mungkin bagi sudah yang terbiasa tidak masalah. Bagi yang baru saja belajar, akan jadi problema tersendir. heheh salam kenal sebelumnya mas 🙂

    1. Salam kenal juga mas Reky bongso, jika hoby- nya menulis akan sangat mendukung sekali. Sesekali ada waktu bisa membuat artikel dan mengasah kemampuan agar tidak tumpul. Saya sendiri sebenarnya merasa berat,, 😀 Ini juga sudah dipaksa-paksain.

  7. Betul kata mas Gani, butuh banyak artikel….!!! kalau mau banyak visitor ya musti banyak artikel,… sama kayak orang laper yang butuh makan… 😛
    sajikan …sajikan…dan saajikan…. nuliss…nulis,,. dan nulis lagi… hhh 😀

    1. Iya mas @hakim. Saya sebenarnya juga belum sanggup buat nulis artikel setiap hari, tapi ya di sangup sanggupin. 😀 Biar kelihatan gaul,,hay,,hayy

  8. Wah ane blogger baru mas. Intip2 web para master dan ilmu pun semakin brtmbh. Dg artikel ini jadi semangat lagi buat update artikel di blog. Pengunjung blogku masih bisa dihirung jari e mas, kadang sedih dn jd males.

    1. Semua butuh waktu mas @dhoni, dengan terkumpulnya artikel insya Allah akan terkumpul trafik. Banyak artikel akan berpeluang memperoleh pengunjung dengan pilihan dari berbagai pencarian. Keep Semangat 😀 😀

  9. alamak…pernah ngalamin juga, awalnya semangat..tetapi lama-kelamaan ga kunjung ada pengunjung jadi malas lagi…gimana mau konsen ke blogging, lah kok ga ada naik-naiknya trafficnya….

    1. Nah,,itulah susahnya untuk tetap menjaga kata yang namanya “Konsisten”
      Harus di pompa itu mbak…:D
      Salam sukses selalu.

  10. Wah saya malah baru mulai belajar ngeblog nulis satu artikel 1/hari aja bingung mau nulisnya mz gani…

    1. Tidak usah terlalu fokus 1 artikel 1 hari, sedikit demi sedikit asal ngumpul. Yang penting karya sendiri dan bukan hasil copas mbak @alviyatun. Salam sukses selalu.

        1. Untuk rewrite dengan bahasa kita ya harus di olah kata katanya, agar tidak sama persis dengan konten utama. Yang penting tetap pada pokok materi pembahasan.

          Kalau rewrite ke bahasa bule bisa pakai ginger atau spiner. Tapi sayangnya tool itu masih berbayar.

  11. wah,… kalo perday saya mah angkat tangan mas, alasan saya satu. masih n