Tekno

Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Update iOS 10

Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Update iOS 10 – Apple secara resmi telah merilis iOS 10 pada tanggal 13 September kemarin, tetapi untuk wilayah Indonesia baru kebagian pada tanggal 14 September dini hari. Hadir bersamaan dengan perhelatan besar Apple di bulan ini, apalagi jika bukan peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus beserta perangkat Apple lainnya.

Setelah sebelumnya para developer bisa merasakan bagaimana sensasi dari iOS 10 melalui iOS 10 Beta dan yang terakhir sebelum diluncurkan secara resmi, yakni iOS 10 Golden Master. Kini, semua pengguna Apple Devices juga bisa merasakan sendiri perubahan besar yang dibawa oleh iOS 10.

Namun, sebelum kamu mengupdate ke iOS 10, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Apa sajakah itu? Cek ulasan berikut.

Perangkatmu Mendukung iOS 10

ios-10

Nah.. Ini dia tahap pertama yang harus kamu lakukan, yaitu mengecek apakah perangkatmu support untuk update ke iOS 10 atau tidak. Sebab, tidak semua perangkat Apple bisa mencicipi iOS terbaru ini, terutama perangkat-perangkat lawas. Berikut daftar perangkat Apple yang kebagian update untuk iOS 10:

iPhone

  • iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.

iPad

  • 7-inch iPad Pro, 12.9-inch iPad Pro, iPad Air 2, iPad Air, iPad 4, iPad mini 4, iPad mini 3, dan iPad mini 2.

iPod

  • iPod Touch 6th generation.

Cadangkan Data

ios-10

Sebelum mengupdate iOS, kita mesti wajib kudu harus mencadangkan data yang ada di perangkat kita, atau istilah kerennya backup.

Kenapa harus backup?

Backup bertujuan untuk mencadangkan data yang ada di dalam perangkat kita, sehingga jika terjadi kesalahan atau kegagalan kita masih dapat memulihkan data yang ada di perangkat kita. Nggak mau kan kehilangan momen-momen penting yang rasanya sulit untuk diulang kembali, seperti foto bersama gebetan misalnya 😀

Kamu bisa mencadangkan data melalui iCloud, iTunes, atau secara manual dengan memindahkannya ke laptop atau penyimpanan Cloud lainnya. Saya sih biasanya mencadangkan data melalui iTunes, karena lebih mudah untuk memulihkannya seperti semula.

Caranya:

  1. Buka iTunes versi terbaru yang sudah terinstall di laptop. Jika belum memiliki iTunes versi terbaru, kamu bisa mendownloadnya langsung disini.
  2. Hubungkan perangkat iOSmu ke laptop menggunakan USB dan tunggu hingga muncul logo iPhone di bagian atas.
  3. Klik pada logo iPhone, tandai pada pilihan Komputer ini, dan terakhir klik Cadangkan Sekarang. Tunggu prosesnya hingga selesai dan jangan diotak-atik untuk menghindari gagal proses.

Kamu bisa memulihkannya sewaktu-waktu dan hasilnya akan sama persis kondisi perangkatmu ketika sebelum dicadangkan.

Ruang Penyimpanan yang Cukup

ios-10

Selanjutnya, jika kamu lebih suka melakukan update via OTA (Over The Air) kamu harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup.. yaa paling minim masih ada 5 GB-an lah untuk persiapan update. Kamu bisa menghapus data-data yang tidak penting untuk memberikan space tambahan terhadap perangkat kamu.

Caranya bisa melalui Home Screen dengan tap dan tahan pada aplikasi yang ingin dihapus atau bisa juga melalui menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage, lalu seleksi aplikasi yang paling banyak memakan memori.

Namun, ada baiknya sebelum kamu menghapus data-data tersebut, kamu mencadangkannya terlebih dahulu menggunakan metode di atas agar ketika kamu membutuhkannya tinggal memulihkan cadangannya kembali.

Download IPSW

ios-10

Bagi kamu yang ingin melalukan update dengan cara restore via iTunes, mendownload firmware atau IPSW sangat direkomendasikan. Sebab, hal ini bisa meminimalisir terjadinya error ketika mengupdatenya langsung melalui OTA (Over The Air).

Kamu bisa mendownload file IPSW-nya di ipsw.me, redmondpie.com, dan lain sebagainya. Kamu tinggal memilih IPSW yang sesuai dengan perangkatmu. Besar file IPSW biasanya berkisar antara 1-2 GB, lebih besar memang ketimbang mengupdate langsung via OTA (Over The Air).

Kuota yang Cukup

iOS 10

Nah, ini nih yang paling penting. Bagi kamu yang ingin mendownload file IPSW nya, sediakan kuota yang cukup. Sebab, ukuran file IPSW nya sangat guedeeee. Kamu bisa memanfaatkan kuota midnight atau WiFi untuk mendownloadnya.

Saya pribadi juga harus rela bangun tengah malam demi mendownload IPSW untuk perangkat saya. Yang nyebelinnya nih, ketika kita sudah menunggu lama ternyata salah mendownload versi IPSW nya, haduhh..  Oleh karena itu, teman-teman  harus bener-bener jeli dan paham tipe perangkat masing-masing.

Referensi lain : Inilah 8 Trik Seputar iPhone yang Jarang Diketahui

Sekian dulu dari saya, next time saya akan buat tutorial lengkapnya untuk update ke iOS 10. Saya juga nggak mau buru-buru, saya masih ngetes di perangkat saya apakah ada bug atau tidak. Sejauh ini sih masih aman dan nggak ada masalah. Tunggu saja yah guys.

Semoga Bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU. Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close