vivo v5 vs polytron prime 7s

Vivo V5 vs Polytron Prime 7s Kamera Depan Ciamik Lawan Desain Keren

Vivo V5 vs Polytron Prime 7s pilih kamera keren atau desain kaca. Hadirnya smartphone global yang didomonasi asal tiongkok membuat produk merek lokal tidak mau ketinggalan menggarap smartphone kelas menengah. Selama ini dikenal menghadirkan smartphone level menengah, polytron coba naik level dengan menghadirkan smartphone dengan fitur premium dengan harga kelas menengah.

Pada vivo sendiri menghadirkan vivo V5 yang mengunggulkan kamera depan dengan resolusi 20 MP dan mengklaim sebagai ponsel resolusi kamera beresolusi terbesar saat ini. Hal ini menjadi kabar baik bagi mereka yang menyukai foto selfie dan ingin mendapatkan hasil terbaik serta mencetaknya sebagai foto.

Meskipun vivi V5 dan Polytron Prime 7s mengedepankan keunggulan berbeda. Namun keduanya berada di kelas yang setara dan bisa menjadi pilihan menarik untuk smartphone dengan harga di bawah 4 jutaan rupiah.

Desain dan Fitur vs Polytron Prime 7s

vivo v5 vs polytron prime 7s
Vivo V5

Vivo V5 hadir dengan desain yang hampir mirip Iphone7 yang membedakan terlihat pada tombol home yang cenderung melebar dan bukannya bulat penuh. Tombol Home ini bisa juga berfungsi sebagai sensor fingerprint. Meski berbentuk seperti tombol fisik, Anda tidak perlu menekan saat menggunakannya, cukup disentuh saja.

Fisiknya menggunakan desain unibodi dengan bahan metal yang membuatnya kuat dan kokoh. Untuk urusan desain, polytron tampil beda. Gambaran smartphone lokal yang identik dengan memiliki desain biasa akan sirna dengan hadirnya Polytron Prime 7s ini. Desain memang merupakan salah satu keunggulan guna mempertegas segmen yang dituju. Ini terlihat dari pemilihan material dan kerapian finishingnya.

Memiliki bezel tipis, dengan desain unibodi, bagian depan dan belakang menggunakan bahan kaca yang memberi kesan premium. Meskipun seluruh lapisan dari kaca, namun sangat nyaman saat digenggam dan tidal licin. Hanya saja, bercak-bercak jari akan sering terlihat, apalagi dengan warna hitam yang membuatnya mudah terlihat. Untungnya ini juga membuatnya mudah dibersihkan menggunakan kain lembut.

vivo v5 vs polytron prime 7s
Polytron prime 7s

Kedua smartphone menempatkan beberapa tombol dan posisi dengan fungsi yang hampir sama. Contohnya pada tombol power dan audio, slot kartu memori dan microSD, serta speaker.  Yang sedikit berbeda hanya Port audio, jika vivo terdapat di bawah, maka polytron menempatkanya di atas. Penempatan kamera utama vivo berada di pojok kiri dan polytron menempatkannya di tengah, bersebelahan dengan lampu kilat serta sensor fingerprint di bagian bawahnya.

Vivo menggunakan layar dengan lapisan Gorilla Glass 4 yang membuatnya tangguh dari segala macam goresan. Kedua layar menggunakan permukaan layar kaca yang memiliki ujung yang melengkung yang biasa disebut Curve 2.5D. hal ini membuatnya elegan dan mewah. Untuk urusan sensor Vivo dan polytron sama-sama memiliki sembilan jenis sensor, termasuk gyroscope yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi virtual reality serta video 360.

Loading...

Resolusi polytron lebih unggul dengan dukungan full HD dimana vivo hanya menggunakan HD saja. Untuk dukungan multitouch vivo mendukung hingga 10 titik dan pada polytron hanya 5 titik sentuhan secara bersamaan saja.

Kinerja Vivo V5 vs Polytron Prime 7s

Jika  Vivo V5 menggunakan chip MediaTek MT6750 Octa-core 1,5 GHz, pada Polytron Prime 7s digunakan MediaTek Helio P10 Pcta-core 2,o GHz. Secara teori, prosesor punya polytron lebih baik. Namun hal ini tidak bisa dijadikan patokan untuk melihat kinerja secara keseluruhan. Ini terlihat dari skor pengujian yang dilakukan, dimana vivo V5 terlihat lebih tinggi, kecuali antutu.

Perbedaannya pun tidak signifikan dan tidak akan terlihat saat menjalankan aplikasi. Apalagi kinerja sesuatu smartphone juga dipengaruhi kondisi pada saat itu. Misalnya, dengan keadaan terlalu banyak menyimpan data atau terpasangnya banyak aplikasi, maka kinerja akan cenderung menurun.

Vivo memiliki kapasitas RAM lebih besar, lebih berpengaruh saat menjalankan multitasking. Secara teori semakin besar jumlah RAM, maka semakin baik kemampuannnya dalam menjalankan banyak aplikasi. Selain, benchmark, dan beberapa game, seperti Mortal Kombat X dan Asphal 8 Airborne mampu berjalan dengan baik tanpa hambatan.

Untuk urusan baterai, keduanya (vivo v5 vs polytron prime 7s) terlihat memiliki kemampuan yang kurang tangguh. Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar rumah, maka mesti menyiapkan powerbank cadangan. Hal ini disebabkan karena penggunaan baterai sangat boros.

Jika mencoba menggunakannya keduanya dalam kondisi 100% di pagi hari maka pada sore hari akan hampir habis. Selama aktivitasnya penggunaannya biasa dengan mengaktifkan internet menggunakan mobile data dan tanpa memainkan game.

Sedangkan pengujian menggunakan PCMark-Work battery Life menunjukkan baterai vivi lebih tahan lama sekitar 1 jam lebih lama dibandingkan polytron. Bagi yang ingin sedikit meningkatkan daya tahan penggunaan baterai. Kedua ponsel menyediakan fungsi penghemat baterai.

Namun keduanya menyediakan profil penghematan baterai yang sederhana. vivo hanya menyediakan fungsi super saver, sedangkan polytron menyediakan pilihan mode battery saver secara instant.

Kedua mode di atas mampu meningkatkan daya tahan baterai hingga beberapa jam kedepan, namun dengan memastikan beberapa fitur yang mampu menguras daya, seperti penurunan brightness, menyederhanakan interface, dan lainnya.

Kamera Vivo V5 vs Polytron Prime 7s

vivo v5 vs polytron prime 7s
Kamera Vivo V5

Pada sisi kamera Vivo V5 terlihat lebih unggul. Pertama, terlihat dari spesifikasi dimana dukungan resolusi vivo V5 lebih tinggi, baik pada kamera depan maupun pada kamera utamanya. Bahkan pada kamera depannya, Resolusinya yaitu 20MP diklaim sebagai yang tertinggi pada ponsel saat ini.

Polytron memiliki resolusi kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP. Begitu pula ketersediaan pengaturan pada aplikasi kamera, vivo V5 terlihat lebih lengkap dan beragam. Bahkan terdapat pilihan manual yang bisa digunakan untuk mengekplorasi kameranya lebih jauh.

vivo v5 vs polytron prime 7s
Kamera Polytron Prime 7s

Aplikasi kamera pada polytron, menyediakan pilihan tak selengkap vivo V5, termasuk pada mode videonya. Namun untuk dukungan pada resolusinya, kedua video memiliki dukungan resolusi yang sama, baik pada kamera utama ataupun kamera depannya.

Hasilnya pun demikian, foto-foto dari vivo terlihat lebih tajam, khususnya pada kondisi siang, kamera utama polytron menangkap gambar sedikit lebih pekat dibanding vivo V5 yang cenderung lebih terang. Untuk nuansa malam hari pun demikian, ketajaman vivo V5 lebih baik. Untuk mode macro, atau autofokus vivo lebih cepat mengunci obyek dan hasilnya lebih tajam.

Sedangkan pada kamera depan vivo V5 lebih memang jagonya. Hasil yang dibuatnya lebih bagus, halus ataupun lebih alami dengan ketajaman yang baik. Polytron sendiri sebenarnya cukup baik hanya tidak sebaik vivo V5.

Baca juga : 8 Smartphone Outdoor 4G LTE Tahan Air, Debu dan Jatuh

Demikianlah adu keunggulan Vivo V5 vs Polytron Prime 7s yang bisa jadi acuan untuk pembelian ponsel antara kamera atau desain yang terbaik.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *