Internet

10 Website untuk Tes IQ Online Gratis

Apa kalian merasa jenius? Penasaran dengan nilai IQ kalian tapi tidak bisa ikut tes IQ resmi yang biayanya mahal? Ada solusi mudah untuk kalian, yaitu: ikut tes IQ online gratis. Kerjakan antara 8-57 soal dalam waktu 6-60 menit. Cepat, kan?

Masing-masing website penyedia test IQ bekerja dengan cara berbeda, sehingga hasil yang kalian dapat pun akan berbeda. Karena itu, ada baiknya kalian ikut test IQ dari beberapa website untuk melakukan perbandingan nilai IQ.

Catatan: Hasil tes IQ yang didapat dari website-website ini bukanlah hasil resmi, bahkan sebagian besar di antaranya dibuat untuk hiburan. Meski begitu, kalian bisa menggunakan soal tes IQ ini untuk melatih kecerdasan kalian.

10 Website untuk Tes IQ Online Gratis

Semua website di daftar ini menyediakan soal tes IQ dalam bahasa Inggris. Mungkin nanti saya akan buat daftar website tes IQ berbahasa Indonesia.

Baca juga10 Keahlian yang Harus Dimiliki untuk Pekerjaan di Masa Depan

1. FreeIQTest.info

Website FreeIQTest.info memiliki 20 soal tes IQ gratis. Sistem penilaian terhadap nilai IQ kalian dibuat berdasarkan jawaban soal yang kalian berikan, dan seberapa cepat kalian menjawab semua soal yang tersedia.

Begitu semua soal tes selesai dikerjakan, kalian akan diberi tahu tentang nilai IQ, lama waktu pengerjaan soal, serta lencana “status” kalian seperti Gifted, atau Severely Challenged.

2. Free-IQTest.net

Tersedia 20 soal tes IQ gratis di situs web Free-IQTest.net, yang semuanya merupakan gabungan dari pilihan ganda dan pertanyaan benar/salah.

Loading...

Kalian hanya perlu memasukkan info jenis kelamin dan tanggal lahir untuk mulai mengerjakan soal tes IQ gratis di situs web Free-IQ-Test.net.

Nilai IQ kalian akan ditampilkan di akhir tes. Kalian bisa share nilai dengan orang lain, dan melihat jawaban benar dari semua soal yang kalian kerjakan.

3. See My Personality

Website See My Personality adalah sarana tes IQ yang serba cepat. Artinya, ada batas waktu untuk semua bagian soal yang kalian kerjakan. Kalau kalian ingin dapat nilai tinggi, ya harus kerjakan soal dengan cepat.

Soal tes dibagi ke dalam beberapa bagian untuk menguji bagian yang berbeda pula, termasuk daya ingat, persepsi, logika, pemahaman kata, spatial relations, numerical sequences, desain visual, dan kreativitas.

Ada dua cara pengerjaan: kerjakan semua soal sekaligus dalam waktu yang ditentukan, atau simpan kerjaan untuk dilanjutkan nanti. Setelah selesai, hasil tes bisa dikirim via email, ditampilkan secara online, atau di-print.

Dari hasil nilai yang didapat, akan ada penjelasan tentang bagian otak mana yang mayoritas kalian gunakan. Ada pula grafik dari tiap kategor, supaya kalian bisa membandingkan nilai kalian dengan nilai orang lain.

4. Brain Metrix

Di website tes IQ Brain Metrix ada 20 pertanyaan yang semuanya tersedia di satu laman supaya kalian bisa mudah ngecek jawaban kalian sebelum dikirimkan.

Oh ya, kalian perlu mengisi data nama, negara tempat tinggal, umur, dan jenis kelamin untuk mulai mengikuti tes IQ.

Setelah jawaban dinilai, akan ada penjelasan tentang nilai tes. Supaya kalian paham arti rentang nilai yang kalian dapat. Contohnya, rentang nilai 90-109 berarti “Normal”, dan rentang nilai di atas 140 berarti “Genius”.

5. Fun Education

Website Fun Education menyediakan 43 soal tes IQ gratis tanpa batas waktu pengerjaan. Jenis pertanyaan meliputi word analysis dan spatial reasoning.

Nilai yang kalian dapat dari tes IQ juga dibagi ke dalam beberapa kategori seperti Word Analysis, Spatial Reasoning, dan Fill in the Blank. Kalian juga bisa melihat mana saja jawaban kalian yang salah dari masing-masing kategori.

Hasil nilai yang didapat ditunjukkan dalam bentuk grafik sesuai kategori jenis kelamin, umur, negara, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Supaya kalian bisa membandingkan nilai dengan orang lain yang berasal dari kategori tertentu.

Setelah tes selesai, kalian harus buat akun untuk bisa lihat dan nyimpan hasil tes kalian. Setelah buat akun, website akan menawari iklan atau promosi. Kalau tak mau repot, skip iklan saja untuk langsung ke laman hasil ini.

6. IQTest.com

Situs web IQTest.com menyediakan satu laman berisi 38 soal pilihan ganda tes IQ. Meski formatnya tampak praktis dan simple, tapi semua soal itu dibuat untuk menguji kecerdasan kaian dalam beberapa area.

Kalian harus mengerjakan soal dengan cepat. Menghabiskan lebih dari 20 detik untuk mengerjakan tiap soal bisa memberi efek buruk pada nilai kalian. Karena itu, test IQ di IQTest.com sebenarnya cukup sulit.

Selesai tes, kalian harus memasukkan alamat email, umur, dan nama supaya nilai tes kalian bisa dikirimkan via email. Tapi hanya nilai. Kalian harus bayar kalau ingin dapat informasi lebih banyak tentang skor IQ kalian.

7. IQ Test Experts

Situs web IQ Test Experts menyediakan 30 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan dalam waktu 15 menit. Dalam 15 menit itu, jawaban kalian akan otomatis dikirim meski kalian belum selesai menjawab semuanya.

Semua soal test IQ disediakan dalam satu laman, jadi mudah kalau mau ngecek soal yang belum dijawab, atau ngecek jawaban kalian lagi sebelum dikirim. Itu pun kalau kalian mampu mengerjakan semua soal dalam waktu 15 menit.

Nilai hasil test IQ akan dikirim ke alamat email kalian. Tapi kalian harus bayar kalau ingin dapat informasi rinci tentang jawaban benar dan salah, serta perbandingan nilai IQ kalian dengan nilai orang lain.

8. PsychTests

Situs web PsychTests punya total 57 soal yang harus kalian kerjakan. Memang lebih banyak dibandingkan situs web test IQ yang lain, tapi tak ada batasan waktu untuk mengerjakan soal tes IQ di PsychTests.

Semua soal dalam format pilihan ganda dibuat untuk menguji beberapa area kecerdasan, dari spatial relations dan logical reasoning hingga matematika dan keterampilan bahasa Inggris.

Sebelum melihat nilai IQ, terlebih dahulu kalian harus menjawab pertanyaan riset seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan, dan etnis. Seperti web lain, kalian harus bayar kalau ingin melihat rincian dari hasil yang kalian dapat.

9. QuizRocket

Situs web QuizRocket punya 20 soal pilihan ganda untuk tes IQ online gratis. Salah satunya adalah pertanyaan tentang umur dan jenis kelamin kalian.

Begitu selesai mengerjakan soal tes IQ, hasil jawaban akan diolah, lalu kalian bisa menerima nilai IQ kalian, persentase, serta info jawaban benar yang kalian kerjakan. Kalian bisa share hasil tes IQ di Twitter dan Facebook.

10. Memorado

Situs web Memorado menyediakan 18 soal pilihan ganda untuk test IQ secara gratis. Masing-masing soal dilengkapi dengan 2 hingga 4 pilihan jawaban. Tampak sederhana, kan?

Setelah mengerjakan tes, kalian akan mendapat nilai IQ dengan deskripsi singkat, seperti You are higher than average, atau You are in the top 1% of all people. Kalian juga bisa share hasil test IQ ke laman Facebook.

 

Meski tes IQ yang tersedia hanya sebuah demo dari tes sebenarnya, tapi IQ-Test.com tetap bisa digunakan untuk mengetahui gambaran nilai IQ kalian, dan bisa jadi latihan untuk kalian sebelum mulai ikut tes IQ yang sebenarnya.



Loading...

Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *