Wisata Bahari di Kepulauan Seribu,

Inilah 3 Pulau Andalan Wisata Bahari di Kepulauan Seribu, Kamu Pernah Kesini?

Anda yang berdiam di Jakarta sebenarnya tidak perlu pergi ke Bali atau ke pulau Nusantara lainnya untuk berlibur. Untuk menikmati keindahan alam laut tropis Indonesia mengapa anda tidak mencoba pergi ke Taman Nasional Laut kepulauan Seribu.

Kepulauan seribu merupakan salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek, artinya masih dalam wilayah DKI Jakarta. Akhir pekan bisa menjadi waktu yang sangat tepat untuk berkunjung ke pulau seribu.

3 Pulau Andalan Wisata Bahari di Kepulauan Seribu

1. Pulau tidung

Pulau tidung kepulauan seribu merupakan wisata bahari yang cocok untuk keluarga, rombongan maupun pribadi.  Bermain di pantai atau menyelam di permukaan laut (Snorkeling) menjadi kegiatan favorit pengunjungnya.

Namun, ada satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan jika Anda kesana, yaitu jembatan cinta yang menjadi penghubung antara pulau tidung besar dan pulau tidung kecil.

Panjang jembatan cinta ini sekitar 800 meter. Di jembatan ini, Anda bisa menanti sunset di ufuk barat. Suasana matahari tenggelam sangat indah dan menarik untuk diabadikan bersama teman atau pasangan, sambil menikmati keripik sukun yang mejadi cemilan khas pulau seribu.

Pulau tidung merupakan salah satu pulau  andalan wisata bahari di Kepulauan Seribu. Di pulai tidung, banyak penginapan yang disediakan warga setempat (Home Stay). Ada pula yang khusus dibangun untuk penginapan.

Penginapan tersebut dibangun dengan konsep modern, layaknya perumahan kota. Anda tinggal pilih yang berdiri dekat pantai dan menyuguhkan pemandangan pesisir laut atau yang di tengah pulau.

Loading...

Harga perkamar di penginapan pulau tidung tidak tetap, semua bisa nego. Rata-rata harga yang ditawarkan kisaran Rp.350.000 sampai Rp.400.000. Tapi, ada juga yang disewakan hingga Rp.500.000.

2. Pulau Pramuka

Pulau Seribu

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau indah yang berada di tengah gugusan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini juga menjadi pusat administrasi dari Kepulauan Seribu.

Fasilitas untuk Pulau Pramuka terbilang lengkap ada penginapan, rumah makan, rumah sakit, mesjid, lapangan olahraga, dll.

Untuk perairannya terbilang cukup tenang, bagi anda yang suka snorkeling dan scuba diving bisa dilakukan disini.

Selain terumbu karang, pantai dari pulau ini memiliki pasir putih dan laut biru kehijauan yang membuat anda betah disini dan ingin kembali lagi. Disini juga terdapat penyu sisik yang dikembangbiakkan dan dirawat secara alami.

Penginapan Pulau Pramuka terbilang terjangkau dengan berbagai fasilitas yang tentunya cocok untuk keluarga atau rombongan. Tarifnya mulai dari 350.000 rupiah sampai dengan 500.000 rupiah.

Fasilitas yang diberikan antara lain AC, televisi dan kamar mandi. Beberapa penginapan di pulau ini mampu menampung hingga 10 orang dengan sarana kasur tanpa ranjang atau matras.

3. Pulau Pari

Apakah anda tahu kenapa pulau ini disebut Pulau Pari? Disebut dengan pulau pari karena bentuk pulau ini apabila dilihat dari atas bentuknya seperti ikan pari.

Dengan suasana yang masih asri dan belum ramai oleh wisatawan, pulau ini menjanjikan kesegaran dan kepuasan untuk anda.

Di pulau ini terdapat sebuah pantai yang begitu menawan disebut Pantai Pasir Perawan. Pantai ini berupa sebuah lagoon atau wilayah laut yang tenang dengan kedalaman 5 meter dan dikelilingi batu karang di sepanjang pinggiran slope-nya. Pantai yang begitu tenang, bersih dan indah.

Apabila pada umumnya pulau di pesisir hanya dapat ditemui vegetasi berupa mangrove dan pohon kelapa. Di Pulau Pari jika anda perhatikan dengan seksama dapat ditemukan beberapa pohon pisang, pohon pinus, pohon cemara, pohon buah naga, pohon mangga, pohon jambu air, petai cina, palem, pohon srikaya, pohon jamblang, dll.

Dataran Pulau Pari dikelilingi 5 pulau, yaitu: Pulau Gudus, Pulau Tengah, Pulau Burung Indah, Pulau Kongsi, dan Pulau Tikus.

Rangkaian pulau-pulau tersebut tergabung dalam gugusan lagoon yang luas dengan panorama menakjubkan dan dapat ditelusuri dengan snorkeling atau berjalan kaki di pesisir pantainya.

Pulau Macan (Tiger Islands Village & Eco Resort)

Satu lagi pesona di Pulau seribu yang tentunya tidak asing lagi bagi para travelers, pesona itu terletak di Pulau Macan. Disinilah anda bisa merasakan liburan premium yang menjadi salah satu andalan wisata kepulauan seribu.

Tiger Islands Village & Eco Resort, memadukan nuansa alami berkonsep eco dengan teknologi modern. Sebagian makanan yang disajikan berupa makanan organik hasil kebun organik milik pengelola sendiri.

Pulau Macan memiliki sejumlah fasilitas selain pondokan-pondokan untuk menginap. Beberapa diantaranya seperti Club House yang merupakan bangunan utama untuk menikmati hidangan yang disajikan secara buffet.

Selain untuk istirahat, anda tentunya harus merasakan nikmatnya aktifitas snorkeling maupun scuba diving. Atau, kalau anda lebih suka island hopping.

Pengolola resort juga dapat mengatur perjalanan menggunakan perahu untuk mengunjungi pulau-pulau tetangga seperti Pulau Macan Kecil.

Berapakah budget untuk menikmati fasilitas di Pulau Macan ini? Untuk tamu dewasa, anda harus merogoh kocek sebesar 1.5juta rupiah per orang untuk menginap 2 hari 1 malam.

Untuk berlibur ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, anda bisa menggunakan 2 akses transportasi. Jika ingin murah, anda bisa berangkat dari muara angke. Kapal tersebut berangkat setiap harinya dari pukul 07.00 dan 13.00. Ongkos per orangnya mulai dari 35.000 rupiah.

Untuk pilihan ekslusif, anda dapat memanfaatkan speedboat dari Dermaga Marina Jaya Ancol. Waktu tempuhnya sekira 1-1,5 jam sesuai pulau yang dituju dengan penumpang yang bervariasi dari 15 – 50 penumpang.

Untuk biaya yang dikeluarkan mulai dari 750.000 rupiah sampai 1.500.000 rupiah per orang.

Biaya ini tergantung dari lamanya waktu sewa dan banyaknya peserta, semakin banyak maka akan semakin murah biayanya.

Ayo ajak teman, sahabat, dan keluarga anda untuk menikmati keindahan Wisata Bahari yang menjadi Andalan wisata di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.


Loading...

Bagikan

Penulis

Kivanger
Kivanger
Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana 😀
Kivanger

Penulis

Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *