Kuliner Khas Bengkulu

Nikmati Wisata Kuliner Khas Bengkulu, Jangan Lupa Bawa Oleh – Olehnya Juga

Ternyata masih banyak kuliner yang musti anda coba di Indonesia, salah satunya adalah kuliner khas Bengkulu. Terasa rugi jika sudah berkunjung ke obyek wisata di kota Bengkulu tetapi tidak mencoba kuliner yang menjadi ciri khas daerah ini.

Apalagi kalau Anda sendiri berasal dari Bengkulu, aneka kuliner khas daerah ini setidaknya bisa membawa rasa rindu dengan kota kelahiran.

Semua resep kuliner khas Bengkulu bisa Anda coba dirumah, namun terasa lebih mantap apabila menikmatinya langsung, apalagi kalau pas Anda berkunjung atau berwisata ke daerah Bengkulu.

Kuliner Khas Bengkulu Yang jarang ditemukan di daerah lain

Pendap

Kuliner Khas Bengkulu
Pendap Kuliner Khas Bengkulu

Pendap khas Bengkulu hampir sama dengan yang di Jawa cuma beda cara pembuatan dan rasanya saja. Makanan pendap ini sangat digemari oleh warga Bengkulu, pendap bisa digunakan sebagai lauk saat makan apalagi di makan disaat nasi masih panas. Hmmm sungguh nikmat membuat badan kita berkeringat segar.

Pendap adalah kuliner khas Bengkulu yang terbuat dari rempah – rempah seperti bawang putih, kencur, cabe giling dan kelapa ditambah dengan ikar segar dibalut dengan daun talas atau keladi.

Tenang saja keladi ini tidak akan membuat gatal anggota tubuh kita, karena sudah diproses yang sangat matang sehingga getah- getahnya akan habis.

Sambal Tempoyak

Kuliner Khas Bengkulu
Sambal tempoyak via video.com

Tempoyak ini terbuat dari isi buah durian yang dipermentasikan dan saat di masak dicampur dengan cabe giling. Rasa tempoyak ini akan menjadi terasa pedas perpaduan manis dan ada rasa duriannya juga.

Biasa nya sambal tempoyak ditaburkan diatas ikan emas atau bisa dicampur dengan udang laut atau air tawar.

Loading...

Gulai Lema

Kuliner Khas Bengkulu

Gulai khas Suku Rejang ini terbuat dari dari bambu muda atau umbinya yang difermentasikan terlebih dahulu dan biasanya dicampur dengan ikan apa saja.

Lema termasuk populer dengan warga bengkulu karena memiliki rasa yang nikmat bercampur pedas.

Bagar Hiu

Saat Berwisata Ke Bengkulu Jangan Lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu
Gulai Bagar Hiu via i1.wp.com

Makanan ini jelas terbuat dari daging ikan hiu dan jenis hiu yang digunakan ialah hiu tanduk, karena daging hiu tanduk tidak terlalu amis.

Makanan ini merupakan Kuliner Khas Bengkulu yanng menjadi favorit Presiden Pertama kita Soekarno disaat pengasingan di Bengkulu pada tahun 1938 – 1942.

Gulai Kemba’ang

Saat Berwisata Ke Bengkulu Jangan Lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu
Gulai Kemba’ang via sajiansedap.grid.id

Gulai Kemba’ang khas warga Kabupaten Muko – muko Bengkulu Utara ini terbuat dari bahan utamanya iga sapi yang dimasak menggunakan berbagai macam rempah sehingga tercipta rasa yang sangat enak. Gulai Kemba’ang ini biasanya disajikan disaat bulan puasa dan lebaran.

Semua kuliner khas Bengkulu diatas merupakan penambah lauk saat makan, dan berikut adalah makanan yang bersifat santai bahkan bisa dijadikan oleh – oleh untuk anda bawah pulang.

Berikut Kuliner Ringan Rekomendasi buat oleh – oleh

Lemang Tapai

Saat Berwisata Ke Bengkulu Jangan Lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu
Lemang Tapai Khas Bengkulu via i2.wp.com

Lemang Tapai merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari beras ketan. Proses pembuatan lemang tapai ini dimasak menggunakan air santan dan garam dan dibakar didalam bambu.

Saat Lemang Tapai masak, bisa langsung dimakan dan biasanya lemang tapai ini digunakan bersama tape beras ketan hitam.

Rasa yang dimiliki lemang tapai ini memiliki tekstur sangat lembut dan nikmat. Dan banyak warga lokal maupun pengunjung kota Bengkulu menyukai makanan ini.

Kue Bay Tat

Saat Berwisata Ke Bengkulu Jangan Lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu
Kue Bay Tat Khas Bengkulu via i1.wp.com

Selanjutnya ada kue bay tat yang merupakan kue khas Bengkulu, menurut sejarah kue ini merupakan makanan khas para raja di Bengkulu.

Kue ini berbentuk segi empat yang di oles dengan selai nanas di atasnya, kue bay tat ini bisa anda jadikan oleh – oleh dan dapat anda beli di tempat pusat penjualan oleh – oleh Bengkulu yang berada di daerah Anggut.

Manisan Terong

Saat Berwisata Ke Bengkulu Jangan Lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu
Manisan Terong Khas Bengkulu via s2.bukalapak.com

Tak ketinggalan manisan terong ini bisa dijadikan oleh – oleh untuk anda bawah pulang. Manisan terong ini terbuat dari terong segar yang difermentasikan.

Prosesnya pun hanya 3 langkah,

  • Pertama terong di cuci menggunakan air kapur yang dengan maksud untuk menghilangkan getah.
  • Kedua terong dipotong kecil – kecil dan direndam dengan air gula.
  • Ketiga seusai direndam terong di keringkan lebih kurang sampai 2 hari.

Manisan terong ini memiliki rasa yang legit dan nikmat dijadikan cemilan ringan.

Bolu Koja

Saat Berwisata Ke Bengkulu Jangan Lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu
Bolu Koja Khas Bengkulu via 1.bp.blogspot.com

Yang terakhir ada bolu koja, bolu ini juga merupakan makanan khas Bengkulu. Bolu ini mirip dengan bolu khas Palembang tetapi yang membedakannya adalah bolu ini ditambahkan agar – agar diatasnya, bolu koja ini memiliki tekstur yang lembut seperti kue brownies.

Bolu koja ini memiliki warna khas yaitu warna hijau karena pembuatannya menggunakan daun suji dan daun pandan. Dan sekarang bolu koja sudah diberi berbagai varian diantaranya keju, coklat dan meisis.

Saya kembali mengingatkan, saat anda melakukan wisata ke Bengkulu jangan lupa Mencoba Kuliner Khas Bengkulu dan masih banyak kuliner yang ada di Kota ini  yang tidak saya sebutkan.

Semoga anda menyukai rekomendasi yang saya berikan.


Loading...

Bagikan

Bayu Setyawan Nursanto

Penulis

Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *