Internet

Wisata Taman Pintar Yogyakarta Memiliki 5 Zona Terbaik

Bagi kamu yang ingin berlibur ke kota Yogyakarta, jangan lupa mampir ke wisata Taman Pintar Yogyakarta terlebih dahulu. Taman Pintar ini berada di tengah kota Yogyakarta, yakni di dekat Benteng Vredeburg atau lebih tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta. Dalam sejarah pembangunannya, Taman Pintar ini di latar belakangi oleh perkembangan-perkembangan teknologi yang terjadi pada era tahun 90-an.

Hal ini lah yang melandasi pembangunan Taman Pintar oleh Pemerintahan Kota Yogyakarta dengan harapan agar para siswa mulai dari pra sekolah hingga sekolah menengah dapat dengan leluasa memperdalam materi materi yang didapatkan ketika berada di sekolah masing-masing.

Tak hanya sebagai taman yang digunakan untuk memperdalam ilmu pelajaran, namun Taman Pintar ini juga dapat digunakan sebagai tempat berekreasi dengan keluarga. Jadi Taman ini bisa digunakan untuk berlibur sambil belajar.

Wisata Taman Pintar Yogyakarta
Gambar dari berbagai sumber

Harapan dari Pemerintah Kota Yogyakarta terkait dibangunnya Taman Pintar ini tentunya adalah sebagai media perkenalan science pada siswa mulai sejak dini agar kreatifitas anak terus ter-asah, sehingga Negara Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi semata, tetapi generasi muda juga dituntut untuk menciptakan sebuah teknologi sendiri yang dapat membanggakan Negaranya sendiri.

Taman Pintar ini pun dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia yang ke 6, yakni Ir. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Desember 2008. Ada beberapa zona yang terdapat pada wisata Taman Pintar Yogyakarta.

5 Zona Wisata Taman Pintar Yogyakarta

1. Zona Playground

Zona ini difungsikan sebagai ruang publik dan juga sebagai tempat penyambutan bagi pengunjung Taman Pintar. Di zona ini juga disediakan berbagai peralatan peraga bagi anak-anak yang dapat di akses tanpa perlu membayar sedikitpun (gratis).

2. Gedung PAUD Barat dan juga Gedung PAUD Timur

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Zona ini berisikan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya yang masih duduk di kelas pra TK sampai kelas TK.

Loading...

3. Gedung Oval Kotak

Zona ini berisikan berbagai peralatan peraga berbasis ilmu pengetahuan Sains yang dikemas menyenangkan dan mengasyikkan tentunya. Di zona ini juga dapat diperagakan oleh pengunjung dan dapat di akses oleh seluruh pengunjung.

4. Gedung Memorabilia

Zona ini menampilkan beberapa peralatan peraga tentang sejarah-sejarah Negara Indonesia, seperti sejarah mengenai Kesultanan Yogyakarta, tokoh tokoh pendidikan, hingga tokoh-tokoh presiden RI sampai yang sekarang ini.

5. Gedung Planetarium

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Zona ini adalah zona yang paling menarik bagi pengunjung Taman Pintar, dimana zona ini berisikan peralatan hingga pemutaran film mengenai tata surya dan juga antariksa. Jadi, bagi kamu yang akan mengunjungi Taman Pintar ini wajib mengunjungi satu per satu zona yang ada di Taman Pintar agar dapat belajar dan juga berlibur di taman ini.

Wisata Taman Pintar di Jogjakarta ini adalah salah satu tempat wisata andalan kota Yogyakarta. ketika kamu berlibur menggunakan jasa Paket Wisata Jogjakarta, maka kawasan Taman Pintar merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang pasti akan dikunjungi.

Biaya Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Untuk biaya nya pun telah termasuk dengan biaya tiket masuk dan tiket terusan ketika mengunjungi wisata Taman Pintar Yogyakarta. Bagi kamu yang memilih berlibur ke kota Yogyakarta dengan cara backpacker untuk masuk ke kawasan Taman Pintar, kamu akan dikenakan biaya tiket Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 18.000 untuk orang dewasa.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi zona tertentu, maka ada biaya tiket terusan sebesar Rp. 3.000 untuk zona PAUD yang dikhususkan bagi anak berusia 2 hingga 7 tahun, dan untuk zona planetarium dikenakan biaya terusan Rp. 15.000 per orang.

Yang ingin melukis, terdapat zona lukis dengan media gerabah. Untuk mengikuti program lukis gerabah ini, kamu diharuskan membayar tiket terusan Rp. 13.000 dan hasil karya milik kamu dapat dibawa pulang.

Selain itu juga ada program lainnya yang dapat kamu ikuti, diantaranya pelatihan robotic, pelatihan presenter TV, dan program-program lain di Taman Pintar ini.

Waktu operasional Taman Pintar dibuka untuk umum setiap hari Selasa hingga Minggu dan jam buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 Wib. Selamat berkunjung.

Referensi lain : Wisata Gardu Pandang Tieng Dari Kabupaten Wonosobo



Loading...

Baca selengkapnya

ninoartikel

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button