Internet

17 Aplikasi Berbahaya yang Ada di App Store, Ini Daftarnya

Aplikasi Berbahaya Selalu Ada!

Jika berbicara tentang masalah aplikasi berbahaya, nama Play Store biasanya akan terbawa karena di toko aplikasi Google tersebut seringkali ditemukan aplikasi-aplikasi berbahaya yang siap mengancam para penggunanya.

Baca juga: Bisa Bersembunyi, 15 Aplikasi Berbahaya Ini Harus Segera Dihapus

Bahkan di bulan ini saja, kurang lebih ada tiga lusin aplikasi berbahaya yang berhasil dideteksi. Google pun sebagai sang pemilik toko juga tidak tinggal diam di mana mereka akhirnya juga siap sedia untuk memberantas aplikasi-aplikasi berbahaya di toko aplikasinya.

Aplikasi Berbahaya Juga Ada di App Store

Jika Anda pengguna App Store, maka Anda juga tidak aman dari ancaman aplikasi-aplikasi berbahaya karena baru-baru ini Wandera juga sudah menemukan 17 aplikasi berbahaya yang menyelinap di toko aplikasi milik Apple.

Berikut ini 17 aplikasi berbahaya yang berhasil dideteksi oleh Wandera:

RTO Vehicle Information Easy Contacts Backup Manager
EMI Calculator & Loan Planner Ramadan Times 2019 Pro
File Manager – Documents Restaurant Finder – Find Food
Smart GPS Speedometer BMI Calculator PRO – BMR Calc
CrickOne – Live Cricket Scores Dual Accounts Pro
Daily Fitness – Yoga Poses Video Editor – Mute Video
FM Radio PRO – Internet Radio Islamic World PRO – Qibla
My Train Info – IRCTC & PNR Smart Video Compressor
Around Me Place Finder

Aplikasi Mengandung Modul Klik Trojan

Dilansir dari Digital Trends, ke-17 aplikasi yang sudah disebutkan mengandung modul klik trojan. Modul klik trojan ini bisa menjalankan penipuan iklan, seperti terus menerus membuka halaman web, atau mengakses tautan tanpa interaksi dari penggunanya.

Pihak Wandera mengatakan jika modul klik trojan akan memberikan keuntungan kepada sang peretas karena modul klik trojan ini akan memanfaatkan pay-per-click dengan menyusup ke sistem trafik sebuah website.

Meski berbahaya, Wandera mengatakan jika dampak yang diberikan oleh ke-17 aplikasi tersebut hanya akan memperlambat kinerja telepon dan meningkatnya penggunaan data tanpa izin dari penggunanya. Artinya, ke-17 aplikasi tersebut tidak sampai mencuri data para penggunanya.

Baca juga: Bahaya, Virus Joker Mengintai Para Pengguna Android

Guna meminimalisir terpasangnya aplikasi berbahaya. Pihak Wandera memberikan imbauan kepada para pengguna untuk memeriksa apakah aplikasi yang mereka pasang itu berasal dari pengembang yang sah dan memiliki ulasan yang baik. Dengan memperhatikan hal yang demikian itu, maka terpasangnya aplikasi berbahaya bisa dicegah.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close