Peluang usaha

5 Kiat Jitu Memulai Usaha Konveksi Bagi Pebisnis Pemula

Apa sih usaha konveksi? Ada banyak sekali peluang usaha yang dapat dicoba, salah satunya adalah usaha dibidang konveksi. Usaha konveksi adalah usaha yang memberikan jasa dibidang pembuatan pakaian dalam jumlah banyak atau secara massal. Ada banyak jenis pakaian yang dihasilkan, bisa berbertuk berbagai pakaian jadi dan contoh pakaian lainnya sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bisnis konveksi ini akan terus dibutuhkan dan dapat berkembang pesat bila dikelola dengan baik. Karena produk yang dihasilkan adalah produk yang memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Seperti halnya memulai usaha lain, tentunya ada beberapa strategi yang dibutuhkan sebelum benar-benar memulainya.

Bagi para pemula, tentunya kebutuhan akan informasi sangat diperlukan agar tidak melakukan kesalahan yang tidak diinginkan. Tertarik untuk memulai sebuah usaha konveksi? Simak beberapa tips berikut ini:

1. Tetapkan tema

Tema disini adalah tentang produk dari usaha konveksi yang akan anda hasilkan. Tentukan terlebih dahulu produk apa saja yang akan anda hasilkan. Didalam bisnis konveksi sendiri memiliki banyak produk, misalnya pakaian jadi yang berupa baju kaos, kemeja bahkan jaket.

2. Persiapkan modal

Modal adalah kendala pertama yang sering dikeluhkan para pebisnis, terutama para pemula. Hakikatnya, seorang pebisnis tidak harus selalu mengeluarkan modal besar untuk memulai sebuah usaha. Sebuah usaha dapat dijalankan dengan modal yang relatif sedikit. Ada beberapa Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Anda.

Seperti halnya usaha konveksi ini, karena ini adalah usaha yang tidak terlalu besar. Beberapa pengeluaran yang harus dipertimbangkan adalah pembelian alat seperti mesin jahit, mesin pemotong, meja pemotong dan peralatan lainnya. Kalkulasikan dengan baik biaya yang akan dipakai sebelum dan selama proses produksi berlangsung.

3. Optimalkan tempat

Sebuah usaha, tentunya akan memerlukan sebuah lokasi atau tempat. Karena usaha di bidang konveksi ini termasuk usaha yang tidak terlalu besar. Tempat yang akan dijadikan “pabrik” tidaklah harus besar.

Daripada harus menyewa tempat maupun gedung, memanfaatkan ruangan kosong dirumah akan lebih menguntungkan. Tidak ada salahnya menjadikan rumah sebagai pabrik sendiri.

4. Tawarkan jasa kerjasama

Adakalanya sebagai seorang pemula untuk menawarkan kontrak kerja dengan rumah produksi yang berskala lebih besar. Selain meminimalisasi bentuk kerugian, hal ini juga dapat membangun sebuah kemitraan. Mendapatkan mitra yang baik dan bertanggung jawab adalah sebuah keuntungan.

Pabrik besar biasanya membutuhkan jasa pengusaha konveksi seperti dalam penjahitan maupun pemotongan pakaian.

5. Maksimalkan promosi

Agar usaha konveksi anda dapat berkembang dan diketahui oleh orang banyak, tentunya harus ada promosi. Manfaatkan Sosial Media untuk Usaha dan Promosi Bisnis atau bisa juga dengan akses internet lainnya. Promosi secara langsung kepada kerabat dekat atau teman-teman juga dianjurkan. Amati peluang yang ada.

Fitur promo maupun diskon adalah 2 hal yang tak pernah luput menarik perhatian konsumen. Lakukan promo yang menarik dan maanfaatkan kedua fitur tersebut dalam pengembangan usaha konveksi anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close