Ulasan Bisnis

Marketing Sosial Media untuk Usaha dan Promosi Bisnis

Kiat Marketing Sosial Media – Pembahasan pada artikel kali ini adalah tentang bagaimana caranya memanfaatkan sosial media sebagai alat promosi bisnis kita.

Sebagaimana sudah diketahui, jika pengguna sosial media sangat besar sekali, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Oleh karena itu, besarnya pengguna sosial media yang ada di negara kita ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan usaha kita.

Dan berikut adalah kiat-kiat, bagaimana kita memanfaatkan sosial media untuk usaha kita.

10 Kiat Marketing Sosial Media

Kurang lebih ada sepuluh kiat yang harus kita lakukan untuk melakukan marketing via sosial media, dan sepuluh kiat tersebut adalah :

1. Konsistensi

Konsistensi adalah sesuatu yang harus kita miliki dimana melalui konsistensi tersebut usaha yang akan dijalani berjalan lancar. Jadi, ketika anda sudah membuat status atau mengupload suatu produk usahakan untuk terus melakukannya setiap hari.

2. Target

Kiat Marketing Sosial Media
Target | news.unair.ac.id

Ketika terjun ke dunia marketing online yang harus dilakukan adalah menetapkan target. Jadi, usahakan marketing sosial media anda ini menjangkau beberapa sasaran, baik dari pasar, penjualan dan pengikut.

3. Perencanaan

Untuk menarik minat followers atau pelanggan, usahakan membuat beberapa terobosan, diantaranya adalah memberikan diskon, hadiah atau kejutan lainnya, sehingga pasar yang anda target akan selalu mencari update terbaru dari bisnis kita. Dan untuk membuat ide yang seperti ini diperlukan perencanaan yang matang.

4. Akun Khusus

Gunakanlah akun bisnis untuk bisnis, dan jangan gunakan akun pribadi untuk bisnis. Cara yang satu ini lebih bijak untuk anda lakukan, ketimbang menjejali akun pribadi anda dengan status jualan. Memasang status jualan di akun pribadi itu boleh-boleh saja, asalkan anda melakukannya tak terlalu sering.

5. Jangan Hard Selling

Untuk memudahkan followers nyaman dan betah berlama-lama di sosial media kita, maka isilah dengan beraneka ragam status. Mengisi sosial media dengan status jualan, terbukti membuat para followers bosan dan akibatnya mereka akan meninggalkan sosial media usaha kita.

6. Memodifikasi Tampilan

Mengisi sosial media tak hanya dengan gambar yang itu-itu saja. Anda bisa melakukan sedikit editing gambar di Photoshop atau memasukkan beberapa video menarik. Selain itu, usahakan gambar yang diupload memiliki kualitas tinggi dan video yang di upload mengandung unsur edukatif.

7. Komunikasi

Poin yang satu ini sangatlah penting, karena para followers akan sangat senang apabila anda membalas komentar mereka. Berikanlah pelayanan terbaik untuk mereka, meskipun itu sedikit memakan waktu dan terkadang membuat kita kecewa karena tak jadi membeli.

8. Rekan Kerja

Jika menjalankan poin-poin diatas sulit untuk dilakukan secara individu, maka tak ada salahnya apabila mencari rekan kerja. Mengangkat saudara, teman atau orang lain pastinya akan sedikit meringankan beban kita dalam menjalankan marketing via sosial media.

9. Beriklan

Jika ada dana marketing, sebarkan akun sosial media kita kepada publik. Menggunakan Facebook Ads atau beriklan di beberapa situs web, setidaknya akan membantu usaha kita dikenal oleh masyarakat Indonesia.

10. Evaluasi

Kiat Marketing Sosial Media
Evaluasi | jasamarga.com

Jika semua proses sudah dilalui, maka saatnya kita melakukan evaluasi. Evaluasi ini amat sangat penting, karena kegiatan yang satu ini dapat menunjukkan apakah marketing yang kita jalankan berjalan lancar sesuai dengan target yang sudah dicanangkan atau belum.

Kesimpulan

Menjalankan usaha tidak serta merta hanya mengandalkan modal saja, karena modal tanpa manajemen yang baik pastinya akan membuat usaha tersebut kelimpungan. Dan salah satu faktor keberhasilan suatu usaha adalah bagaimana kita menjalankan marketingnya.

Dan kiat marketing sosial media yang dibahas pada artikel singkat ini semoga bermanfaat, karena zaman sekarang ini perubahan teknologi sudah sangat pesat, maka sudah seharusnya kita menyasar pengguna internet yang kian hari kian bertambah untuk kemajuan usaha yang kita miliki.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close