Review ProdukTekno

6 Alasan Mengapa Kamu Harus Beli Redmi Note 8 Pro, Smartphone Midrange Terbaik Harga 3 Juta’an

Redmi Note 8 Pro: Smartphone Midrange yang Terasa Seperti Smartphone Flagship

6 Alasan Mengapa Kamu Harus Beli Redmi Note 8 Pro – Sekarang ini, kita sudah terbiasa melihat penamaan “Pro” di terapkan diberbagai macam smartphone. Dan mungkin hal tersebut akan lebih masuk akal untuk smartphone kelas high-end/flagship.

Namun, apa yang membuat smartphone kelas midrange menyandang nama “Pro”? Itulah yang akan kami cari tahu menggunakan Redmi Note 8 Pro.

Redmi Note 8 Pro merupakan salah satu smartphone dari sub-brand Xiaomi yang sangat populer baik dalam aspek angka penjualan dan reputasi.

Tiga bulan setelah dirilis, Redmi Note 8 Series berhasil memecahkan rekor Redmi Note 7 Series dengan angka penjualanya yang melebihi 10 juta unit.

Tentunya ada asalan yang kuat dibalik pencapaian tersebut dan di artikel ini, kami akan memberikan beberapa asalan mengapa kamu harus beli Redmi Note 8 Pro.

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Redmi Note 8 Pro

Sumber: Xiaomi

1. Desain & Build Quality

Karena bukan smartphone flagship, Redmi Note 8 Pro masih menggunakan rangka plastik untuk bagian sampingnya.

Meskipun demikian, kamu tidak akan langsung mengetahuinya karena rangka plastik tersebut telah di-desain sedemikian rupa agar terlihat seperti metal.

Beli Redmi Note 8 Pro
Sumber: Xiaomi

Dibagian depan dan belakang, Redmi Note 8 Pro dilapisi dengan Gorilla Glass 5 untuk perlindungan maksimal yang juga membuatnya nampak lebih premium.

Gorilla Glass 5 yang digunakan melapisi bagian belakang Redmi Note 8 Pro dengan rapi. Namun karena terbuat dari kaca, bagian belakangnya akan terasa licin.

Beli Redmi Note 8 Pro
Sumber: Xiaomi

Meskipun Gorilla Glass 5 bukan versi terbaru (versi terbaru adalah Gorilla Glass 6), para kompetitornya seperti Realme, Oppo, dan Vivo rata-rata masih menggunakan Gorilla Glass versi lama seperti Gorilla Glass 3 dan 4.

Dan tidak semua smartphone flagship juga dilindungi dengan lapisan Gorilla Glass 6.

Sumber: Xiaomi

Redmi Note 8 Pro juga bukan smartphone yang tipis. Smartphone ini memiliki dimensi (161.4 x 76.4 x 8.8 mm) dan berbobot 200g.

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan smartphone kecil dan ringan, memegang Redmi Note 8 Pro mungkin akan terasa janggal. Namun, lama kelamaan kamu pasti akan terbiasa.

Beli Redmi Note 8 Pro
Sumber: Xiaomi

Secara keseluruhan, sangat mengesankan melihat smartphone kelas mid-range yang dijual seharga 3 juta’an untuk memiliki build quality yang sedemikian rupa. Bahkan jika dilihat sekilas, desain dan build quality Redmi Note 8 Pro memberikan kesan seperti smartphone kelas flagship.

2. Layar

Untuk layar, Redmi Note 8 Pro menggunakan layar berbasis IPS LCD display.

Layarnya memiliki ukuran yang besar yakni 6.53-inchi dan memiliki resolusi Full-HD+ (1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio). Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, layar Redmi Note 8 Pro sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk melapisinya dengan anti-gores.

Sumber: Xiaomi

Menurut Xiaomi, layar tersebut mampu memproduksi 500 nits of brightness yang membuatnya akan tetap terlihat jelas walaupun dibawah sorotan sinar matahari.

3. Performa

Redmi Note 8 Pro menggunakan chipset unik milik MediaTek yakni Helio G90T yang di-dinginkan menggunakan teknologi liquid-cooling.

Helio G90T merupakan gaming-centric chipset yang tergolong dalam kelas upper-mid-range dan dikenal dengan fitur HyperEngine-nya.

Untuk spesifikasi, Helio G90T menggunakan 6x ARM Cortex-A55 dengan clockspeed yang mencapai 2.0GHz dan 2x ARM Cortex-A76 yang sanggup mencapai maksimum clockspeed hingga 2.05GHz.

Sumber: Xiaomi

Dan untuk menangani pekerjaan grafis, MediaTek mengkorporasikan ARM Mali-G76 3EEMC4 GPU @800MHz yang mampu menjalakan game-game ternama bahkan menggunakan pengaturan grafis tertinggi sekalipun.

Helio G90T sanggup menyaingi performa Snapdragon 730G dari Qualcomm yang pakai oleh Mi Note 10 dan tentunya lebih cepat dari Snapdragon 710 dan Snapdragon 665 yang sekarang masih digunakan untuk smartphone midrange terbaru seperti Oppo A92.

Dan perlu diketahui bahwa Mi Note 10 dijual seharga dua kali lipat dari Redmi Note 8 Pro. Sedangkan Oppo A92 dijual dengan harga yang mendekati 4 juta atau seharga Samsung Galaxy M31.

4. Kamera

Redmi Note 8 Pro merupakan salah satu smartphone di-harga 3 juta’an (selain Realme 6) yang mengusung quad camera setup dengan sensor 64MP untuk lensa utamanya.

Ketiga kamera lainya terdiri dari sensor 8MP yang berperan sebagai lensa Ultrawide, 2MP Macro, dan 2MP Depth helper.

Sumber: Xiaomi

Kamera utama Redmi Note 8 Pro memiliki kemampuan 4K video recording @30fps, [email protected]/60/120fps, dan slow motion [email protected] Semuanya di-dukung gyro-EIS untuk membantu memaksimalkan hasil akhir.

Hal tersebut menjadikan Redmi Note 8 Pro sebuah smartphone fleksibel yang dapat digunakan untuk mengambil foto bertema apapun i.e landscape, close-up, slow-mo, dll

Beli Redmi Note 8 Pro
Sumber: Xiaomi

Dan walaupun Redmi Note 8 Pro tidak memiliki lensa Zoom, smartphone ini menyediakan fitur 2x Zoom yang menggunakan solusi crop via sensor utama. Menariknya, fitur tersebut dapat memberikan hasil foto yang cukup bagus.

Akan tetapi, hasilnya masih lebih inferior jika dibandingan dengan hasil foto yang ditangkap menggunakan lensa Telephoto.

Sekilas, spesifikasi kamera Redmi Note 8 Pro terlihat mengesankan. Namun secara umum, pada aspek inilah dimana smartphone flagship mulai menunjukan keunggulanya dari smartphone kelas midrange.

Jadi, meskipun Redmi Note 8 Pro menggunakan sensor quad bayer 64MP untuk lensa utamanya, foto yang dihasilkan tidak akan setara dengan smartphone flagship yang menggunakan sensor yang sama. Karena di dunia fotografi, megapixel bukanlah segalanya.

Meskipun demikian, Redmi Note 8 Pro sanggup memberikan hasil foto yang cukup baik terutama melihat harga dari smartphone itu sendiri. Kamu dapat menilainya dengan melihat sampel foto dibawah ini.

Sampel Kamera Utama

(Klik/sentuh untuk memperbesar)

Sampel Kamera Utama w/ 2x Zoom

Menurut kami, foto yang dihasilkan Redmi Note 8 Pro terlihat setara dengan foto yang dihasilkan oleh smartphone flagship dari beberapa tahun lalu.

Hal tersebut menunjukan betapa cepatnya perkembangan teknologi pada aspek kamera smartphone. Jadi untuk beberapa tahun kedepan, tidak mengejutkan jka smarpthone kelas midrange akan mampu memberikan hasil foto yang setara dengan smartphone flagship saat ini.

5. Ketahanan Baterai

Redmi Note 8 Pro ditenagai oleh baterai Non Removable berbasis Lithium Polymer dengan kapasitas 4,500mAh.

Menurut laporan dari para pengguna Redmi Note 8 Pro, smartphone ini mampu memberikan ketahanan baterai yang mengesankan.

Beli Redmi Note 8 Pro
Sumber: Xiaomi

Redmi Note 8 Pro dapat dengan mudah bertahan hingga satu setengah hari untuk pemakaian wajar dan  seharian penuh jika kamu termasuk dalam kategori “power user”.

Selain itu, smartphone ini juga mendukung 18W fast-charging yang terhubung via port USB Type-C.

6. Redmi Note 8 Pro vs Smartphone Lain

Kami telah membandingkan Redmi Note 8 Pro dengan beberapa smartphone lain dikelasnya seperti Galaxy A31, Galaxy A30s, Oppo A92, Oppo A9 (2020), Oppo A52, Realme 5 Pro, dan Vivo Y50.

Dan berdasakan perbandingan tersebut, Redmi Note 8 Pro memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik untuk harga yang ditawarkan.

Sejauh ini, hanya ada satu smartphone yang sanggup menyaingi Redmi Note 8 Pro yakni Realme 6. Namun hal itu sangat wajar karena Realme 6 Series memang semata-mata dirilis untuk menyaingi Redmi Note 8 Series.

Sumber: Realme

Realme 6 memiliki beberapa keunggulan seperti 90Hz high refresh rate display, fast-charging yang lebih cepat, dan sudah menggunakan punch-hole display serta side-mounted fingerprint scanner yang dinilai lebih modern dan trendy.

Namun, build quality Redmi Note 8 Pro masih lebih unggul karena Realme 6 masih menggunakan Gorilla Glass 3 dan itupun hanya pada bagian layarnya saja.

Selain itu, harga Realme 6 juga lebih mahal. Untuk varian 4GB/128GB, Realme 6 dijual seharga 3 juta’an. Di harga yang sama, kamu bisa mendapatkan Redmi Note 8 Pro dengan 6GB RAM dan 64GB Internal Storage.

Kapasitas penyimpananya memang lebih rendah, namun Redmi Note 8 Pro menyediakan microSD card slot untuk ekspansi.

Kesimpulan

Meskipun tergolong dalam kategori midrange, Redmi Note 8 Pro adalah salah satu smartphone yang mungkin cukup baik untuk sebagian besar orang

Redmi Note 8 Pro memiliki spesifikasi dan jumlah kamera yang memadai, daya tahan baterai yang kuat, fitur yang lengkap, layar yang besar, dan yang terakhir, build quality dan performa yang terasa seperti smartphone flagship.

Sumber: Xiaomi

Secara keseluruhan, jika kamu rela mengorbankan kecepatan fast-charging, high refresh rate display, side-mounted fingerprint scanner, dan punch-hole display yang dimiliki Realme 6.

Redmi Note 8 Pro akan menjadi smartphone yang kamu nikmati setiap harinya. Lagipula, harganya juga tergolong lebih murah.

Jadi jika kamu memiliki budget 3 juta’an, tanpa diragukan lagi, Redmi Note 8 Pro merupakan salah satu  smartphone midrange terbaik yang layak di beli.

Rangkuman Spesifikasi

Body (161.4 x 76.4 x 8.8 mm)
200g
Glass front (Gorilla Glass 5), glass back (Gorilla Glass 5), plastic frame
Prosessor Mediatek Helio G90T (12nm)
Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Mali-G76 MC4
Memori 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM
microSDXC (shared SIM slot)
Layar IPS LCD, 6.53-inchi, Full-HD+ (1080 x 2340 pixels), 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
Corning Gorilla Glass 5
500 nits max brightness
Kamera Kamera Belakang:
64 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.75µm
2 MP, f/2.4, (depth)Kamera Depan:
20 MP, f/2.0, (wide), 1/3″, 0.9µm
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh
OS Android 10, MIUI 11
Fitur Lain Fingerprint (rear-mounted), Fast charging 18W, NFC, Wi-FiX Antenna

Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close