Optimasi Blog

Apakah Peringkat Alexa Rank Menentukan Jaminan Kualitas Sebuah Blog?

Tips & cara menurunkan Alexa Rank dengan cepat : Rewrite by Klik mania
Peringkat Alexa Rank sering kali dikaitkan dengan popularitas sebuah blog. Banyak yang beranggapan bahwa hal itu benar, tapi yang namanya popularitas apakah sudah  tentu berkualitas?

Nah, ini nih pendapat saya. Alexa rank hanya untuk mengukur kuantitas saja (jumlah kunjungan, page view, backlink..dsb) akan tetapi percuma saja kalau yang berkunjung hanya sekedipan mata.

Semisal blogwalking , berkunjung sini gan,..mampir sob…nice inpoh mastah “…dan sebagainya. Terus ganti ke blog lain dan gutbay menunggu kunjungan balik sedangkan isi posting mungkin juga nggak dilirik apalagi dibaca.

Wah kasian tu yang nulis, sudah ngabisin kopi se-teko buat nglembur postingnya. Belum lagi cemilannya yang acak-acakan belum diberesin karena ketiduran.

Saya jadi berfikir, jadi kalau begitu Alexa rank bisa dibuat instan donk asal kita rajin? Bagaimana kalau kita nggak rajin? Si Alex jadi melar lagi donk? kayak gajah yang nggak diet?? Sedangkan waktu saya tidak untuk dihabiskan hanya untuk mengurus blog saja.

Pernah lihat visitor yang membludak dihalaman tertentu dari suatu blog, tapi Alexa malah gemuk. Sedangkan blog yang sepi visitor Alexa nya bisa langsing, kenapa itu bisa terjadi?

saya lebih berfikir, kualitaslah yang terpenting. Bisa  saya gambarkan sebagai kualitas konten/isi posting yang bermutu, pengelolaan blog yang baik dan imajinasi anda untuk memancing para pengunjung untuk membaca tulisan anda.

Saya percaya jika salah satu hal tersebut dilakukan oleh para blogger, pengunjung akan otomatis datang ke blog anda dan otomatis juga angka Alexa akan melorot.

Menurunkan angka Alexa merupakan dambaan para blogger, bisa saja dikarenakan gengsi atau hal lain tapi saya masih malu untuk bicara tentang kualitas dan pengelolaan blog yang baik, sebab blog saya juga masih amburadul 😀

Beberapa Tips Menurunkan Alexa Rank Dengan Cepat

Pilih template yang tepat

Bisa kita mulai dari pemilihan template yang tepat, sesuai dengan tema dan karakter blog. Pilihlah template yang Responsive,fast loading dan SEO friendly, karena sebagian template SEO sudah ada navigasi dan meta deskripsi.

Tulislah posting dengan konten menarik dan bermutu

Saya tidak menganggap konten saya ini contoh yang bermutu, sebab orang lain yang menilai. Tapi cobalah tulis sesuatu yang original tidak asal copas artikel orang lain tanpa mencantumkan nama sumbernya.

Tulis posting dengan gaya atau style anda. Semisal dapat artikel pelajari dulu setelah sedikit mengerti, ubahlah dengan imajinasi anda asalkan pokok materi artikel masih nyambung. Tulis posting dengan bahasa yang jelas dan gampang dimengerti, simpel dan nggak muter-muter biar tidak membuat yang baca berkunang-kunang.

Semangat yang tak pernah kunjung padam

Ya..ya, ini penting juga, mulailah dengan semangat terlebih dahulu sebelum anda login ke blogger masing-masing. Update artikel anda secara berkala, menurut pengalaman saya, posting 1 artikel setiap hari selama 2 minggu berturut turut adalah jurus ampuh menurunkan Alexa Rank

Demikian uneg – uneg saya tentang Alexa rank, konon sewaktu ngeblog masih jaman bahula, menulis tentang Alexa rank juga membantu menurunkan angkanya. Tetapi yang pasti – pasti saja, kalau artikel anda bagus dan menarik, percaya deh pasti banyak yang berkunjung dan otomatis akan mendongkrak angka Alexa rank blog anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

8 Comments

  1. Kalau selalu update konten dan semakin banyak visitor, maka alexa akan turun..

  2. Mungkinkah seperti ini?
    1. Peringkat alexa ekuivalen popularitas > nice blog > manajemen blog & SEO.
    2. Kuliatas blog ekuivalen kualitas konten > originalitas dan level pengalaman ‘ini yang paling berharga”.

    “posting 1 artikel setiap hari selama 2 minggu berturut turut adalah jurus ampuh menurunkan Alexa Rank”
    Terima kasih share pengalamannya Om, ini yang masih susah buat Saya.
    Btw, berapa target klikmania.net dalam alexa rank?

    1. Algoritma Alexa (sekarang)lebih mengutamakan tinggi rendahnya Bounce rate, ada baiknya untuk mencoba menurunkan Bunce rate blog agar nilai Alexa meningkat.
      Klik Mania sendiri punya target 5 digit untuk peringkat Global, itu sudah lebih dari cukup.

  3. Alexa tidak dapat dijadikan patokan kalau situs tersebut berkualitas, …
    Buktinya banyak blog yang rank alexanya gendut bisa menyalip blog yang natabene alexa ranknya ramping.

  4. Wah, ketemu dengan Klik Mania lagi 😀 setiap saya searching di google mencari informasi seputar blog kok selalu ketemu dengan blog ini lagi. Contohnya saja ketika saya ingin mencari info “angka alexa rank yang baik banyak atau sedikit” langsung ketemu dengan blog ini. Jadi, angka di alexa rank itu yang baik meningkat atau malah menurun mas gani ? Mohon infonya mas hehe

  5. Setuju gan saya juga pernah dan bahkan sering menemukan ada sebuah blog yang artikelnya ramai sekali dikomentari tapi anehnya nilai alexanya justru no data tapi sebaliknya blog yang terlihat sepi tapi alexa sangat ramping jadi benar apa kata afan kwalitaslah yang sangat menentukan nilai alexa

  6. Setuju banget mas 🙂
    Yang paling pengaruh si memang page view per visitor apalagi kalau pengunjungnya banyak blogger yang notabene banyak pasang alexa toolbar di browsernya pasti cepet banget menciut deh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close