Tekno

3 Aplikasi Editing Video di Smartphone yang Sangat Simple

Menjadi video creator terkadang membutuhkan sebuah media yang dapat mendukung dalam berkarya. Salah satunya adalah aplikasi untuk editing video. Kebanyakan creator masih menggunakan aplikasi editing video dari Pc atau laptop.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan aplikasi editing video untuk smartphone yang sangat praktis. Karena aplikasi ini menggunakan smartphone atau yang biasa kita sebut android.

Daripada lama langsung saja kita menuju ke TKP.

Kejenuhan dalam Editing

Kalian Youtubers? Atau hobby dalam videografi? Pernah nggak sih mengalami kejenuhan dalam mengedit video? Stop, ini bukan pertanyaan yang menjerumuskan kalian untuk membeli produk aplikasi. Tidak saya bukan online shop yang sering nangkring di komen instagram.

Pertanyaan diatas mungkin mendapat banyak respon. Terkadang creator juga mengalami kendala dalam editing. Terutama kejenuhan yang berlebih dikarenakan mengedit dengan laptop cendrung lebih ribet dan repot.

Terutama jika project yang di edit adalah project ringan. Yang videonya tidak membutuhkan banyak effect dan hanya berasal dari HP. Jika dalam kondisi seperti ini apakah sobat akan membuka laptop dan mengedit di laptop atau PC?

“Saya mas! Kan lebih keren ada efeknya.”

Jika kalian menjawab yang diatas… keren. Antara niat dan juga memang ingin menyusahkan diri. Jika saya ditanya seperti itu. Saya akan menjawab “Mending ngedit di HP aja karena lebih simple”.

Jenis-Jenis Video yang cocok

Tidak semua video dapat kita masukkan kedalam aplikasi editing video ini. Karena jika kalian memiliki data video dengan size besar maka jelasakan memberatkan device kalian atau smartphone kalian.

Sekarang saya ingin bertanya

“Apakah jika kita shoot video dengan menggunakan DSLR dengan jumlah scene yang banyak, terus kita masukkan kedalam HP?”

Bisa sih..Hanya saja kalian kan? Mendingan memory yang terbuang itu kita isi dengan game. Lumayan buat yang jomblo biar malam minggunya nggak kesepian kan.

“Terus video apa yang cocok dengan aplikasi ini?”

Sebenarnya semua tergantung pada kalian. Sebagaimana kaian ingin memaksimalkan perangkat kalian. Saya sarankan aplikasi editing untuk android ini sangat cocok digunakan kalian yang menjadi seorang video creator menggunakan kamera smartphone.

Selain creator video smartphone yang cocok menggunakan aplikasi editor video untuk smartphone adalah creator video untuk instagram atau yang sering dikatakan akan vidgram.

Dengan durasi video yang kurang dari satu menit membuat proses pembuatan video ini lebih simple dan jikalau sobat ingin menggunakan kamera bagus sekalipun juga tidak memakan banyak memori.

Fitur Aplikasi Editing video smartphone

aplikasi editing video

Sebenarnya dari ke tiga aplikasi yang akan saya share. Kebanyakan memiliki fitur yang sama. Hanya berbeda dari nama perusahaan dan beberapa efek. Walaupun fitur yang ada kurang lebih namun eksekusi dari efek setiap aplikasi jelas memiliki perbedaan.

Semua bergantung kepada user dari aplikasi editing tersebut. Dan yang paling penting adalah kenyamanan dari pengguna itu sendiri. Jika kita nyaman pasti akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Sama halnya juga dengan aplikasi editing yang ada di pc atau laptop sama. Yang penting nyaman dulu. Sudah tahu dasar dari editing maka semua akan berjalan lancar.

Ciri Khas Aplikasi Editing video

Jika sobat masih bingung dengan fitur aplikasi editing video. Sebenarnya mudah saja. aplikasi editing terkadang memang banyak pilihan efek maupun fitur. Namun pada umumnya aplikasi editing lebih terfokus pada beberapa bagian dalam editing.

Seperti contohnya Sony Vegas (ini adalah aplikasi editing untuk pc atau laptop. Jika kalian cari di playstore kalian tidak akan mendapatkannya. Sampai bebek melahirkan anak undur-undur juga nggak bakal ada sob heheh).

Di Sony Vegas, fitur yang ada lumayan banyak, tapi yang perlu kita kenali adalah fitur yang sering di pakai. Okey. Fitur yang sering dipakai dalam aplikasi editing video. Seperti color grading. Ini penting untuk memberi warna pada video kalian atau footage kalian.

Kenapa? Karena beberapa video memang membutuhkan color grading. Salah satunya adalah film. Tidak film layar lebar yang lebih dari 1jam. Karena aplikasi ini terlalu simple untuk menghandle project film layar lebar.

Jika sobat ingin coba boleh. Film yang saya maksud seperti film pendek. Ini bisa di edit menggunakan Sony Vegas. Saya sering mengedit beberapa project film di aplikasi yang mudah ini.

Balik ke color grading. Ini gunanya untuk memberi warna. Fungsi warna ini untuk menegaskan suasana hati dalam footage. Untuk lebih jelas bisa kalian pelajari sendiri. Akan lebih mudah pastinya.

Itu adalah salah satu contoh. Sama halnya dalam aplikasi editing video di android sobat. Pasti ada yang namanya coloring. Bagaimanapun bentuknya pasti ada. Biasanya aplikasi editing android tidak menggunakan fitur color grading yang rumit.

Bahkan beberapa aplikasi editing video ada yang menggunakan grading yang fixed. Dimana kalian tidak bisa custom warna tersebut. Salah satu contoh app yang di PC seperti Wondershare atau nama sekarangnya adalah filmora.

Aplikasi editing video untuk smartphone

Kita langsung saja membahas apa inti dari artikel ini. Yap aplikasi editing video smartphone yang ingin saya kasi tahu kepada sobat semuanya.

Sebelum kita masuk ke tiga aplikasi ini saya mau memberikan kalian sesuatu yang sangat penting. Nggak penting-penting amat sih. Penting deh sepertinya.

Jadi perlu sobat ingat untuk mengaplikasikan aplikasi ini. Dibutuhkan device yang mendukung. Jangan menggunakan HP jaman dulu yang hanya bisa main game snake dan space. Duh itu pasti tidak bisa dong. Kan belum android.

Saya sarankan menggunakan smartphone atau android yang memiliki RAM dua giga. Kenapa? Karena ini akan sangat membantu dan memberikan kenyamanan dalam editing.

Kebayang sobat edit dengan device yang memiliki ram 512 MB. Waduh. Pasti akan susah dan sering force close. Nggak mau kan semua effek dan editan sobat hilang sia-sia hanya dikarenakan force close.

“Terus solusinya apa bang?”

“Beli smartphone baru!” Hahahah tidak.

Saran saya jika ram sobat 512 MB. Coba meminimalkan aplikasi yang terinstall. Sehingga tidak banyak makan memori dan bisa menggunakan cara lain untuk menambah kapasitas memori atau RAM. Salah satunya dengan GL tools. Kita akan bahas kapan-kapan.

Viva Video

aplikasi editing video

Mendengar aplikasi editing video yang satu ini tidak asing kan? Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video. Video instagram maupun video di Youtube.

Kenapa? Karena aplikasi editing video untuk smartphone ini simple dan juga mudah pastinya. Sobat hanya perlu memasukkan video dan meng-cut atau memotong video sobat hingga menemukan timing yang pas. Dan tinggal di render.

Jika ingin menambah efek juga sangat mudah. Saya juga salah satu Viva Video user dulunya. Kebetulan yang edit juga teman saya. Karena di HP nya dia. Jiah malah curhat.

Waktu itu saya menggunakan aplikasi ini untuk edit video cover di Instagram. Hasilnya bagus. Simple banget. Kebetulan videonya direkam dari HP. Jadi males juga mau pindahin data ke laptop.

Maka dari itu Viva Video menjadi solusi untuk editing. Di viva video kalian bisa menambahkan efek SFX dan juga sticker. Jika kalian ingin menambahkan teks bisa juga di Viva Video ini.

Beruntungnya lagi Viva Video terus diupdate dan selalu ada tambahan yang baru. Jadi tidak perlu takut aplikasinya ketinggalan jaman.

Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah jika di render ada tulisan Viva Video. Tergantung aplikasi sobat sih. Jika ori alias beli akan hilang atau mungkin sobat ingin crack aplikasinya. Silahkan.

Jika tidak memang ada tulisan watermark Viva Video segede gajah Afrika. Nggak terlalu mengganggu sih jika sebatas video cover. Sebanding lah dengan hasil. Masa iya gratisan.

Filmora

aplikasi editing video
Images from https://filmora.wondershare.com

Sudah saya bahas sedikit mengenai flimora. Ini adalah aplikasi seperti Wondershare, memang Wondershare sudah ganti nama jadi filmora. Ntah benar atau tidak. Sepertinya benar.

Flimora ini cukup keren dan cara operasinya juga mudah. Jika kalian pernah pakai Wondershare pasti tidak akan kesulitan. Sama seperti cara edit biasanya. Kalian harus paham betul cara atau dasar editing.

Jika ada yang belum tahu bisa nonton Disini.

Filmora lebih banyak pilihan color grading. Bisa kalian warna-warnai footage kalian. Namun kekurangannya di aplikasi editing ini color gradingnya cendrung kasar. Sehingga warna dominannya terlihat jelas.

Contoh saya kasi warna biru. Maka akan biru se video. Seperti sedang tenggelam dalam cet dinding. Nggak! Lebay itu mah. Birunya lebih terlihat. Susah di samarkan.

Namun ada juga beberapa pilihan Color grading yang bagus. Semua tergantung selera dan hasil video yang sudah sobat rekam.

Semakin bagus maka juga akan terdukung oleh aplikasi aplikasi ini. Jadi jangan takut.
Untuk fitur kurang lebih viva video. Bisa kasi music juga. Sama seperti Viva Video. Hanya saja mungkin Filimora terlihat lebih premium dari segi tampilan.

Untuk masalah watermark. Ini juga ada sih. Hampir semuanya ada watermark kalau produk Playstore. Apalagi yang bagus. Pasti ada aja watermark nyempil. Udah kayak mantan yang gagal move on. Hadeh.

Dari sekian user mungkin lebih familiar dengan Viva Video dibanding aplikasi editing video yang satu ini. Maka dari itu bisa sobat coba dulu. Siapa tahu cocok kan. Oh iya ini juga bisa beri teks.

KineMaster

Jika kalian sering nonton Youtube. Terutama youtubers awal. Banyak yang menggantungkan video mereka menggunakan jasa aplikasi editing yang satu ini. Yap KineMaster.

Dengan tampilan simple namun memiliki kinerja yang sangat joss. Membuat aplikasi editing video ini menjadi pilihan para Youtubers pemula. Cara memakainya juga mudah. Tidak ribet.

Ada beberapa fitur yang saya suka dari kienne master ini. Tidak seperti Viva video atau Filmora. KineMaster bisa saya katakan memiliki fitur yang lebih luas dari aplikasi Viva Video dan Filmora.

Jika di Viva Video dan filmora memiliki kekuatan di color grading. Di KineMaster mempunyai fitur split footage. Jadi layar bisa di bagi bagi gitu. Seperti kata pepatah berbagi itu indah.

Di kienne master bisa berbagi. Eh maksudnya membagi video. Ini cocok banget buat kamu yang suka cover lagu namun malas ngedit pakai pc atau laptop. Cukup pakai HP dan ini sangat mudah.

Selain bisa membagikan layar menjadi beberapa bagian. Bisa empat layar yang tampil. Ada lagi yang saya suka dari KineMaster ini. Apa ayo? Yaitu Green screen. Eh bukan green screen layar hijau.

Green screen adalah nama wadahnya. Untuk nama efeknya sendiri itu dinamakan efek keying. Banyak istilahnya ada keying, chroma keyer, dll. Tiap aplikasi beda beda istilah.

Buat yang tidak tahu saya akan bahas sendikit.

Apa itu Green Screen

Green screen adalah layar hijau. Dimana ini hanya istilah dari seni video grafi atau fotografi. Sebenarnya tidak mesti menggunakan layar hijau. Layar biru juga bisa tergantung selera dan juga tergantung objek.

Pada dasarnya green screen digunakan bagi kamu yang ingin membuat video namun malas sama background yang biasa. Jadi ingin mengganti background. Gampang. Jika kalian shoot video di green screen.

Kalian bisa ganti background di paris. Atau di pantai gading bersama drogba. Atau mungkin ganti backgroundnya di rumah mantan bersama calon suami mantan. Owwwww Tragis.

Sudah paham kan apa itu greenscreen? Gimana keren kan? Di aplikasi kienne master ini bisa loh di gunakan efeknya. Keren.

Catatan:

Untuk mengaplikasikan greenscreen kalian harus shoot dilayar hijau, atau warna apapun yang tidak ada di objek. Jangan pakai warna hitam jika tidak mau rambut kalian juga ikutan hilang menjadi background. Kecuali rambut sobat warna abu-abu monyet atau warna ungu manja gitu.

Bagaimana tertarik dengan aplikasi editing video smartphone android diatas. Bisa kalian langsung download di playstore. Mudah banget. Ingat ini aplikasi gratisan pasti ada watermarknya. Jika tidak mau ada watermark beli lah yang original atau ngecrack. Tapi ingat crack itu ilegal loh.

Tapi semua kembali ke sobat sekalian.

Keuntungan Aplikasi Editing video smartphone vs PC

Android

Jika sobat memakai android untuk editing. Jelas proses lebih mudah. Karena tidak perlu membuka laptop dan memindahkan data. Jika kalian adalah videographer dari smartphone maka ini sangat menghemat waktu kalian.

Mengedit di android sangatlah fleksibel. Kalian bisa edit video dimana saja tanpa perlu boros space dan memberatkan barang bawaan sobat. Bisa sambil ngedit sembari menunggu kedatangan dosen. Apalagi dosen pembimbing yang doyan PHP.

Lumayan kan sambil nunggu menghasilkan karya. Jangan jangan pas dosennya datang sobat sudah keburu jadi Youtubers terkenal. Duh gak perlu skripsi lagi deh hehehhe.

Selain itu keuntungan ngedit dengan android adalah fiturnya yang sederhana namun mudah untuk di aplikasikan atau digunakan. Jadi sobat tidak perlu banyak mengkonsumsi obat sakit kepala karena pusing memikirkan cara ngedit video.

Keuntungan lain menggunakan aplikasi editing video di android adalah mudah di dapatkan. Berbeda degan aplikasi edit di laptop atau pc. Sobat harus download dengan size yang tidak kecil alias gede-gede.

Kebayang kuota yang dihabiskan. Kecuali sobat menggunakan wifi atau sobat adalah salah satu spesies pemburu wifi. Yang biasa lembur di kampus duduk dibawah pemancar wifi dalam kondisi jiwa yang Jomblo. Hadeh.

Selain kecil dibanding dengan aplikasi editing PC. Aplikasi edit video di android ini juga tidak ribet dalam registrasi. Walau rata-rata ada fitur freenya. Beda dengan di pc yang harus mencari crack crackan lagi. Itu juga kalau dapat.

Di PC atau Laptop

Untuk keuntungan aplikasi di laptop jelas fiturnya yang lebih banyak. Meskipun banyak untuk teknik awal editing tidak semuanya bisa menggunakan fitur – fitur ini. Jangan senang dan bahagia dulu mendengar fitur software PC yang banyak.

Percuma jika tidak bisa di aplikasikan ke video. Dan ingat tidak semua video membutuhkan fitur komplit. Karena fitur yang lebih advance biasanya tidak di aplikasikan ke video.

Bisa dikatakan ini adalah fitur pendukung yang tidak ada dan tidak terlalu dibutuhkan jika dibandingkan dengan aplikasi editing video yang ada di android. Jadi sekali lagi. Jika videonya simple mendingan edit di android.

Aplikasi edit video di laptop atau PC lebih leluasa dalam mengatur frame atau memotong bagian. Lebih lebih akan membantu dalam proses rendering. Karena space untuk menggeser frame atau video lebih luas.

Ini adalah permasalahan utama bagi kalian yang memiliki ukuran jari yang besar. Kecuali smartphone kalian besar atau kalian edit di tablet. Tidak masalah. Lanjutkan.

Kelebihan selanjutnya jika di PC lebih gampang mencari file-file pendukung. Seperti lagu. Dengan menggunakan pc atau laptop kita dapat search lagu di Youtube sambil edit.

Tinggal membuka tab baru. Berbeda dengan di android yang pada dasarnya cukup sulit untuk berpindah tab dari aplikasi ke browser apalagi jika memiliki ram yang pas- pasan. Itu akan jadi penghambat proses editing.

Selamat mencoba

Seperti itu kira kira informasi mengenai tiga aplikasi editing untuk android. Semoga membantu sobat. Jika ada pertanyaan bisa cari saya di Youtube.com/chardsonz.

Pemberitahuan :

Kemarin saya sempat posting mengenai Jadi Jutawan dengan BITCOIN Dan kebetulan saya mendapatkan web baru dan saya sudah upload videonya di Youtube.

Ini adalah video pembuktian apakah webnya bayar atau tidak. Dari pada penasaran mending langsung di lihat.

Oke sekian dulu postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. –Richard Goodboy (Think Smart Channel).


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :) Find me: Instagram : Chardsonz Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close