Internet

Bahaya, Beberapa Pekerjaan Terancam Hilang Karena AI dan Robot

Teknologi Selalu Menghadirkan dan Menghilangkan Pekerjaan

Awalnya, kehadiran teknologi ditujukan untuk membantu kehidupan manusia. Namun semakin pesatnya perkembangan teknologi, teknologi bukan hanya membantu manusia, namun mencoba menggantikan peran manusia.

Dalam salah satu postingannya, Android Authority mengatakan jika 25 persen pekerjaan terancam oleh AI dan robot pada 10 tahun ke depan. Lantas, pekerjaan apa saja yang terancam keberlangsungannya? Berikut ini pembahasannya.

Pekerjaan yang Hilang Karena AI dan Robot

Pada tahun 2017, Kantor Statistik Nasional Inggris telah melakukan penelitian dan merilis beberapa daftar pekerjaan yang paling berisiko untuk diganti karena kehadiran teknologi yang serba canggih.

Berikut ini daftarnya:

  • Pelayan – 73%
  • Penyusun rak produk di swalayan – 72%
  • Staf bar – 71%
  • Asisten dapur dan katering – 69%

Beberapa pekerjaan di atas keberadaannya memang sudah bisa digantikan. Namun, bukan pekerjaan itu saja yang terancam. Beberapa pekerjaan lain yang membutuhkan pelatihan khusus juga terancam oleh kemajuan teknologi, seperti:

  • Ahli gigi – 21%
  • Guru sekolah menengah – 21%
  • Pendidik profesional – 21%
  • Guru pendidikan tinggi – 20%
  • Ahli medis – 18%

Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan jika pekerjaan dari ahli gigi hingga ahli medis masih terbilang cukup aman atau risikonya rendah, karena untuk membuat teknologi canggih yang benar-benar menggantikan kelima pekerjaan di atas tidaklah mudah. Meskipun begitu, kelima pekerjaan  yang sudah disebutkan tetap rawan untuk digantikan.

Baca juga: Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia, 6 Teknologi Ini Kelewat Canggih

Semua Pekerjaan Tidak Ada yang Aman

Jika dipikir secara logis, semua pekerjaan tetap terancam oleh keberadaan AI dan robot. Jadi, bukan hanya sembilan pekerjaan yang sudah disebutkan saja yang terancam. Bahkan, pekerjaan influencer pun juga terancam.

Tidak percaya?

Lil Miquela adalah buktinya. Jadi, Lil Miquela ini bukanlah manusia melainkan sosok virtual yang belum diketahui siapakah pembuatnya sampai saat ini. Meski belum diketahui pembuatnya, sosok Miquela sudah menghasilkan banyak uang berkat kerja samanya dengan merek-merek ternama.

Jika di luar negeri ada nama Lil Miquela, maka di dalam negeri pun juga sudah ada sosok virtual yang menjadi seorang influencer. Adalah Cahaya Gram atau Aya yang saat ini jumlah pengikutnya di Instagram sudah mencapai 5 ribu lebih.

Baca juga: Dampak Buruk Teknologi, Salah Satunya Mengancam Karir Manusia?

Itulah bukti jika semua pekerjaan tetap terancam oleh kehadiran teknologi. Meskipun begitu, kita sebagai manusia tidak boleh takut. Kalaupun pekerjaan yang kita jalani ini akan digantikan oleh AI dan robot, pasti akan ada pekerjaan lain yang menanti.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close