Internet

Baru Diluncurkan, WhatsApp Pay Terpaksa Dihentikan di Brasil

Facebook, Inc. baru saja meluncurkan WhatsApp Pay di negara Brasil seminggu yang lalu. Negara Samba itu pun menjadi negara pertama yang bisa merasakan kemudahan mengirim uang seperti mengirim foto melalui WhatsApp.

Sayangnya, di usia peluncuran WhatsApp Pay yang masih sangat singkat, pihak Facebook harus mengalami kendala di mana saat ini penggunaan WhatsApp Pay harus dihentikan sementara oleh Bank Sentral Brasil.

Baca juga: Facebook Luncurkan WhatsApp Pay di Negara Brasil

Alasan WhatsApp Pay Dihentikan di Brasil

Melansir dari Reuters, (25/6/2020), Bank Sentral Brasil mengungkapkan alasan mengapa mereka menghentikan WhatsApp Pay. Alasannya adalah WhatsApp Pay diluncurkan tanpa melalui analisis mereka dari awal.

Menurut Bank Sentral, hal yang demikian itu bisa merusak sistem pembayaran di Brasil dari sisi persaingan, efisiensi, dan privasi data. Pihak Bank Sentral juga mengungkapkan, apabila Visa dan Mastercard tidak memenuhi aturan, maka Bank Sentral mengancam akan menjatuhkan sanksi administrasi.

Sebelum meluncurkan layanan WhatsApp Pay di Brasil, pihak Facebook telah menggandeng beberapa pihak, di antaranya adalah lembaga keuangan Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi. Kemudian, semua transaksi akan diproses oleh Cielo selaku perusahaan payment gateway.

Sebelumnya, Matt Idema di laman resmi perusahaan juga sudah mengatakan bahwasanya cara kerja WhatsApp Pay adalah dengan menghubungkan kartu debit atau kartu kredit Visa dan Mastercard ke WhatsApp. Layanan ini gratis bagi pengguna perseorangan, dan akan dikenai biaya untuk bisnis.

“Kami membangun fitur pembayaran dengan mempertimbangkan keamanan. Untuk mencegah transaksi yang tidak sah, 6 digit PIN khusus atau sidik jari akan diminta. Sebagai permulaan, kami akan mendukung kartu debit atau kredit dari Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi di jaringan Visa dan Mastercard.”

“Kami juga bekerja sama dengan Cielo yang merupakan pemroses pembayaran terkemuka di Brasil. Kami telah membangun sebuah model terbuka untuk mengundang lebih banyak mitra di masa mendatang.”

Baca juga: Mengapa WhatsApp Pay Tak Kunjung Meluncur di India?

Hingga kabar pemberhentian WhatsApp Pay ini naik ke permukaan, pihak Facebook beserta perusahaan yang terkait dalam penyelenggaraan WhatsApp Pay di Brasil masih enggan memberikan tanggapannya. Mengingat Bank Sentral telah mengeluarkan peraturan, tentu pihak Facebook harus mentaati peraturan yang sudah dibuat.

Masih melansir dari Reuters, sebelum operasi WhatsApp Pay dihentikan, Bank Sentral telah mengeluarkan peraturan yang memberikan regulator otoritas meminta pelaku pasar untuk mendapatkan izin sebelum beroperasi dalam pembayaran. WhatsApp sendiri meluncurkan layanan pembayaran digitalnya tanpa meminta izin dari Bank Sentral terlebih dahulu.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close