Tekno

Mengatasi Aplikasi Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Baterai menjadi alat vital untuk kelangsungan pengoperasian smartphone. Apabila baterai boros dan cepat habis, tentu akan ikut menghambat aktivitas mobile Anda. Tahukah Anda, bahwa aplikasi yang berjalan dibelakang layar menjadi penyebab baterai smartphone cepat habis.

Sebenarnya, penyebab utama baterai ponsel cepat habis bisa diakibatkan oleh beberapa hal, sehingga daya baterai terkuras dan tak sesuai dengan masa pemakaian.

BacaInilah 10 Faktor yang Membuat Baterai Menjadi Boros dan Cepat Habis

Untuk membantu baterai perangkat Android lebih tahan lama selama masa pakai perangkat, ada baiknya Anda juga merawat baterai smartphone.

Merawat baterai

Gunakan charger yang disertakan dengan perangkat

Charger atau adaptor daya lain (bukan bawaan) terkadang mengisi daya lebih lambat, tidak mengisi daya sama sekali, atau bahkan bisa merusak perangkat ataupun baterai.

Jaga agar smartphone tetap dalam kondisi dingin

Hindari kondisi yang menyebabkan ponsel menjadi panas. Baterai akan lebih cepat habis apabila dalam keadaan panas, meski perangkat tidak sedang digunakan.

Loading...

Hal semacam ini dapat merusak baterai ponsel Anda. (Ponsel akan menjadi hangat ketika dicolokkan ke sumber listrik, jangan mengisi baterai lebih lama daripada yang diperlukan.)

Isi daya baterai seperlunya saja

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan baterai, Anda tak perlu melakukan pengisian daya hingga berlebihan. Periksa status pengisian daya, apabila sudah penuh 100%, cabut aliran listrik.

Aplikasi bisa menjadi Penyebab baterai smarphone cepat habis

Apabila baterai lebih cepat habis dibandingkan penggunaan sebelumnya, periksa apakah ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak menguras daya baterai.

Dalam kasus seperti ini, biasanya suhu smartphone naik, sehingga terasa panas sewaktu dipegang.

Anda bisa buka pada pengaturan – Baterai – Peringkat

Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Dalam kondisi seperti ini, Anda dapat memaksa berhenti atau meng-uninstal aplikasi yang bermasalah.

Untuk mencegah baterai smartphone cepat habis, Anda juga dapat membatasi aplikasi yang paling banyak menggunakan daya baterai di latar belakang dengan cara sebagai berikut :

Catatan : Setiap perangkat mungkin sedikit berbeda antarmuka pada menu pengaturan.

Buka pada Pengaturan – Baterai – Peringkat – Penggunaan daya di latar belakang tinggi

Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Anda bisa me nonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar sesuai keinginan.

Paksa berhenti aplikasi yang bermasalah

Sebenarnya, Anda tidak perlu menutup aplikasi, kecuali memang ada masalah dengan aplikasi tersebut, contohnya terjadi lag (gambar berhenti, disentuh tidak bereaksi).

Menutup aplikasi dengan cara menggeser, sebenarnya tidak membuat aplikasi tersebut tertutup dan masih berjalan di belakang layar. Hal semacam ini yang membuat baterai smartphone cepat habis.

Untuk benar-benar menutup aplikasi, Anda dapat memaksa berhenti aplikasi tersebut. Memaksa berhenti dan memulai ulang aplikasi ini sama halnya dengan “hard reboot“.

Untuk memaksa berhenti aplikasi di perangkat,

Buka setelan / pengaturan lainnya – Aplikasi -Terpasang – Pilih aplikasi dari daftar -Paksa berhenti.

Sebagai catatan, fitur “paksa berhenti”ini tidak tersedia untuk semua aplikasi, seperti aplikasi bawaan dari ponsel atau layanan Google.

Baca31 Aplikasi Android Boros Baterai, Kuota Internet dan Memori serta Cara Mengetahuinya

Apabila masalah muncul kembali setelah Anda memulai aplikasi yang dihentikan, Anda dapat meng-uninstal aplikasi tersebut.



Loading...

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

One Comment

  1. Wah… Pantasan baterai dan HP saya cepat habis dan panas, ternyata banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang. ditambah lagi aplikasi yang banyak menguras baterai. Terimakasih Informasinya, sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button