Tekno

Beberapa Fitur di iOS 10 Ini Tidak Tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5c

Beberapa Fitur di iOS 10 Ini Tidak Tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5c – Setelah dirilis versi finalnya pada tanggal 7 September kemarin, iOS 10 benar-benar membawa perubahan besar dari segi tampilan, User Interface (UI), penambahan fitur-fitur terbaru, dan masih banyak lagi tentunya.

Tidak semua seri iPhone mendapatkan pembaruan ke iOS 10 ini, seperti iPhone 4s misalnya. Padahal kalau kita ulas balik, kemarin iPhone 4s masih bisa mencicipi iOS 9. Tetapi, saat ini iPhone 4s tidak bisa lagi mencicipi update ke iOS 10, alasan pertama adalah hardware dan alasan kedua adalah strategi marketing Apple. Apple jahaaat.. Hiks

Meskipun seri iPhone 5 adalah iPhone terlawas yang masih bisa mencicipi iOS 10, namun tidak semua pembaruan tersebut dapat dinikmati oleh pengguna iPhone 5 dan iPhone 5c, yang dalam hal ini memiliki spesifikasi hardware tidak jauh berbeda.

Apa sajakah fitur di iOS 10 yang tidak bisa digunakan di iPhone 5 dan iPhone 5c?

Cek beberapa ulasan berikut.

Raise to Wake

ios_10_raise_to_wake

Sengaja fitur di iOS 10 ini saya bahas di bagian pertama, sebab saya sangat menantikan kedatangan fitur baru yang sempat heboh pada saat rumor kemarin. Awalnya saya sempat berharap bahwa fitur tersebut bisa dijalankan di semua jenis perangkat iOS yang mendukung iOS 10.

Nyatanya, di iPhone 5 saya fitur ini tidak ada, saya sudah cari kemana-mana.. *back sound Ayu Tingting – Alamat Palsu*

Raise to Wake itu sendiri adalah sebuah fitur dimana ketika kita mengaktifkan iPhone tidak lagi harus menekan tombol power/home. Jadi, cukup dengan mengangkat iPhone dari meja lalu dengan posisi menghadap ke wajah kita, ia akan hidup dengan sendirinya. Wow.. Warbyazaaah bukan?

Loading...

Perangkat iOS yang bisa menikmati fitur ini diantaranya iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE. Lalu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus kemana? Bukankah belum terlalu jadul-jadul amat?

Rich Notification

Fitur di iOS 10

Rich Notification adalah fitur dimana kamu bisa melakukan membalas langsung sebuah pesan yang terdapat di Notification Center, tidak jauh berbeda sebenarnya sistemnya dengan direct reply pada iOS sebelumnya, namun yang menjadikannya berbeda adalah kamu bisa melihat chat sebelumnya. Jadi, terkesan lebih luas cakupannya.

Kamu bisa membandingkannya antara iPhone 5/iPhone 5c dengan seri iPhone di atasnya. Namun, beberapa aplikasi chatting seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan aplikasi chatting lainnya belum mendukung untuk fitur ini, kemungkinan para pengembang akan segera menyesuaikan di update selanjutnya.

Photos Memories

ios-10-photos-memories

Ini dia salah satu fitur di iOS 10 yang menarik, yakni aplikasi Photos yang semakin pintar. Aplikasi Photos bisa mengidentifikasi objek, tempat, wajah, serta momen-momen tertentu. Juga adanya tambahan fitur Photos Memories.

Dengan adanya fitur Photos Memories di app Photos, kamu bisa mendapatkan membuat album video keren dalam rangkuman foto setiap pekan atau bulan.

Fitur-Fitur Lain yang Tidak Tersedia

apple-pay

Beberapa fitur lainnya dari iOS 10 yang tidak tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5c yang kami rangkum mulai dari iOS 9 kemarin, diantaranya:

  1. Night Shift Mode
  2. 3D Touch
  3. Touch ID
  4. Apple Pay
  5. Safari Content Blockers
  6. Voicemail Transcription (mengubah voicemail menjadi teks)
  7. Burst photos dan Slo-Mo Video
  8. Apple Motion Processor untuk Pedometer
  9. Dukungan Metal API

Bagi teman-teman yang masih berada di iPhone 3G, 3GS, 4G, dan 4S dan ingin mencicipi iOS 10 saya sarankan untuk upgrade ke perangkat iOS di atasnya, minimal iPhone 5 jika memang budgetnya pas-pasan. Dan bagi teman-teman yang punya budget lebih, langsung upgrade saja ke versi yang lebih tinggi agar tidak ketinggalan nantinya. Sebab, prediksi saya iPhone 5 dan iPhone 5c tahun depan jiuga tidak akan kebagian update iOS 11. Hiks..

Baca Juga:

Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button