Blogging

Penasaran Sama Blogger? Ini Beberapa Kelebihan Menjadi Seorang Blogger

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Menjadi seorang blogger merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian kalangan, karena memang untuk menjadi seorang blogger identik dengan orang-orang yang memiliki hobi berupa menulis dan membaca. Dan pada postingan ini kita bakal ngebahas tentang Beberapa Kelebihan Menjadi Seorang Blogger.

Dengan memiliki blog kita dapat berbagi apa yang kita tau, kita dapat menulis konten berupa tutorial, tips, trik, dan berbagai yang lainnya. Dan dari sebuah blog kita juga dapat mendapatkan pahala loh (InsyaAllah), yakni dengan memberikan konten berupa ceramah agama Islam.

Namun tentu si penulis harus memiliki ilmu pada bidang tersebut. Maka dari itu kita para blogger yang memang tidak memiliki ilmu tinggi dalam bidang agama namun kita ingin memiliki pahala jariyah yang terus mengalir, kita dapat membantu para ustadz berdakwah lewat blog kita.

Kita dapat memberikan akses kepada para Ustadz untuk bisa menulis ceramah di blog kita, atau kita juga dapat menyebarkan tulisan-tulisan atau video ceramah para Ustadz di blog kita.

Dan ternyata dari sebuah blog kita juga dapat mendapatkan penghasilan dari blog tersebut loh. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya blog kita dapat menghasilkan uang, yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Menyediakan slot iklan bagi para pengunjung yang ingin memasarkan produknya
  2. memberikan layanan berupa jasa review kepada para pengunjung yang juga ingin memasarkan produknya,
  3. dll

Betapa banyaknya manfaat blog di jaman sekarang ini bagi para penulis maupun bagi para pembaca. Namun begitulah, terkadang ada juga orang-orang yang pengangguran yang membuat postingan atau konten berupa [email protected], software crack atau bajakan, film-film bajakan, hal-hal yang bodoh lainnya. Dan hal ini tentu sangat melanggar dalam aturan agama maupun aturan negara.

Maka sangat penting sekali bagi pemerintah untuk memblokir situs-situs semacam itu. Sehingga generasi penerus Indonesia ini menjadi orang yang bersih dari hal-hal yang membuat mereka terkontaminasi oleh hal-hal yang tidak baik.

Oke kita kembali ke topik utama. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang berbagai kelebihan memilih pekerjaan berupa blogger.

Beberapa Kelebihan Menjadi Seorang Blogger

kelebihan menjadi seorang blogger

Ada berbagai macam kelebihan atau hal positif menjadi seorang blogger, beberapa hal tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Kerja dengan bebas
  2. Kerja tanpa tekanan
  3. Kerja dengan bayaran sesuai “kerja”
  4. Kerja sekaligus beramal

Ya, hanya 4 hal yang akan kita bahas di artikel ini. Artinya juga menurut saya ada 4 hal positif yang dapat kita dapatkan ketika kita memilih blogger sebagai pekerjaan kita.

Namun tentu teman-teman semua dapat menambahkan beberapa hal positif yang dapat dirasakan oleh para pekerja blogger. Mari langsung saja kita bahas, ini dia beberapa kelebihan menjadi seorang blogger.

1. Kerja dengan bebas

Kelebihan menjadi seorang blogger yang paling utama adalah kita dapat bekerja dengan bebas. Artinya, kita dapat bekerja dengan bebas tanpa ada batasan waktu. Dengan kata lain kita dapat bekerja menjadi blogger di waktu pagi, siang, sore, dan lainnya.

Gampangannya, kita itu pekerja bawahan sekaligus kita juga seorang bos. Dimana kita lah yang menentukan kapan kita mulai bekerja, istirahat, dan juga selesai bekerja.

Kita juga bebas mau ngapain, saat kita sudah mulai penat, kita bisa istirahat sebentar tanpa ditegur sama orang lain, lah wong kita kerjanya juga bebas.

Namun tentu bebas bukan berarti kamu bisa melakukan apa saja loh ya, kamu tentu tetap terikat dengan berbagai peraturan agama maupun negara. Kalau sudah waktunya sholat tentu tutup PC atau laptop sebentar, ambil wudhu, pakai pakaian yang bagus, lalu langsung pergi ke musholla atau masjid terdekat untuk melakukan sholat berjama’ah disana.

Nah karena kita bekerja dengan bebas, kau juga dapat mengetahui atau memantau apa saja yang terjadi di keluarga kamu. Misal istri mau belanja, tentu harus pamit dulu ke kamu, sehingga hal tersebut dapat dengan mudah dan praktis.

Kamu juga bisa disambi dengan bermain-main dengan anak-anak kamu, karena memang pendidikan pertama bagi anak adalah Ibu, dan juga ayah mungkin perlu ikut andil dala pendidikannya. Mencontohkan akhlak yang mulia dan mengajari berbagia macam pelajaran yang baik untuknya.

Selain itu kamu juga dapat dengan mudah untuk bercengkrama dengan istri, atau sekedar meluangkan waktu untuk bersama keluarga.

2. Kerja Tanpa Tekanan

Kita bisa melihat kelebihan menjadi seorang blogger adalah bekerja tanpa adanya tekanan. Bagian yang kedua ini mungkin hampir mirip dengan bagian yang pertama. Dimana kita saat menjadi seorang blogger, kita menjadi seorang pegawai bawahan sekaligus kita juga menjadi seorang bos.

Ya, kita dapat mengatur waktu kita sendiri dalam bekerja, kita pula dapat mengatur waktu untuk memulai bekerja, istirahat, dan juga selesai bekerja, kita pun gak akan dimarahin oleh client, atau siapa, karena memang kita di sini yang menyediakan konten, bagus atau tidak bagus konten yang kita buat tentu kita yang rugi sendiri.

Namun tentu mau tidak mau kita harus membuat konten blog yang bermanfaat dan tidak menimbulkan hal-hal yang membuat orang lain merasa dirugikan.

Karena memang dengan membuat konten yang baik membuat orang-orang menjadi tertarik untuk berkunjung ke blog kamu, apalagi konten yang dibuat dapat menyelesaikan masalah dari para pembaca sampai tuntas, nah hal tersebut bagus.

Tapi tentunya konten yang dibahas adalah konten yang memiliki tema yang baik dan tidak menyalahi aturan agama serta negara ya.

Dengan bekerja tanpa tekanan juga membuat para blogger dapat dengan mudah menulis konten tanpa ada perintah dari orang lain, artinya suka-suka si blogger itu sendiri mau nulis konten yang modelnya gimana.

3. Kerja dengan bayaran sesuai “Kerja”

Beberapa kelebihan menjadi seorang blogger yang lain adalah dengan bekerja dengan bayaran yang sesuai dengan kerja si blogger tersebut. Artinya begini, semakin keras kerja dari si blogger tersebut, maka kemungkinan besar bayaran yang diperoleh oleh si blogger tersebut juga semakin besar, InsyaAllah.

Dan sebaliknya, apabila si blogger semakin malas dalam bekerja menulis konten di blognya, maka earning dari blog tersebut juga kemungkinan besar semakin sedikit.

Maka dari itu menjadi seorang blogger memang seperti pekerjaan umumnya, kita harus giat dala bekerja atau kita harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang juga bagus.

Dan memang dalam Islam tidak boleh memiliki sifat malas dalam bekerja.

Baca juga : Eka Lesmana, Blogger Sukses Meraup Ribuan Dollar dari Google Adsense

4. Kerja Sekaligus Beramal

Beberapa kelebihan menjadi seorang blogger yang bermanfaat adalah dengan bekerja sekaligus juga beramal. Seperti yang saya katakan pada awal artikel ini, dengan mempunyai blog, kita dapat menulis konten-konten Islami di situ. Kita dapat melakukan share ceramah Ustadz di blog kita, sehingga hal tersebut menjadi ilmu yang bermanfaat yang kita sebar luaskan, dan tentunya menjadi amal jariyah bagi kita, Insya Allah.

Maka dari itu dengan menjadi seorang blogger kita juga memiliki peluang untuk mendapatkan pahala jariyah.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Embed video ceramah dari Ustadz
  2. memberikan link referensi menuju website para Ustadz seperti Rumaysho.com, Muslimafiyah.com, Konsultasisyariah.com, dan yang lain sebagainya.

Penutup

Nah sekian artikel ini saya buat, semoga artikel ini dapat membantu para sobat sekalian dalam meningkatkan kualitas konten di blog sobat, mari usahakan agar Indonesia ini menjadi negara yang baik dengan melalui para blogger dengan memproduksi konten-konten yang baik untuk para pembaca di Indonesia.

Sekian artikel ini saya sampaikan, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

One Comment

  1. Memang artikel diatas banyak benarnya sob..

    Daripada menjadi karyawan mending jadi blogger ya… Hehe, pisss..

    Salam kenal yah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close