InternetPenipuan Online

3 Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

3 cara aman belanja online – Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini membuat tren penjualan sedikit berubah. Mereka tidak lagi melirik konsumen secara nyata atau secara langsung, namun memanfaatkan jaringan internet atau dunia sosial media. Saat ini banyak sekali orang-orang yang menawarkan barang maupun jasanya melalui internet baik website maupun sosial media.

Tentu dengan adanya perkembangan tren model belanja online mempermudah dalam melakukan transaksi. Namun mudah bukan berarti kita dapat mempercayakan segala transaksi melalui internet, sebab kita juga harus berhati-hati dengan transaksi yang kita lakukan. Banyak sekali konsumen yang merasa kecewa karena banyak transaksi melalui media online yang berujung dengan penipuan.

Contohnya seperti barang tidak dikirim, hingga barang tidak sesuai real picture atau yang dipasang dalam iklan.

Tidak sedikit orang yang takut menggunakan media online untuk berbelanja. Ketakutan tersebut sangat mendasar sekali, mengingat saat ini banyak penjual bodong dengan akun-akun palsu nya yang semakin meresahkan dan membuat kita was-was saat memutuskan berbelanja online. Berikut beberapa cara aman belanja online yang penulis rangkum untuk pembaca setia klikmania.net.

3 Cara aman melakukan belanja online

1. Testimoni

Hal yang paling mudah dan dapat kita percaya bahwa itu akun milik penjual terpercaya bisa dilihat dari testimoni. Testimoni sendiri merupakan respon pelanggan atau konsumen yang pernah melakukan transaksi. Apabila testimoni produk terhadap akun tersebut baik dan natural, kemungkinan besar anda juga akan mendapatkan pelayanan baik dengan harga dan transaksi yang aman dan baik pula.

2. Banyak orang sudah tahu atau familiar

Memilih alamat atau pihak penjual untuk belanja secara online saat ini banyak sekali dan mudah. Hingga kita tak kebingungan memilih mempercayakan pada siapa kita melakukan transaksi tersebut. Pastikan kita melakukan transaksi dengan akun atau pihak-pihak yang cukup familiar atau dikenal masyarakat secara positif. Asumsi atau penilaian masyarakat terhadap sebuah situasi dan kondisi terbentuk dari transaksi-transaksi yang dilakukan masyarakat, bisa dijadikan tolak ukur aman atau tidaknya berbelanja secara online.

3. Memiliki kejelasan

Memiliki kejelasan yang dimaksud seperti alamat milik pihak penjual yang terpercaya. Seperti alamat rumah atau toko yang jelas dan semacamnya. Jangan sekali-kali anda melakukan transaksi atau berbelanja dengan pihak yang sulit dihubungi. Misalnya respon terlalu lama, tidak ramah, tidak transparan dan selalu berganti-ganti nomor.

Referensi lain : 3 Cara Membangun Toko Online Agar Tetap Bisa Bertahan Jangka Panjang

Loading...

Nah itulah beberapa tips singkat tentang cara aman belanja online. Jangan tergiur dengan harga murah, walaupun harga mahal tak menjamin kualitas dan terjadinya penipuan, pada umum nya penipu selalu memberikan harga yang sangat murah.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

2 Comments

  1. memang banyak yang harus diperhatikan bilamana ingin melakukan transaksi online. Tips diatas sangat membantu sekali untuk mewaspadai terjadinya kerugian besar bagi konsumen.

    1. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak komentar. Kedepan belanja online menjadi umum dan akan banyak digunakan oleh orang Indonesia, semoga tulisan di atas menjadi abadi dan bermanfaat untuk semua kalangan. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button