Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense. Mendapatkan uang jutaan rupiah dari Google Adsense adalah salah satu impian setiap blogger di Indonesia termasuk saya. Namun untuk mendapatkan penghasilan yang besar tentu dibarengi juga dengan kerja keras dan pengorbanan yang besar pula. Mulai dari membangun blog, mendaftarkan blog ke Google Adsense sampai trik trik meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Dan semua proses tersebut pasti akan dialami oleh setiap publisher Google Adsense diseluruh dunia lebih khusus di Indonesia.

Pembahasan kali ini saya akan lebih fokus mengupas masalah salah satu fitur dari Google Adsense yaitu ” Matched Content “. Bagi para publisher senior mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur ini namun bagi pemula tentu bertanya tanya. ” Apa sie fitur Matched Content ini ??? Dan apa pengaruhnya terhadap penghasilan Google Adsense kita ??? “. Ok berikut dibawah ini saya berikan penjelasannya satu persatu.

Apa Itu Fitur Matched Content ??

Matched Content atau Konten Yang Sesuai adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten Anda kepada pengunjung situs. Atau dalam bahasa gampangnya Matched Content ini fungsinya hampir mirip dengan Related Post. Perbedaannya adalah Matched Content itu pemberian dari Google Adsense sedangkan Related Post adalah settingan pribadi. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Matched Content Dari Google Adsense

Gambar diatas adalah contoh iklan Matched Content dari Google Adsense dengan ciri ciri ada tulisan Powered By Google dipojok kanan atas. Sedangkan untuk Related Post yang kita atur sendiri tampilannya tidak seperti Matched Content diatas. Dan tampilannya menyesuaikan Theme atau Template blog yang digunakan. Berikut contoh tampilah Related Post.

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Related Post

Untuk fungsi dari fitur Matched Content dan juga Related Post sebenarnya sama yaitu untuk meningkatkan jumlah Page View. Sehingga pengunjung akan lebih lama berkelana didalam blog yang kita kelola.

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Setelah mengetahui apa itu fitur Matced Content langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan Matched Content ini. Karena tidak semua blog atau website yang sudah memiliki akun Google Adsense mendapatkan fitur tambahan ini. Hanya blog yang terpilih saja yang bisa menggunakan fitur Matched Content ini dan salah satunya adalah blog ” Klikmania “ yang sedang kita baca ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merayu Google agar kita bisa diberikan fitur istimewa ini. Di antaranya adalah.

1. Jumlah Trafik

Beberapa senior saya dalam hal blogging banyak menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur ini kita harus memiliki jumlah trafik yang besar setiap harinya. Bahkan angka yang disebutkan berkisar ” Puluhan Ribu “ PV ( Page View ). Ini tentu saja membuat saya agak minder dan tidak terlalu berharap untuk mendapatkan fitur istimewa ini dari Google Adsense.

Tapi ternyata kenyataan berbicara lain. Saya mendapatkan fitur Matched Content dengan trafik yang hanya berkisar antara 1500 sampai 2000 saja perharinya. Jadi kesimpulannya trafik memang berpengaruh dalam mendapatkan Matched Content ini namun angka puluhan ribu tersebut ternyata hanya mitos saja. Karena dengan PV 2000 pun kita masih bisa mendapatkan fitur tambahan ini.

PV tidak harus puluhan ribu, saya 2000 PV perhari pun bisa mendapatkan fitur Matched Content

2. Jumlah Artikel

Cara mendapatkan Matched Content selanjutnya adalah masalah jumlah artikel dalam satu blog. Kita harus memiliki artikel yang memadai sehingga fitur ini maksimal dan bisa lebih meningkatkan PV dari blog yang kita kelola.

Dari informasi terakhir yang saya dengar bahwa untuk mendapatkan fitur Matched Content harus memiliki setidaknya 450 artikel. Namun sekali lagi bahwa itu hanyalah mitos. Karena saya mendapatkan fitur ini saat jumlah artikel dalam blog saya hanya 233 saja.

Jumlah artikel tidak harus 450 ke atas untuk mendapatkan fitur ini, saya dengan artikel 233 pun bisa mendapatkannya

3. Situs Dimonetisasi Secara Optimal

Dalam halaman resminya Google menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur ini situs harus dimonetisasi secara optimal. Optimal disini bukan berarti menampilkan iklan sebanyak banyaknya apalagi sekarang ini penempatan iklan Google Adsense sudah tidak dibatasi lagi.

Optimal berarti kita menempatkan iklan sesuai dengan TOS Google tanpa melanggar apapun yang tidak diperbolehkan. Cara mengoptimalkan monetisasi situs ini pun bisa bermacam macam. Diantaranya adalah :

  • Eksperimen penempatan iklan
  • Eksperimen jenis dan ukuran iklan

4. Konsisten Menulis Artikel

Sebenarnya ini tidak disebutkan dalam halaman resmi Google mengenai Matched Content atau Konten Yang Sesuai. Namun menurut saya update artikel secara rutin ini sangat penting sekali. Alasannya adalah untuk memberikan kesegaran kepada pembaca setia blog kita dan juga agar Google menganggap blog kita masih aktif dan di monetisasi secara optimal.

Selain itu menulis artikel secara rutin juga bisa membuat tangan kita lebih lentur dalam mengetik dan sinkronisasi dengan otak kita dalam merangkai kata kata. Tentu saja masih banyak sekali manfaat lainnya dari update secara rutin blog yang kita kelola.

Cara Memasang Matched Content Didalam Blog

Cara Mendapatkan Matched Content

Setelah mendapatkan fitur Matched Content langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memasangnya didalam blog. Bagaimanakah caranya ?? Langsung saja saya berikan urutan singkatnya dibawah ini.

  1. Masuk ke akun AdSense anda.
  2. Di panel navigasi sebelah kiri, klik Iklan saya.
  3. Klik Konten.
  4. Klik + Unit iklan baru.
  5. Pilih Bawaan, lalu klik Konten yang sesuai.
  6. Gunakan tarik turun di pojok atas area pratinjau untuk melihat situs Anda yang layak untuk Konten yang sesuai. Pelajari lebih lanjut situs yang layak.
  7. Beri nama unit Konten yang sesuai.
  8. Di bagian “Gaya”, ubah gaya unit Konten yang sesuai agar sesuai dengan situs Anda.
  9. Di bagian “Ukuran”, pilih ukuran iklan yang sesuai dengan tata letak Anda ( disarankan untuk menggunakan responsif ).
  10. Jika Anda layak untuk monetisasi Konten yang sesuai, di bagian “Opsi iklan”, pilih apakah Anda ingin menampilkan iklan di unit Konten yang sesuai
  11. Klik Simpan dan dapatkan kode.
  12. Salin dan tempelkan kode iklan tersebut ke kode sumber HTML laman mana pun di situs Anda yang disetujui. Sebaiknya tempatkan unit Konten yang sesuai tepat di bawah artikel (di paro bawah), dan di atas atau di bawah unit iklan. Lihat praktik terbaik berikut ini untuk informasi selengkapnya mengenai cara menempatkan unit Konten yang sesuai.

Perlu diketahui bahwa fitur Matched Content ini bertujuan untuk meningkatkan PV bukan untuk menambah earning Adsense. Jadi seberapa sering pun orang mengklik Matched Content milik kita tidak akan menambah jumlah earning. Tapi perlu di ingat juga jika PV meningkat otomatis pendapatan atau earning Adsense akan meningkat pula.

Demikianlah pembahasan mengenai Apa Itu Matched Content ?? Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense dan Cara Memasang Matched Content kedalam blog. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan

Related Posts

About The Author

34 Comments

  1. Nisa
  2. adhikarta

Add Comment

shares