Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense. Mendapatkan uang jutaan rupiah dari Google Adsense adalah salah satu impian setiap blogger di Indonesia termasuk saya. Namun untuk mendapatkan penghasilan yang besar tentu dibarengi juga dengan kerja keras dan pengorbanan yang besar pula. Mulai dari membangun blog, mendaftarkan blog ke Google Adsense sampai trik trik meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Dan semua proses tersebut pasti akan dialami oleh setiap publisher Google Adsense diseluruh dunia lebih khusus di Indonesia.

Pembahasan kali ini saya akan lebih fokus mengupas masalah salah satu fitur dari Google Adsense yaitu ” Matched Content “. Bagi para publisher senior mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur ini namun bagi pemula tentu bertanya tanya. ” Apa sie fitur Matched Content ini ??? Dan apa pengaruhnya terhadap penghasilan Google Adsense kita ??? “. Ok berikut dibawah ini saya berikan penjelasannya satu persatu.

Apa Itu Fitur Matched Content ??

Matched Content atau Konten Yang Sesuai adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten Anda kepada pengunjung situs. Atau dalam bahasa gampangnya Matched Content ini fungsinya hampir mirip dengan Related Post. Perbedaannya adalah Matched Content itu pemberian dari Google Adsense sedangkan Related Post adalah settingan pribadi. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense
Matched Content Dari Google Adsense

Gambar diatas adalah contoh iklan Matched Content dari Google Adsense dengan ciri ciri ada tulisan Powered By Google dipojok kanan atas. Sedangkan untuk Related Post yang kita atur sendiri tampilannya tidak seperti Matched Content diatas. Dan tampilannya menyesuaikan Theme atau Template blog yang digunakan. Berikut contoh tampilah Related Post.

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense
Related Post

Untuk fungsi dari fitur Matched Content dan juga Related Post sebenarnya sama yaitu untuk meningkatkan jumlah Page View. Sehingga pengunjung akan lebih lama berkelana didalam blog yang kita kelola.

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Setelah mengetahui apa itu fitur Matced Content langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan Matched Content ini. Karena tidak semua blog atau website yang sudah memiliki akun Google Adsense mendapatkan fitur tambahan ini. Hanya blog yang terpilih saja yang bisa menggunakan fitur Matched Content ini dan salah satunya adalah blog ” Klikmania “ yang sedang kita baca ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merayu Google agar kita bisa diberikan fitur istimewa ini. Di antaranya adalah.

1. Jumlah Trafik

Beberapa senior saya dalam hal blogging banyak menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur ini kita harus memiliki jumlah trafik yang besar setiap harinya. Bahkan angka yang disebutkan berkisar ” Puluhan Ribu “ PV ( Page View ). Ini tentu saja membuat saya agak minder dan tidak terlalu berharap untuk mendapatkan fitur istimewa ini dari Google Adsense.

Loading...

Tapi ternyata kenyataan berbicara lain. Saya mendapatkan fitur Matched Content dengan trafik yang hanya berkisar antara 1500 sampai 2000 saja perharinya. Jadi kesimpulannya trafik memang berpengaruh dalam mendapatkan Matched Content ini namun angka puluhan ribu tersebut ternyata hanya mitos saja. Karena dengan PV 2000 pun kita masih bisa mendapatkan fitur tambahan ini.

PV tidak harus puluhan ribu, saya 2000 PV perhari pun bisa mendapatkan fitur Matched Content

2. Jumlah Artikel

Cara mendapatkan Matched Content selanjutnya adalah masalah jumlah artikel dalam satu blog. Kita harus memiliki artikel yang memadai sehingga fitur ini maksimal dan bisa lebih meningkatkan PV dari blog yang kita kelola.

Dari informasi terakhir yang saya dengar bahwa untuk mendapatkan fitur Matched Content harus memiliki setidaknya 450 artikel. Namun sekali lagi bahwa itu hanyalah mitos. Karena saya mendapatkan fitur ini saat jumlah artikel dalam blog saya hanya 233 saja.

Jumlah artikel tidak harus 450 ke atas untuk mendapatkan fitur ini, saya dengan artikel 233 pun bisa mendapatkannya

3. Situs Dimonetisasi Secara Optimal

Dalam halaman resminya Google menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur ini situs harus dimonetisasi secara optimal. Optimal disini bukan berarti menampilkan iklan sebanyak banyaknya apalagi sekarang ini penempatan iklan Google Adsense sudah tidak dibatasi lagi.

Optimal berarti kita menempatkan iklan sesuai dengan TOS Google tanpa melanggar apapun yang tidak diperbolehkan. Cara mengoptimalkan monetisasi situs ini pun bisa bermacam macam. Diantaranya adalah :

  • Eksperimen penempatan iklan
  • Eksperimen jenis dan ukuran iklan

4. Konsisten Menulis Artikel

Sebenarnya ini tidak disebutkan dalam halaman resmi Google mengenai Matched Content atau Konten Yang Sesuai. Namun menurut saya update artikel secara rutin ini sangat penting sekali. Alasannya adalah untuk memberikan kesegaran kepada pembaca setia blog kita dan juga agar Google menganggap blog kita masih aktif dan di monetisasi secara optimal.

Selain itu menulis artikel secara rutin juga bisa membuat tangan kita lebih lentur dalam mengetik dan sinkronisasi dengan otak kita dalam merangkai kata kata. Tentu saja masih banyak sekali manfaat lainnya dari update secara rutin blog yang kita kelola.

Cara Memasang Matched Content Didalam Blog

Cara Mendapatkan Matched Content

Setelah mendapatkan fitur Matched Content langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memasangnya didalam blog. Bagaimanakah caranya ?? Langsung saja saya berikan urutan singkatnya dibawah ini.

  1. Masuk ke akun AdSense anda.
  2. Di panel navigasi sebelah kiri, klik Iklan saya.
  3. Klik Konten.
  4. Klik + Unit iklan baru.
  5. Pilih Bawaan, lalu klik Konten yang sesuai.
  6. Gunakan tarik turun di pojok atas area pratinjau untuk melihat situs Anda yang layak untuk Konten yang sesuai. Pelajari lebih lanjut situs yang layak.
  7. Beri nama unit Konten yang sesuai.
  8. Di bagian “Gaya”, ubah gaya unit Konten yang sesuai agar sesuai dengan situs Anda.
  9. Di bagian “Ukuran”, pilih ukuran iklan yang sesuai dengan tata letak Anda ( disarankan untuk menggunakan responsif ).
  10. Jika Anda layak untuk monetisasi Konten yang sesuai, di bagian “Opsi iklan”, pilih apakah Anda ingin menampilkan iklan di unit Konten yang sesuai
  11. Klik Simpan dan dapatkan kode.
  12. Salin dan tempelkan kode iklan tersebut ke kode sumber HTML laman mana pun di situs Anda yang disetujui. Sebaiknya tempatkan unit Konten yang sesuai tepat di bawah artikel (di paro bawah), dan di atas atau di bawah unit iklan. Lihat praktik terbaik berikut ini untuk informasi selengkapnya mengenai cara menempatkan unit Konten yang sesuai.

Perlu diketahui bahwa fitur Matched Content ini bertujuan untuk meningkatkan PV bukan untuk menambah earning Adsense. Jadi seberapa sering pun orang mengklik Matched Content milik kita tidak akan menambah jumlah earning. Tapi perlu di ingat juga jika PV meningkat otomatis pendapatan atau earning Adsense akan meningkat pula.

Demikianlah pembahasan mengenai Apa Itu Matched Content ?? Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense dan Cara Memasang Matched Content kedalam blog. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.



Loading...

Tentang Penulis: Mukhamad Aristo

Saya adalah seorang yang memiliki hobi travelling dan fotografi. Silahkan kunjungi blog pribadi saya di www.aristo.id. Support anda adalah semangat saya untuk terus berkarya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 comments

  1. saya jelasin Iklan Matched conten itu tidak sedikitpun berpatokan pada jumlah visitor,saya aslinya jujur buat teman teman, ..iklan matced konten pd blog aku cuma pakai template masugeng+jumlah artikel saya sekitar 200 blog aku dibuat tahun 2015 aslinya. cuman saya tegaskan postingan kita harus benar benar asli no kopi paste gan. saya juga heran jumlah visitor blog saya cuma 150/day tp dapet matched conten…dan agan juga klo lihat blog saya tidak bakalan suka gak terlihat profesional gak sekelas klikmania ini hehe tpi alhamdulillah dapet itu iklan sekelas Mtcd conten.

  2. Alhamdulilah saya juga dipercaya oleh adsense untuk menampilkan iklan matched content padahal masih blogspot dan pv sekitar 2100 perhari, padahal blog 1 lagi ada yang nyampe 3000 lebih perhari tapi tidak bisa menggunakan iklan ini.

  3. Wahh harus semangat lagi nih.. blog saya sudah ada 173 artikel dan pv 1000 per hari tapi masih belum dapet jenis iklan Content Matched :'( Doahkan sukses ya min hehe 😀

  4. Wah lumayan berat jug ayah buat dapetin fitur ni. Tapi dpt juga loh mas penghasilan dri klik iklan matchcontent. Namun besarannya biasanya 10% dari harga klik iklan normal. Misal indo cpc 500. Nah iklan MC ni skitra 50 rupiah. Info dri dashboard tetangga. Hehe

  5. bener blog saya juga dpt match konten ini, padahal artikel masih 140, dan pengunjug juga masih 800an, udah dapat, syaratnya ga sulit seperti dulu,asal blog domain TLD, artikel update, visitor 500an dapat

  6. Barusan tadi mencoba menerapkan ilmunya,tapi blm bisa,soalnya Sy masih bingung tentang Arti BAWAAN pada poin 5 di atas,karena akun Adsense Sy dlm bahasa inggris..jadi kurang ngerti gitu…Apkh arti bawaan itu defalut…?Kalau iya di mana letak Tulisannya atau tombolnya….Mohon pencerahannya Mas…

  7. Barusan tadi mencoba menerapkan ilmunya,Eh tapi belum bisa,karena masing bingung soalnya…..karena Sy juga gak ngerti dengan KLIK BAWAAN pd point 5 di atas,maksudnya KLIK BAWAAN itu apa ya?Soalnya Akun Adsense Sy dlm bahasa Inggris
    Mohon penjelasannya Mas…

  8. Blog saya juga sudah memperoleh matched content dan sudah berhasil dipasang. Karena kurang mahir saya hanya menggunakan ukuran responsif tanpa modifikasi.

    Tapi kenapa judul artikel di marched content saya hanya muncul sepanjang dua baris. Akibatnya judul terpotong dan tidak terbaca jelas di tampilan mobile.

    Berbeda dengan blog lain atau blog ini. Karena judul tampil sepanjang tiga baris, hanya judul yang panjang sekali yang terpotong.

    Adakah cara mengatasi judul yang hanya muncul sepanjang dua baris dan terpotong?

    1. Saya jarang update artikel, tapi dapat Matched content, sayangnya saat itu masih blog cepot, dan kini sedang menunggu dapet Matched Content disaat sudah TLD …. semoga bisa seperti disaat masih blogcepot

  9. Kalo mathced sih dah lumayan sering dapet, bahkan ga diharap2kan pun dpt sendiri, pertanyaannya, ada tips ga mas gan agar dapat matched + opsi iklan? Thanks sebelumnya

  10. Apakah kalau blog kita dapat matched content diberi tahu oleh google ? kemudian kalau ada orang yang klik postingan dari iklan matced content klik iklannya masuk ke dashboard adsense ?

  11. Akhirnya kemarin dikasih match content sama adsense. Jumlah artikel saya 135. Kaget juga, soalnya saya baca-baca kebanyakan harus diatas 200an artikel. Cara mendapatkan match content ternyata hanya butuh update rutin agar segera dikasih.

  12. Page view saya tidak sampai seribu, tidak konsisten dalam menulis artikel bahkan sudah setahun tidak ngeblog. Umur adsense juga belum sampai 2 bulan. Belum melakukan eksperiment apa2 terhadap kode adsense maupun penempatannya.
    Rentang 2 minggu feature itu tersedia di dashboard saya :))

  13. Blog saya sdh dpt fitur match content, tp bingung 7 keliling kok gk ada sisipan iklan. Eh ternyata emang hny blog terpilih yg bisa. Pertanyaannya spy terpilih itu gmn ya mas? Hehe

  14. Pertama buka perform report di dashboard adsense kaget, koq ada tulisan match content bla..bla.bla padahal artikel baru 101 biji, PV pun gak lebih dari 2500. ini benar gak sih. Langsung aja search di mbah gugel..eh artikel paling atas udah ngejawab semua pertanyaannya. Memang banyak mitos seputar adsense yang hanya tuhan dan google aja yang tau

  15. Saya sangat setuju banget dengan pendapat admin karena saya sendiri termasuk salah satunya yang mendapatkan hadiah metch conten padahal artikel cuma 75 dan VU 250 per harinya tapi tetep saja mendapat kesempatan terpilih untuk menikmati match conten dari google..Terimakasih informasinya sangat berguna dan membantu salam sukses !!!

  16. Oh ya mas, di blog saya bisa di pasang matched content, tetapi tidak bisa di monetisasi seperti kawan2 lainnya.. matched contentnya tidak ada iklannya.. kira2 gmn ya mas supaya bisa di monetisasi? trims