Internet

Cara Mengurangi Radiasi Ponsel yang Bisa Merusak Kesehatan

Bahaya Radiasi HP menurut para Ahli bisa Mengganggu ingatan manusia

Saat ini, hampir semua orang tidak bisa lepas dari ponsel atau handphone. Padahal ponsel tersebut memancarkan radiasi yang dapat berdampak buruk bagi penggunanya. Namun, ada beberapa cara mengurangi radiasi ponsel yang bisa kamu lakukan.

Radiasi Radio Frequency (RF) ini biasanya terpancar dari ponsel yang berada dalam keadaan aktif. Dalam jangka panjang, radiasi tersebut dapat mengganggu sistem jaringan otak, sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan pada otak.

Baca juga: Penting!! Inilah 10 Cara Mencegah Paparan Berbahaya Radiasi Layar Smartphone

Cara Mengurangi Radiasi Ponsel yang Bisa Merusak Kesehatan

Bagi kamu yang mungkin tidak bisa lepas dari hp, kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk meminimalisasi terpaparnya radiasi yang tinggi.

1. Hindari menggunakan ponsel dengan tingkat radiasi yang tinggi

cara mengurangi radiasi ponselTingkat radiasi yang bisa dipancarkan pada setiap ponsel berbeda-beda. Maka dari itu, sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai tingkat radiasi dari perangkat tersebut.

Untuk menghindari terpapar radiasi dalam jumlah tinggi, maka pilihlah smartphone dengan tingkat radiasi yang tidak terlalu besar. Kamu bisa melihat smartphone apa saja yang memiliki tingkat radiasi yang tinggi.

Baca juga: Waspada, Inilah Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi 2019

2. Menelpon di tempat terbuka dan jangan terlalu lama

cara mengurangi radiasi ponselRadiasi terbesar muncul ketika terjadi panggilan telpon. Ketika itu, radiasi pada ponsel akan bekerja dengan keras untuk menangkap sinyal untuk menelpon. Radiasi akan bekerja jauh lebih keras jika terdapat penghalang koneksi.

Maka dari itu, disarankan untuk menelpon di tempat terbuka untuk mendapatkan sinyal yang tinggi, sehingga radiasi yang muncul tidak akan terlalu besar.

Kalau panggilan telpon terjadi di ruangan tertutup, radiasi yang terpancar akan lebih tinggi untuk bisa menembus penghalang di antara pemancar sinyal dengan perangkat milikimu.

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan seberapa lama durasi panggilan. Semakin lama kamu menelpon, maka semain besar pula radiasi yang bisa masuk ke tubuh.

3. Pastikan tidak menatap layar ponsel terlalu dekat

Selain adanya gelombang radiasi Radio Frequency (RF) yang muncul ketika hp mencari sinyal, layar smartphone yang kita miliki ternayata juga bisa memaparkan radiasi cahaya. Dalam kondisi terburuk, radiasi tersebut bahkan bisa merusak mata kita.

Maka dari itu, sebaiknya jarak mata dengan layar ponsel tidak terlalu dekat. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan dan membuat mata kamu pun akan tetap sehat.

4. Hindari menyimpan ponsel di dalam kantong pakaian

cara mengurangi radiasi ponselBagi kebanyakan orang, menyimpan ponsel di kantong celana atau kantong baju mungkin sudah menjadi kebiasaan karena berbagai keadaan. Ternyata kebiasaan tersebut malah membuat paparan radiasi menjadi sangat dekat dengan tubuh kita.

Dalam keadaan tertentu yang tidak memungkinkan untuk menyimpan ponsel di tempat lain, kamu masih bisa menyimpannya di kantong pakaian kamu.

Namun, sebelumnya kamu perlu mengaktifkan mode pesawat, sehingga sinyal akan mati dan radiasi yang muncul menjadi sangat menimal.

Nah, itulah beberapa tips atau cara mengurangi radiasi ponsel. Kamu lakukan hal-hal tersebut untuk meminimalisasi berbagai dampak buruk bagi kesehatan yang disebabkan oleh radiasi pada ponsel. Jangan lupa untuk kasih tahu teman-teman kamu juga, ya!


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close