BloggingOptimasi BlogWebmaster

Cara Riset Kata Kunci yang Benar

Riset kata kunci (keyword research) merupakan praktik khusus yang kerap dilakukan pembuat konten profesional untuk mengarahkan lalu lintas pencarian ke halaman hasil mesin pencari. Pengoptimalan konten dengan cara riset kata kunci yang benar merupakan bagian penting dari SEO (Search Engine optimation) di situs web yang sedang Anda kelola.

Kata kunci yang tepat akan membantu mendapatkan audiens yang ditargetkan untuk situs web Anda melalui mesin pencari. Hal ini adalah bagian terpenting untuk memilih kata kunci yang tepat untuk bisnis atau blog Anda agar menjangkau orang yang relevan.

Dengan melakukan riset, kata kunci yang dipilih akan relevan dengan situs web atau halaman Anda. Jadi pencari konten dan Google sama-sama dapat memahami topik halaman, mesin pencari juga dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Kesimpulannya, riset kata kunci merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk pembuat konten web. Baik untuk web personal, web perusahaan, ataupun web bisnis agar konten tersebut ditemukan oleh mesin pencari.

Tujuannya jelas, untuk mendatangkan visitor yang tepat sasaran ke halaman web. Entah untuk mencari informasi, membeli produk, bertransaksi bisnis atau mempelajari jenis-jenis bisnis online yang saat ini sedang marak di internet.

Bandingkan ketika Anda harus melakukan promosi berbayar untuk menjaring audiens!! Berapa banyak finansial yang harus dikeluarkan?

Ketika konten web menempati posisi terbaik di halaman mesin pencari, maka visitor akan datang secara sukarela. Mereka datang sesuai apa yang dicari dengan menemukan kata kunci relevan melalui hasil pencarian.

Dengan mempelajari cara riset kata kunci yang benar, berarti Anda sudah menghemat ratusan bahkan jutaan rupiah untuk mendatangkan audeins ke web Anda.

Kesalahan dalam Melakukan Riset Kata Kunci

Semua konten kreator pasti ingin website yang dikelola mendapatkan peringkat pertama di halaman Google. Namun bukan untuk sembarang kata kunci, dan bukan hanya untuk mendapatkan audiens

Yang paling penting dari tujuan melakukan riset kata kunci adalah mendapatkan pengunjung yang relevan dan  tepat sasaran.

Artinya, pengunjung yang bersedia membeli dan menggunakan produk/jasa yang sedang kita tawarkan. Hal ini sangat penting terutama bagi pengelola web bisnis.

Untuk itu Anda dapat memanfaatkan dan menggunakan alat atau tool riset kata kunci (keyword research tool). Saat ini ada beberapa tool gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah :

  • Google Keyword Planner
  • Ubersuggest
  • Keyword ideas
  • Content ideas
  • Keywords
  • Keywordtool.io
  • WordStream
  • Wordtracker
  • Ahrefs
  • Semrush
  • MOZ

Membahas tentang riset keyword, pada prinsipnya Anda akan memasukkan kata kunci pencarian yang tepat, setelah itu berharap agar bisa menempati posisi teratas di Google.

Namun hal itu merupakan suatu kesalahan dalam melakukan riset kata kunci, hal ini banyak dilakukan terutama bagi pemilik website baru.

Kesalahan ini bahkan terus dilakukan secara berulang-ulang sehingga tidak dapat menargetkan kata kunci secara relevan. Dan bahkan posisi konten dihasil pencarian tidak menampakkan hasil.

Tentu saja hal ini akan menjadi sia-sia, meskipun konten yang dibuat panjang lebar, tetapi tidak fokus pada kata kunci utama yang di bidik atau ditargetkan.

Perlu diketahui, banyak sekali persaingan dari konten creator yang berlomba-lomba menempati posisi pertama halaman Google. Hal ini yang menjadi masalah utama bagi pembuat konten baru.

Untuk itulah, riset kata kunci harus benar-benar dipahami, setidaknya agar konten yang Anda buat dapat ditemukan dihasil pencarian dengan peringkat terbaik.

Cara Riset Kata Kunci yang Benar Agar dapat Memenangkan Hasil Pencarian

cara riset kata kunci yang benar

Inilah bagian terpenting yang harus diperhatikan saat melakukan riset kata kunci :

  1. Mencari kata kunci yang tepat
  2. Volume Pencarian
  3. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Kata kunci)
  4. Keyword Suggestion
  5. Long tail keywords
  6. Meningkatkan Performa Kata kunci

1. Mencari kata kunci yang tepat

Melakukan riset kata kunci merupakan langkah penting sebelum membuat konten untuk blog ataupun website. Riset ini berguna untuk menentukan kata kunci apa yang cocok, dengan target yang tepat.

Riset ini juga akan menjelaskan bagaimana menggali ratusan hingga ribuan kata kunci dari beberapa keyword dasar menggunakan salah satu tool riset kata kunci. Setelah itu dapat menentukan keyword mana yang tepat untuk Anda.

Jadi jangan terkesan asal-asalan dalam memilih kata kunci, sebab resikonya adalah konten tidak akan teroptimasi dengan baik dan terpuruk di hasil pencarian.

2. Volume Pencarian

Untuk memenangkan persaingan di hasil pencarian, sangat disarankan untuk fokus pada kata kunci spesifik dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah.

Saat melakukan riset harus perhatikan seberapa banyak yang menggunakan kata kunci tersebut. Biasanya jumlah volume pencarian yang ditampilkan adalah jumlah pencarian setiap bulan.

Anda dapat menentukan jumlah volume pencarian yang akan ditargetkan, setidaknya volume pencarian diatas 500 perbulan, sehingga tingkat persaingan juga semakin rendah.

Sebaiknya cari kata kunci dengan persaingan rendah agar mendapatkan cukup banyak pengunjung tanpa harus menunggu terlalu lama.

3. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Kata kunci)

Setiap kata kunci memiliki tingkat kesulitan tersendiri, Anda tentunya tidak ingin sia-sia dan membayar mahal untuk mengoptimasi kata kunci dengan level kesulitan yang cukup tinggi.

Sangat disarankan untuk tidak memilih kata kunci dengan tingkat kesulitan tinggi, sebab akan semakin sulit bersaing di halaman pencarian.

Perlu diketahui, website yang memiliki usia dan termasuk dalam kategori web besar biasanya tidak peduli dengan persaingan kata kunci dengan tingkat kesulitan tinggi. Namun bagi website baru, hal ini adalah hal yang wajib.

Jangan paksakan untuk memilih kata kunci terlalu sulit, sebab akan semakin sulit dalam persaingan.

4. Keyword Suggestion

Keyword Suggestion akan menunjukkan tentang saran kata kunci dari kata kunci utama yang sedang ditargetkan.

Umumnya, pada bagian kotak pencarian akan memberikan saran long tail keyword yang relevan dengan kata kunci utama yang diketikkan oleh pengunjung.

Anda dapat menjadikan keyword suggestion untuk melengkapi judul konten yang akan berpotensi menarik lebih banyak audiens dengan kata kunci yang sudah disarankan.

5. Long tail keywords

Long tail keywords ini sangaterat hubungannya dengan keyword suggestion. Long tail keyword sendiri adalah kata kunci yang mengandung setidaknya tiga kata atau lebih.

Dengan menerapkan Long tail keyword secara relevan, akan membantu pengunjung untuk menemukan konten Anda dengan cepat dalam hasil pencarian.

6. Meningkatkan Performa Kata kunci

Hasil riset kata kunci yang benar tidak selalu akurat dengan kenyataan. Meskipun hasil riset menunjukkan nilai yang bagus, namun bisa jadi performa kata kunci tidak memuaskan.

Penilaian performa keyword website dapat dilakukan secara rutin melalui Google Analytics agar dapat menampakkan hasil yang lebih optimal.

Penjelasan cara riset kata kunci yang benar bisa Anda temukan di bilikdigital.com yang diulas secara detail dan lengkap, dan disertai gambar yang memudahkan Anda untuk mempelajarinya.

Kualitas Konten

Perlu diketahui, meskipun cara riset kata kunci sudah dilakukan dengan benar, namun tetap harus memperhatikan kualitas konten. Konten berkualitas menjadi hal yang paling penting untuk membuat blog menjadi lebih SEO.

Membuat konten original dan relevan disertai penjelasan yang lebih lengkap akan membantu audiens dan mesin pencari memahami kata kunci yang sudah Anda targetkan sebelumnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close