Internet

Corona Bisa Dicegah dengan Bersihkan Ponsel, Benarkah?

Guna mencegah penyebaran virus Corona, mayoritas ahli medis meminta masyarakat untuk menggunakan masker tiap kali mereka ingin pergi ke tempat-tempat umum apabila tidak ingin terjangkiti virus yang sudah menewaskan lebih dari 1.000 orang tersebut.

Namun baru-baru ini, ada temuan baru yang cukup menambah wawasan publik dunia di mana cara mencegah penyebaran virus Corona yang paling efektif adalah dengan membersihkan ponsel yang sering kita gunakan.

Baca juga: Hoaks Virus Corona Merajalela, Kominfo Turun Tangan

Alasan Bersihkan Ponsel Efektif Cegah Corona

Temuan yang mengatakan jika Corona bisa diminimalisir penyebarannya melalui pembersihan ponsel berasal dari Singapura. Adalah Kenneth Mak selaku Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura yang mengatakan hal demikian.

Kenneth Mak dalam pernyataannya mengatakan jika membersihkan ponsel secara reguler, serta mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melawan penyebaran virus Corona ketimbang harus menggunakan masker.

Sebelumnya, dokter di Singapura memang menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker ketika mereka ingin keluar rumah. Dengan menggunakan masker, maka masyarakat bisa terhindar dari bahaya Corona. Namun, saran tersebut tidak sepenuhnya disetujui oleh Kenneth Mak.

Menurutnya, penggunaan masker belum tentu efektif menangkal penyebaran virus Corona. Alasannya, sampai saat ini belum ada bukti jika Corona bisa menyebar melalui udara. Sebaliknya, Kenneth Mak meminta masyarakat untuk rajin membersihkan ponselnya.

“Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukanlah hal yang paling penting,” ucap Kenneth Mak seperti yang dikutip dari Business Insider

, Rabu (19/02/20).

Baca juga: Corona Bukan Hanya Ancam Jiwa, Namun Juga Ancam Bisnis

Ponsel Memang Sarang Kuman

Apa yang disampaikan Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura itu tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, dalam berbagai penelitian, ponsel memang menjadi tempat yang paling banyak mengandung kumannya, bahkan mengalahkan toilet.

Alasan ponsel paling banyak kumannya dikarenakan perangkat tersebut adalah benda yang paling banyak dipegang oleh manusia. Hasilnya, jadilah ponsel sebagai benda yang paling kotor. Bahkan, ketika berada di dalam toilet, kebanyakan masyarakat membawa ponselnya dan bermain-main di dalamnya.

Terkait pembersihan ponsel sendiri, empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology telah mengungkapkan caranya. Jadi, apabila Anda ingin membersihkan ponsel, maka Anda bisa menggunakan perangkat UV smartphone sanitizer, dan itu merupakan cara terbaik untuk membersihkan ponsel.

Baca juga: Corona Bisa Menyebar Lewat Smartphone Buatan China, Benarkah?

Apa yang disampaikan oleh Kenneth Mak adalah tambahan ilmu baru. Meskipun begitu, pendapatnya untuk tidak mengenakan masker juga tidak harus dilakukan. Ketimbang harus menghindari penggunaan masker, maka alangkah baiknya jika kita memadukan semuanya menjadi satu, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan juga membersihkan ponsel.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close