Tekno

Dikeroyok China, Samsung Kuasai Pasar Ponsel 5G

Persaingan Samsung dengan pabrikan ponsel dari China adalah sesuatu yang sudah diketahui oleh publik dunia. Bahkan, pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu harus rela pasarnya diambil oleh merek-merek ponsel asal China seperti Oppo dan juga Xiaomi.

Meski dikeroyok oleh merek-merek China, Samsung masih menjadi merek ponsel yang paling banyak digunakan. Bahkan di pasar global, posisi Samsung masih cukup nyaman untuk menduduki posisi puncak sebagai ponsel pintar yang paling banyak digunakan di dunia.

Berdasarkan laporan dari Strategy Analytics, pada bulan Februari lalu, Samsung menjadi pabrikan ponsel yang paling banyak menjual perangkatnya dengan total penjualan sebanyak 18,2 juta. Samsung berhasil mengungguli merek-merek lain seperti Apple, Xiaomi, Huawei, dan beberapa merek lain.

Baca juga: Gara-gara Corona, Huawei Dikalahkan Xiaomi dalam Hal Ini

Kalahkan China, Samsung Kuasai Pasar 5G

Pertumbuhan beberapa merek ponsel asal China sangat luar biasa. Di saat Huawei stagnan, merek lain seperti Xiaomi berhasil menjadi primadona baru dengan merangsek naik ke jajaran elit ponsel yang ada di dunia. Bahkan kini, Xiaomi menjadi salah satu penantang serius bagi Samsung.

Selain Xiaomi, merek-merek lain seperti Oppo, dan Vivo juga semakin bertumbuh. Dan peluang keduanya untuk menjadi penantang Samsung di pasar global sangat mungkin terjadi dalam waktu dekat. Namun untuk saat ini, pesaing terdekat Samsung dari China adalah Huawei.

Meski posisi Samsung saat ini dihimpit oleh para pesaingnya, Samsung tetap mampu menunjukkan kedigdayaannya, khususnya di sektor 5G. Berdasarkan laporan The Korea Herald

, Samsung di Q1 2020 berhasil memuncaki penjualan smartphone 5G.

Berdasarkan laporan, Samsung berhasil menjual sekitar 8,3 juta unit ponsel 5G. Samsung juga mendominasi market share sebesar 34,4 persen. Adapun di posisi kedua, Huawei membuntuti perusahaan asal Korea Selatan tersebut dengan menjual 8 juta unit.

Huawei juga berhasil meraih market share sebesar 33,2 persen. Adapun untuk merek ponsel asal China lain seperti Xiaomi dan Oppo, penjualan perangkat 5G mereka berselisih cukup jauh dibandingkan dengan Samsung dan juga Huawei.

Baca juga: Samsung Galaxy A51 Jadi Smartphone Android Terlaris di Q1 2020

Sebelumnya, Samsung juga menjadi pabrikan ponsel yang sukses menjual smartphone Android-nya. Berdasarkan laporan dari Strategy Analytics, Samsung berhasil menempatkan perangkat Galaxy A51-nya sebagai smartphone Android yang paling banyak digunakan oleh publik dunia.

Di antara segmen Android, Samsung mengambil 4 dari 6 posisi teratas di seluruh dunia pada Q1 2020, sementara Xiaomi meraih dua. Samsung Galaxy A51 (4G) adalah model smartphone Android terlaris nomor satu di dunia dan menyumbang pangsa pasar 2,3 persen dari semua smartphone yang dikirimkan secara global di kuartal ini. Smartphone A51 Samsung populer di semua wilayah, terutama di seluruh Eropa dan Asia.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close