Internet

Facebook Luncurkan Whale, Aplikasi untuk Membuat Meme

Facebook coba memperlebar sayap bisnisnya guna menjaga eksistensi mereka dengan meluncurkan aplikasi yang bernama Whale. Whale sendiri adalah aplikasi pembuat meme yang baru saja diluncurkan oleh pihak Facebook pada minggu lalu.

Meski sudah diluncurkan, ternyata Whale hanya diluncurkan secara terbatas. Whale saat ini hanya tersedia di App Store Kanada. Dalam deskripsi aplikasi App Store, Whale disebutkan bisa digunakan untuk mengedit foto atau gambar para pengguna, baik itu melalui foto yang mereka miliki atau dari perpustakaan foto yang disediakan oleh Whale.

Deskripsi Whale di App Store:

“Tidak ada gangguan, tidak ada harga berlangganan tersembunyi. Gunakan gambar Anda sendiri atau pilih dari perpustakaan foto stok kami dan berkreasi dengan teks, alat, efek, dan banyak lagi di dalam aplikasi.”

Aplikasi Whale Dibuat oleh NPE

Aplikasi Whale adalah aplikasi yang dibuat oleh tim NPE yang merupakan singkatan dari “New Product Experimentation.” Keberadaan NPE sendiri memang cukup penting bagi Facebook karena NPE akan berusaha mengembangkan berbaga macam aplikasi yang bisa membantu Facebook untuk ke depannya.

Dilansir dari TechCrunch, Facebook telah mengumumkan rencananya untuk Tim NPE pada bulan Juli lalu di mana mereka menjelaskan bahwa tujuan NPE adalah untuk bereksperimen dengan cepat dengan ide-ide baru, dan menutup proyek-proyek yang tidak mendapatkan daya tarik.

Selain membuat aplikasi yang bernama Whale, NPE juga diketahui sudah membuat dua aplikasi lain, yaitu aplikasi yang bernama Bum dan juga Aux di toko aplikasi milik Apple, App Store.

Baca juga: Usai Snapchat, Kali Ini Instagram Jiplak Fitur Milik TikTok

Kenapa Facebook Buat Aplikasi Meme?

Dilansir dari The Verge, tujuan Facebook membuat aplikasi meme adalah untuk menyaingi TikTok. Menurut The Verge, saat ini TikTok menjadi platform populer yang paling banyak digunakan oleh anak muda.

Selain itu, TikTok juga menjadi sumber meme yang populer sehingga pihak Facebook ingin meruntuhkan dominasi TikTok melalui Whale. Whale sendiri adalah salah satu aplikasi yang dibuat oleh pihak Facebook untuk mengalahkan TikTok setelah sebelumnya juga sudah meluncurkan fitur Reels di negara Brasil.

Baca juga: Saingi TikTok, Instagram Tambahkan Fitur Reels di Stories

Jadi, kita lihat saja, apakah aplikasi Whale yang sudah diluncurkan di negara Kanada itu akan dibawa keluar oleh pihak Facebook atau yang lebih tepatnya diluncurkan secara global sehingga para pengguna yang ada di seluruh dunia bisa mengaksesnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close