Tekno

Fitur Bawaan yang Wajib Dicoba Oleh Pengguna Xiaomi

Fitur Bawaan yang Wajib Dicoba Oleh Pengguna Xiaomi – Siapa yang tidak kenal dengan Xiaomi? Smartphone yang sedang naik daun ini telah sukses memasarkan smartphone nya di berbagai negara. Menyasar target pasar kelas menengah ke bawah menjadi salah satu strategi jitunya dalam bersaing dengan para kompetitornya.

Meskipun dibandrol dengan harga yang murah, namun Xiaomi ingin menunjukkan bahwa smartphone mereka bukanlah smartphone murahan. Hal ini terbukti dengan beberapa inovasi dan fitur-fitur keren yang sayang untuk diabaikan.

Apa saja fitur-fitur keren tersebut?

Fingerprint

Fitur bawaan Xiaomi

Beberapa smartphone terbaru dari Xiaomi telah mendukung fitur Fingerprint, yaitu penggunaan sidik jari ketika mengunci smartphone dan mengunci aplikasi lainnya yang mendukung fitur ini. Sehingga smartphone menjadi lebih aman dan tidak dapat dibuka oleh sembarang orang.

Namun, saya masih sedikit aneh dengan penempatan sensor sidik jari yang berada di bagian belakang. Entah kenapa, aneh saja rasanya. Saya lebih suka jika sensor sidik jari yang terintegrasi dengan Home Button, lebih simple dan minimalis.

Mi Remote

Fitur bawaan Xiaomi

Hanya dari namanya kita sudah bisa menebak fungsi dari fitur ini. Aplikasi Mi Remote bisa digunakan dengan adanya fitur infra red yang dibenamkan pada smartphone Xiaomi.

Loading...

Dengan adanya fitur ini, Xiaomi ingin menjadikan smartphonenya tidak hanya bisa multi-tasking tetapi juga bisa multi fungsi. Aplikasi Mi Remote ini bisa digunakan sebagai remote berbagai peralatan elektronik, seperti Mi TV/Mi Box, TV, A/V Receiver, AC, Proyektor, DVD Player, Camera, Cable/Satelite Box, dan lain-lain.

Jika dulu kita menggunakan infra red untuk mengirim data, kini kita bisa menggunakannya untuk mengontrol peralatan elektronik yang mendukung fitur infra red tersebut.

4G LTE

jaringan 4G LTE

Mayoritas smartphone keluaran terbaru sudah mendukung jaringan 4G LTE (Long Term Evolution), tak terkecuali Xiaomi. Karena, 4G LTE seolah sudah menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan saat akan membeli smartphone baru.

Sayangnya, kecepatan jaringan 4G di Indonesia masih sangat lamban. Bahkan kecepatannya masih di bawah 3G. Tapi, salah satu alasan mengapa memilih smartphone 4G adalah karena kuota internet 4G saat ini lebih murah dan lebih banyak dibanding kuota 2G/3G. So, nggak ada salahnya mencoba 4G di smartphone Xiaomi ini.

Baca Juga:

Mendukung OTG (On The Go)

Fitur bawaan Xiaomi

OTG atau On The Go adalah fitur dimana sebuah smartphone mampu bertindak sebagai host, sehingga pengguna dapat membaca file dari sebuah perangkat penyimpanan seperti flashdisk misalnya.

Dengan adanya fitur OTG ini, kita bisa menyalin file dari flashdisk ke smartphone atau sebaliknya, menonton film/video, membaca dokumen, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Mayoritas flashdisk saat ini sudah dilengkapi USB untuk mendukung OTG dan bentuknya pun bermacam-macam tinggal memilih saja sesuai selera.

Mi Cloud

xiaomi

Mi Cloud adalah layanan penyimpanan awan milik Xiaomi. Layaknya iCloud (layanan penyimpanan awan milik Apple), Mi Cloud juga memiliki fungsi yang sama yakni menyimpan seluruh data yang ada di smartphone ke awan.

Nyimpen data di awan? Yang bener aja?

Haha.. Gini guys, maksudnya bukan di awan kita menyimpan datanya melainkan data tersebut disimpan menggunakan layanan penyimpanan online. Data yang disimpan tersebut dapat berupa file, foto, musik, video, dan data-data lainnya.

Baca Juga:

Dengan Mi Cloud pengguna bisa menyingkronkan semua data pada Mi Phone, Mi Pad, Mi TV, dan perangkat Xiaomi lainnya. Next time saya akan buatkan tutorial membuat akun Mi Cloud, tunggu saja ya.. hehe

Fitur-Fitur Keren Lainnya

Selain beberapa fitur keren di atas, ada beberapa fitur lainnya yang nggak kalah keren nih guys.

Seperti sensor Accelerometer yang berfungsi untuk mengukur derajat kemiringan sebuah smartphone, Gyro sensor yang berfungsi mendeteksi gerakan berdasarkan gravitasi yang ada sehingga dapat mendeteksi gerakan pengguna, sensor proximity yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan objek tanpa kontak fisik (misalnya layar smartphone otomatis mati ketika sedang menelepon).

Kita tahu bahwa smartphone Xiaomi dilengkapi baterai dengan kapasitas yang cukup besar, logikanya semakin besar kapasitas sebuah baterai maka proses waktu chargingnya juga akan semakin lama. Untuk mengatasi hal ini, Xiaomi menyematkan fitur Flash Charging pada beberapa smartphone terbarunya. Sehingga tidak perlu lagi menunggu hingga berjam-jam untuk sekali charge.

Akhir Kata

Itulah beberapa fitur-fitur bawaan yang wajib kamu coba sebagai pengguna Xiaomi. Meskipun harganya murah, toh tidak terlalu murahan bukan? Bahkan dengan adanya fitur-fitur tersebut dapat menyaingi smartphone-smartphone kelas menengah ke atas.

Punya pengalaman lain ketika menjajal smartphone Xiaomi? Yuk bagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

zakiyfauzi

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *