in

Fungsi dan Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Pengertian RPP

Sebenarnya, apa sih fungsi dan manfaat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan lebih ditujukan kepada siapa? Sebelum melanjutkan pembahasan di artikel ini, ada baiknya Anda juga mengetahui fungsi dan pengertian RPP yang sebenarnya.

Mengapa seorang guru ketika mengajar harus menggunakan RPP ?

RPP bukan hanya pelengkap dokumen sekolah dan administrasi guru yang berguna disaat ditanya kepala sekolah atau pengawas sekolah,

Menyusun Silabus dan RPP merupakan kewajiban guru dan salah satu tugas utama merencanakan pembelajaran.

Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Perlu diketahui, RPP adalah persiapan yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melakukan kegiatan mengajar. Persiapan ini bisa berupa persiapan tertulis ataupun persiapan mental.

Selain itu, RPP juga dapat mengetahui situasi emosional yang ingin dibangun, mengenal lingkungan belajar yang produktif, sehingga dapat meyakinkan pembelajar untuk dapat terlibat secara penuh.

Jadi pengertian RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi yang telah dijabarkan dalam silabus.

RPP dan silabus memiliki perbedaan, meski dalam hal tertentu juga mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh.

Dengan kata lain, di dalam suatu silabus juga ada beberapa kompetensi yang sejalan dan akan disatukan sehingga  belum tahu secara pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan.

Sedangkan RPP merupakan penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan tersebut.

Silabus dapat didefinisikan sebagai “garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai

Dalam hal ini, harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh seorang guru untuk menuntaskan kompetensi serta tindakan berikutnya setelah pertemuan selesai.

Ruang lingkup RPP paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan ataupun lebih.

Baca jugaMenjadi Guru yang Kreatif dalam Proses Pembelajaran

Fungsi dan tujuan RPP

Fungsi rencana pembelajaran ini adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien.

Pengertian RPP secara umum bisa dikatakan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh sebaba itu, rencana pelaksanaan pembelajaran haruslah bersifat fleksibel.

Hal ini akan bermanfaat bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

Tujuan dan manfaat RPP diantaranya adalah sebagai berikut :

  • RPP akan lebih mempermudah, memperlancar serta meningkatkan hasil proses belajar mengajar.
  • Dengan menyusun RPP secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyusun RPP

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran :

  1. RPP harus mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus.
  2. Menggunakan berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari.
  3. Menggunakan metode dan media yang sesuai yang bertujuan untuk mendekatkan siswa dengan pengalaman secara langsung.
  4. Penilaian dengan system pengujian secara menyeluruh dan berkelanjutan yang didasarkan pada system pengujian dan dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.

Unsur – unsur RPP

Berikut ini adalah unsur – unsur yan terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007.

1. Identitas mata pelajaran

Identitas mata pelajaran meliputi  satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.

2. Standar kompetensi

Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Standar kompetensi ini diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.

3. Kompetensi dasar

Kompetensi dasar dalah beberapa kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

4. Indikator pencapaian kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi ini dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

5. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran ini menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6. Materi ajar

Materi ajar ini memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan dituliskan dalam bentuk butir-butir yang sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

7. Alokasi waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian serta beban belajar.

8. Metode pembelajaran

Metode pembelajaran ini digunakan oleh para guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.

9. Kegiatan pembelajaran

a.  Pendahuluan

Pendahuluan adalah kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran dengan tuhuan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Inti

Kegiatan inti bertujuan untuk memotivasi peserta didik agar berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

c. Penutup

Penutup merupakan kegiatan dalam mengakhiri aktifitas pembelajaran, penutup dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

Menyusun RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sebagai informasi, RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017  di susun berdasarkan spektrum keahlian SMK 2016. RPP SMK terbaru Revisi 2017 ini tetap merupakan RPP seperti konsep sebelumnya.

Struktur Kurikulum SMK 2017 dan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017 ini telah diputuskan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

RPP SMK dirancang untuk memberikan informasi tentang jenis bakat dan minat yang relevan dengan keterampilan dan karir siswa SMK.

Untuk melengkapi bahan dan sumber menyusun RPP SMK dapat menggunakan beberapa referensi berupa materi sebagai bahan praktik, alat simulasi, bahan ajar dan sebagainya.

Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa download RPP SMK kurikulum 2013 revisi 2017  sebagai materi atau acuan dalam menyusun RPP.

Anda bisa menemukan banyak referensi dari berbagai mata pelajaran untuk membuat dan menyusun RPP SMK secara lengkap di situs tersebut.

Diantaranya adalah :

  • RPP Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Smk Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Ganjil dan Genap
  • RPP Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Smk Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
  • RPP Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Smk Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Ganjil dan Genap
  • RPP Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Spreadsheet Smk Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
  • RPP Mata Pelajaran Administrasi Pajak Smk Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Ganjil dan Genap
  • RPP Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Smk Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
  • RPP Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Smk Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
  • RPP Mata Pelajaran Kearsipan Smk Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Dan masih banyak lagi…

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0