Fungsi fingerprint

Keren ! Selain Membuka Kunci Inilah 7 Fungsi Fingerprint yang Jarang Diketahui

Fungsi Fingerprint merupakan salah satu sitem pengaman data dan aplikasi terbaik pada sebuah smartphone. Tak heran jika smartphone yang memiliki sensor pemindai sidik jari umumnya adalah smartphone kelas tinggi.

Bagi sobat yang sering melihat film sains tentu sangat akrab dengan pemindai sidik jari ini. Di film-film tersebut seringkali memperlihatkan tentang sebuah pintu yang hanya dibuka dengan sidik jari seseorang yang telah terverifikasi.

Setelah pintu tersebut dibuka maka kita bisa melihat bahwa isi di dalam ruangan berpintu tersebut adalah hal-hal penting, bahkan sangat rahasia.

Teknologi ini kemudian di hadirkan pada sebuah smartphone, tentu ini adalah hal yang sangat tepat sekali. Sebab dizaman ini, smartphone memang menyimpan banyak data penting pribadi yang tidak seharusnya diketahui orang lain tanpa izin.

Dengan fungsi fingerprint ini, tentu keamanan data pengguna sangat terjamin, sebab hanya pengguna yang bisa mengakses smartphone.

Selain memiliki tingkat pengamanan data dan aplikasi yang tinggi, penggunaannya pun sangat praktis. Pengguna hanya tinggal menempelkan jarinya yang sudah terdaftar maka dalam sekejap layar smartphone pun akan terbuka.

Cara ini tentu sangat praktis dan aman jika dibanding dengan pengunci smartphone dalam bentuk sandi maupun PIN.

7 Fungsi Fingerprint yang Jarang Diketahui

Selain berguna untuk membuka kunci ternyata masih ada lagi loh fungsi Fingerprint atau pemindai sidik jari yang jarang diketahui.

Loading...

Mau tahu ? Simak ulasannya berikut ini :

1. Membidik Gambar

Fungsi Fingerprint
via pinterest.com

Dengan menggunakan sebuah aplikasi Dactyl, maka sobat bisa merubah fungsi fingerprint menjadi tombol yang berguna untuk membidik gambar.

Agar suport terhadap berbagai jenis kamera, silahkan terlebih dahulu sobat masuk ke menu pengaturan guna mengkonfigurasi aplikasi tersebut.

Selain mempermudah saat mengambil foto, canggihnya lagi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk smartphone dengan posisi sidik jari di bagian depan maupun belakang smartphone.

2. Tombol Quick Action

fungsi fingerprint
via makeuseof.com

Quick Action awalnya adalah fitur eksklusif yang hanya dimiliki oleh Google Pixel. Dengan Quick Action ini pengguna akan bisa membuka panel notifikasi hanya dengan menggesek pemindai sidik jari ke arah bawah.

Selain di Google Pixel, kini Quick Action ada di semua smarphone yang memiliki pemindai sidik jari.

Guna dapat menikmati fitur ini, silahkan terlebih dahulu aktifkan aksesibilitas untuk menentukan tindakan sekali ketuk, gesek cepat atau ketuk dua kali. Namun masih disayangkan, karena masih ada beberapa smartphone yang belum memiliki fitur ini.

3. Menyembunyikan Foto dari Galeri

Fungsi Fingerprint
via Playstore

Dengan adanya aplikasi bernama Focus, maka sobat bisa menyembunyikan foto atau pun video di galeri dengan sangat mudah.`

Sebelum sobat dapat mengunakan sensor sidik jari sebagai kunci perlindungannya, hal pertama yang harus sobat lakukan adalah meng-upgrade aplikasi tersebut.

Sobat tak perlu risau, sebab masih bisa menggunakan fitur serupa dalam beberapa aplikasi yang lainnya.

4. Menyimpan Berbagai Password

Fungsi Fingerprint
via Playstore

Menyimpan banyak password adalah sesuatu yang riskan, sebab tidak menutup kemungkinan ada waktunya kita bisa lupa akan isi password tersebut.

Bagi sobat yang memiliki smartphone dengan fitur sensor sensor sidik jari, tentu sobat tidak perlu khawatir. Sebab dengan aplikasi Lastpass sobat dapat menyimpan catatan tentang berbagai pasword tersebut.

Aplikasi Lastpass ini akan sangat berguna untuk mengamankan berbagai password yang sobat simpan. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi password manager yang dapat mem-backup serta mengamankan semua pasword yang tersimpan.

Kerennya lagi fitur utama yang dimiliki aplikasi Lastpass ini menggunakan Fungsi fingerprint, sehingga tidak akan ada yang dapat membuka aplikasi tersebut selain pengguna yang sidik jarinya sudah teridentifikasi.

5. Sebagai Jurnal Pribadi

Fungsi Fingerprint
via Playstore

Bagi sobat yang ingin dapat mengatur semua schedule dalam sebuah smartphone, silahkan bisa menggunakan aplikasi Journey.

Dengan aplikasi ini, maka sobat akan dengan mudah untuk dapat mengemas berbagai kegiatan sehari-hari.

Kerennya lagi, sobat juga bisa mensinkronkan berbagai jurnal yang berasal dari android wear maupun desktop lainnya ke dalam smartphone yang sobat miliki.

Selain itu apkukasi Journey juga mendukung terhadap berbagai gesture. Sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan dan merubah berbagai tindakan hanya melalui sensor pemindai sidik jari fingerprint scanner.

6. Bertransaksi

Fungsi Fingerprint
via budra.com

Sidik jari merupakan salah satu identitas terpenting bagi diri manusia. Sehingga saat ini semakin banyak aplikasi bahkan instansi yang memerlukan otentikasi sidik jari guna dapat melakukan berbagai transaksi.

Bahkan saat ini di Google PlayStore pun sudah ada beberapa fitur yang mewajibkan penggunanya untuk melakukan otentifikasi sidik jari saat ia ingin menjalankan fitur atau melakukan tugas tertentu.

Kedepannya fungsi fingerprint ini akan banyak digunakan untuk berbagai aktivitas manusia, terutama dalam lembaga pemerintahan dan lembaga lainnya.

7. Mengunci Aplikasi

Fungsi Fingerprint
via Playstore

Selain dapat mengunci smartphone, sensor pemidai sidik jari juga sangat berguna untuk mengunci berbagai aplikasi penting dan pribadi.

Namun yang menjadi permasalahan adalah tidak semua smarphone memiliki fitur tersebut, oleh karena itu aplikasi AppLock adalah solusi untuk mengatasi masalah ini.

Dengan memiliki aplikasi AppLock maka sobat akan dapat menggunakan sensor pemindai sidik jari untuk mengunci berbagai aplikasi sehingga akan aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Itulah sobat fungsi Fingerprint yang jarang diketahui. Selain sebagai pembuka kunci dan sistem pengaman yang handal, pemindai sidik jari ternyata juga memuliki banyak fungsi lain yang tak kalah pentingnya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *