Internet

8 Game Android yang Bisa Mengasah Kemampuan Bisnis Kalian

Game android memiliki banyak sekali jenis atau genre yang ditawarkan. Mulai dari game yang bergenre RPG, Action, Strategi, dan Puzzle. Banyaknya pilihan genre game android menjadikan kalian dapat memilih game jenis apapun yang kalian sukai untuk dimainkan.

Tujuan utama dari bermain game adalah untuk menghibur diri dikala waktu kosong. Namun, tahukah kalian bahwa bermain game sebenarnya mampu mengasah kemampuan dan pengetahuan kalian di bidang yang disukai. Salah satu bidang yang mampu kalian tingkatkan lewat game adalah kemampuan berbisnis.

Jadi dengan cara seperti ini kalian akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama kesenangan saat bermain game dan yang kedua ilmu bisnis yang bisa kalian terapkan di dunia nyata. Menyenangkan sekali bukan jika kita bisa belajar bisnis lewat game android dan tidak harus pergi ke suatu tempat mengikuti bisnis secara formal. Melalui dasar ilmu bisnis yang kalian dapatkan di game android, maka kalian juga berkesempatan untuk menerapkan ilmu tersebut di dunia nyata.

Dengan cara ini waktu kalian saat bermain game tidak menjadi sia-sia dan dapat lebih bermanfaat.

Sudah tidak sabar untuk mengetahui lebih lanjut tentang game andoid apa saja yang mampu mengasah insting bisnis kalian ?

Berikut ini daftar yang telah kami siapkan untuk kalian nikmati, selamat membaca.

Billionaire

game android
Billionaire Via Youtube.com

Game android pertama yang mampu mengasah skill bisnis kalian adalah Billionaire. Goal yang harus kalian raih dalam game ini adalah menjadi orang terkaya dengan cara memiliki banyak bisnis di berbagai sektor yang harus kamu kuasai.

Pada saat awal permainan kalian akan diberikan sejumlah modal awal yang harus kalian manfaatkan. Modal tersebut harus kalian investasikan ke berbagai bisnis yang kamu sukai seperti layaknya dunia nyata. Kalian bisa memilih bisnis dengan menjual produk atau menawarkan jasa kepada para pelanggan.Berbagai jenis bisnis yang bisa kalian investasikan meliputi penjual lemon, penjual hotdog, ataupun menjadi pembungkus kado.

Jadi dengan bisnis awal tersebut kalian diharapkan bisa mengembangkan modal kalian menjadi lebih besar lagi. Sehingga dikemudian hari kalian bisa berinvesatsi lagi di bisnis yang berbeda dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Saat kalian memiliki sebuah bisnis di Billionaire, maka akan ada empat buah data yang akan memberikan kalian sebuah informasi yang berharga. Informasi yang pertama adalah earning, informasi ini bermanfaat untuk mengetahui berapa banyak uang yang mampu kalian dapatkan dengan menjalnkan bisnis tersebut, misalnya $10/menit.

Informasi kedua Max Hold, yang akan memberi data berapa jumlah maksimal uang yang bisa disimpan unit bisnis sebelum kalian kumpulkan. Selanjutnya ada Build In yang merupakan informasi jumlah waktu yang diperlukan untuk membangun bisnis. Terakhir ada Threat yang mengindikasikan ancaman apa yang akan kalian dapatkan jika memiliki bisnis ini.

Saat kalian bermain game ini, kalian tidak akan dibatasi dengan berapa jumlah bisnis yang bisa kalian miliki. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan, Threat yang dimiliki tidak boleh mencapai batas atas 100%. Bahkan Threat yang telah melebihi 50% ada suatu masa dimana kalian yang sedang bermain dapat dijatuhi hukuman karena bisnis yang dijalankan. Bila sudah dihukum kalian tidak akan bisa melanjutkan bisnis dan mengumpulkan uang.

Jadi berhati-hatilah dalam memperhatikan jumlah threat yang kalian miliki.

Pelajaran Berharga

Billionaire sendiri akan mengajarkan kepada kalian tentang bagaimana agar kalian bisa menjadi orang yang kaya. Caranya kalian harus menghabiskan uang lewat investasi bisnis agar akumulasi harta yang dimiliki akan semakin berkembang dari hari ke hari. Bukan malah menghabiskan uang dengan membelanjakannya terhadap sesuatu yang bersifat konsumtif seperti gadget baru, kamera baru, dan pakaian.

Make it Rain: Love of Money

Game android selanjutnya yang bisa kalian manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan bisnis adalah Make It Rain : Love of Money. Fitur game ini sebenarnya sangat sederhana dan tidak terkesan rumit sama sekali.

Cara bermainnya adalah kalian hanya perlu menggeser lembaran uang dari satu tumpukan uang yang disediakan. Jadi setiap kalian menggeser tumpukan uang tersebut, maka uang tersebut akan otomatis masuk ke dalam rekening kalian. Di dalam permainan ini akan diuji ketahanan kalian dalam mengumpulkan uang sebanyak mungkin yang kalian bisa dapatkan.

Resiko yang akan kalian dapatkan saat bermain game ini adalah kalian pasti akan merasa kelelahan dan pegal saat selesai mengumpulkan uang. Barulah setelah selesai kalian mengumpulkan uang akan ada tiga buah menu yang bisa kalian pilih. Nah, kalian bisa memilih tiga menu diatas sebagai bentuk pilihan investasi yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan uang yang lebih banyak lagi.

Bagi kalian yang mudah menyerah pasti game ini akan terasa membosankan dan melelahkan tapi itulah filosofi pelajaran bisnis yang akan kalian dapatkan dari game ini. Dimana pada tahap awal kalian perlu untuk berusaha keras mati-matian untuk mengumpulkan banyak uang terlebih dahulu. Barulah setelah uang yang kalian miliki telah terkumpul bisa diinvestasikan ke banyak bidang agar uang yang bekerja untuk kalian.

Game ini juga mengajarkan dengan jelas bahwa hasil yang kalian dapatkan akan bergantung pada usaha yang kalian lakukan untuk mendapatkannya. Jika kalian berusaha dengan keras maka hasilnya juga akan besar dan jika kalian bermalas-malasan tentu hasilnya tidak akan seberapa.

TradeHero

Trade Hero Via techinasia.com

Bagi kalian yang ingin melakukan investasi di saham dan masih merasa takut untuk memulai, maka Trade Hero bisa menjadi game android pilihan kalian selanjutnya. Lewat game ini kalian akan mengetahui praktek invetasi saham secara langsung dan ini bisa menjadi bekal kalian untuk terjun berinvestasi saham secara langsung.

Hal yang menarik dari game ini, setiap aturan yang ada sama persis dengan aturan main saham di dunia nyata. Bahkan nama-nama perusahaan yang ada di dalam game ini sama persis dengan nama perusahaan di dunia nyata, sebagai contohnya ada Nike, Coca-cola, dan Apple. Masih kurang puas ? game ini juga dilengkapi dengan fitur naik turunnya saham dimana nilainya disesuaikan dengan naik turunnya perusahaan di dunia nyata.

Namun bagi para pengguna Android harus lebih bersabar karena game ini belum tersedia dalam versi android. Tapi pengembang game ini akan dengan segera masuk ke versi android sehingga kalian bisa memainkan game ini dan mulai belajar simulasi saham layaknya di dunia nyata.

Monopoly

Monopoly Via ea.com

Game android yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian semua. Bagaimana tidak, permainan monopoli memang telah ada sebelumnya sebelum menjadi salah satu game android. Permainan yang mengasah strategi ini sekarang sudah bisa kalian nikmati di platform android untuk mengasah keterampilan bisnis kalian.

Salah satu contoh figur yang mampu sukses menjadi kaya berkat kebaiasaannya bermain game monopoli adalah George Soros. George Soros merupakan orang yang memiliki kekayaan yang melimpah berkat keahliannya dalam hal transaksi valuta asing. Di masa kecil George Soros termasuk orang yang sering bermain monopoli dan sangat ahli saat memainkannya.

Namun di zaman digital seperti sekarang kalian tidak perlu repot untuk memiliki monopoli secara fisik karena trend permainan ini mampu dinikmati lewat smartphone kalian masing-masing. Hal yang lebih menggembirakannya lagi permainan Monopoly versi mobile 100% mirip layaknya permainan monopoli secara fisik baik cara bermaian dan aturan yang dimiliki. Sehingga disaat kalian baru pertama kali mencoba game ini tidak akan dikesulitan untuk beradaptasi dalam permainan.

Pelajaran bisnis yang didapatkan dari permainan Monopoly ini adalah kalian akan mengetahui bagaimana cara melakukan negosiasi dengan lawan, bagaimana cara mengatur keuangan yang dimiliki untuk ditempatkan ke berbagai aset yang potensial, memanfaatkan keberuntungan yang dimiliki, dan bagaimana agar bisnis yang dimiliki tidak bangkrut akibat pengelolaan yang salah.

Hal yang lebih penting lagi dalam permainan Monopoly adalah sebagai seorang pebisnis kalian harus berhati-hati karena ada pajak yang harus dibayar dan resiko jeruji besi jika kalian salah mengambil langkah.

Cooking Academy – Restaurant Royale

Kalian punya hobi memasak dan berencana untuk membuka restoran atau cafe di masa depan ?

Jika iya, game android yang satu ini bisa kalian jadikan rujukan untuk belajar dan belatih bisnis sebelum terjun langsung di dalam bisnis secara nyata.

Cooking Academy – Restaurant Royale memberikan pelajaran bisnis dimana didalam pengelolaan suatu restoran kalian harus mampu memperhitungkan berbagai aspek agar bisnis yang dijalankan mampu memberikan keuntungan yang signifikan.

Aspek yang pertama adalah tentang kenyamanan tempat yang kalian jadikan restoran. Pengunjung yang datang pasti akan sangat mempertimbangkan hal ini disaat mereka memilih restoran untuk makan. Jika kalian mampu membuat suasana yang nyaman tentu para pelanggan akan merasa senang dan bersedia untuk datang kembali dilain waktu.

Aspek yang kedua merupakan aspek yang paling penting yaitu cita rasa makanan yang kalian hasilkan. Aspek ini sangat penting karena hal yang menjadi penilaian para pelanggan atas suatu restoran adalah rasa makanan yang disajikan. Jika kalian menyajikan makanan yang tidak sedap kepada para pelanggan, tentu mereka tidak akan memilih restoran kalian sebagai rekomendasi tempat makan.

Lewat game ini berbagai aspek kesuksesan dalam berbisnis akan kalian pelajari sedikit demi sedikit.

Air Tycoon Online

Air Tycoon Online Via play.google.com

Game android yang satu ini merupakan permaian yang sangat kompleks dan memiliki banyak fitur yang akan mengasah kemampuan kalian dalam berbisnis. Air Tycoon Online menawarkan permainan dimana kalian akan mengelola suatu maskapai penerbangan. Rute penerbangan yang bisa kalian buka di dalam permainan ini tidak hanya terbatas pada suatu kota saja melainkan di seluruh dunia.

Game ini menawarkan interaksi yang sangat baik dimana hal ini telah tercermin sejak awal kalian memainkannya. Diawal permainan kalian akan merasakan layaknya sedang melakukan wawancara kerja  dengan seorang atasan. Hal ini sangat penting karena nantinya kalian akan berperan sebagai seorang CEO yang bertugas mengurus keseluruhan perusahaan maskapai.

Dasar-dasar bisnis di dalam permainan ini sangatlah lengkap jika kalian tertarik untuk merasakan berbisnis maskapai penerbangan. Hal tersebut dapat terjadi karena dalam permainan ini kalian akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk membuka sebuah maskapai penerbangan, jenis tiket apa saja yang bisa dijual, memilih rute penerbangan yang paling menguntungkan. Bahkan kalian akan diberi ilmu teknis tentang teknologi suatu pesawat terbang secara keseluruhan. Sebuah pengalaman bermain yang sangat menyenangkan sekali bukan.

Business Inc.

Game android yang satu ini akan membawa kalian ke dunia start up yang sesungguhnya. Lewat game ini kalian akan berperan layaknya seorang game developer yang baru merintis bisnis dan belum memiliki banyak modal untuk menyewa kantor yang mewah dan juga belum memiliki banyak pegawai yang bisa direkrut.

Lewat Business Inc kalian akan merasakan bagaimana perjuangan seorang Bill Gates dalam mendirikan Microsoft dan Mark Zuckerburg dengan Facebook. Bill Gates merintis Microsoft dari garasi rumahnya dan Mark Zuckerburg mulai merintis Facebook dari kamar asramanya selama berkuliah. Disini kalian akan merasakan hal yang sama dimana diawal permainan, kantor yang dimiliki hanyalah sebuah garasi rumah yang sangat kecil.

Selain itu kalian juga hanya mampu merekrut maksimal 2 karyawan diawal permainan karena terkendala biaya dan tempat yang belum mampu kalian penuhi.

Meskipun ditengah berbagai keterbatasan, kalian harus mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Mulai dari karyawan dan sumber dana yang harus dimanfaatkan dengan optimal.

Disini kalian akan belajar bagaimana mengelola sumber daya manusia mulai dari memberikan training agar mereka memiliki keterampilan yang lebih baik, memberikan bonus agar semangatnya terus terjaga, dan memberikan tambahan gaji jika keterampilan dan dedikasi yang ia berikan untuk karyawan telah teruji dengan baik.

Bukan Cuma itu saja, kalian juga harus bisa menentukan proyek game apa yang harus dilakukan agar mampu menghasilkan keuntungan yang optimal bagi perusahaan. Dengan mempertimbangkan aspek biaya dan potensi pendapatan yang akan didapat.

Jika kalian sangat tertarik dalam dunia start up atau game developer, saya sangat menyarankan kalian untuk memainkan Business Inc sebagai permaian yang akan mengasah keterampilan bisnis yang dimiliki.

AdVenture Capitalist

Game selanjutnya yang bisa kalian mainkan adalah AdVenture Capitalist. Didalam permainan ini kalian akan diajari bagaimana menjadi seorang pebisnis sejati yang mampu menghasilkan keuntungan yang optimal.

Permaianan ini akan membawa kalian untuk membuka sebuah bisnis kecil yang harus kalian tekuni secara konsisten. Bisnis yang kecil tadi harus kalian kembangkan sampai menjadi besar dan memiliki keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya.

Pelajaran bisnis yang dapat kita ambil dari permainan ini adalah pentingnya fokus dalam menjalankan suatu usaha. Dengan adanya fokus perkembangan usaha dapat lebih optimal dibandingkan dengan mencoba berbagai bisnis yang kemudian malah berakhir pada kegagalan karena tidak adanya fokus.

Game android ini juga mengajarkan kepada kalian tentang bagaimana suatu bisnis dibangun, promosi apa yang harus dilakukan agar menarik. Serta apa yang harus kita lakukan agar dapat bertahan dalam bisnis yang ditekuni.

Game Android yang Bermanfaat

Daftar game andoid diatas merupakan beberapa permainan yang mampu mengasah keterampilan kalian dalam berbisnis. Sehingga ilmu bisnis tidak harus kalian dapatkan dengan cara formal tapi bisa kalian dapatkan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Baca : Game Penguji Kesabaran Yang Patut Kamu Coba

Selain itu waktu luang yang kalian miliki tidak akan terbuang sia-sia. Hal ini  dikarenakan game android diatas menawarkan banyak sekali ilmu bisnis yang bisa didapat dengan cara yang berbeda.

Jadi dibandingkan menghabiskan banyak waktu luang untuk kegiatan yang percuma dan tidak ada manfaatnya. Lebih baik dihabiskan dengan bermain game bisnis yang terbukti mampu memberikan manfaat bagi kalian yang memainkannya.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close