Tekno

Google: Jangan Pasang Aplikasi Kami di Perangkat Huawei

Sejak Mei 2019 lalu, Huawei telah dilarang untuk bekerja sama dengan Google karena diduga melakukan aksi spionase oleh pemerintah Amerika Serikat. Akibat larangan tersebut, perangkat pertama Huawei yang terkena sanksi, yakni Seri Mate 30 tidak bisa memasang berbagai macam aplikasi milik Google.

Seri Mate 30 sendiri adalah ponsel pintar yang tidak diragukan lagi kualitasnya, khususnya kualitas kamera. Namun, ponsel pintar keluaran Huawei tersebut tetap memiliki kekurangan yang begitu mencolok yang kemudian membuat para calon konsumennya enggan untuk membelinya, yaitu Seri Mate 30 tidak menyediakan aplikasi-aplikasi Google.

Andalkan Aplikasi Sampingan

Bagi para pembeli Seri Mate 30 di China tidak akan mempermasalahkan absennya aplikasi Google di perangkat Huawei. Namun, untuk para pembeli yang berada di luar China, absennya aplikasi-aplikasi Google tentu menjadi masalah yang serius.

Hasilnya, beberapa di antara mereka ada yang mencari cara bagaimana aplikasi Google tetap bisa diakses di Seri Mate 30. Dan ketika para pembeli itu mencari cara bagaimana aplikasi Google tetap bisa diakses di Seri Mate 30, mereka akan bisa menemukannya dengan mudah.

Hokoonho, seorang kreator konten dari China juga sudah membeberkan bagaimana caranya mengakses aplikasi Google di perangkat Seri Mate 30. Di saluran Youtubenya, Hokoonho menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlanjur membeli Seri Mate 30. Sampai artikel ini ditulis, video yang diunggah Hokoonho pada 11 Oktober 2019 lalu itu sudah ditonton lebih dari 66 ribu kali.

Baca juga: Mate 30 Series Bisa Gunakan Layanan Google, Sanksi Dicabut?

Google Larang Aplikasinya di Pasang di Huawei

Aksi yang dilakukan oleh para pembeli Seri Mate 30 tentu sudah terendus oleh Google sejak lama. Namun, perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat itu memang masih diam selama beberapa bulan terakhir ini.

Namun, baru-baru ini mereka juga sudah mengeluarkan pernyataan terkait alasannya tidak lagi mendukung Huawei dalam ikatan bisnis. Selain menjelaskan alasan mengapa mereka tak lagi berbisnis dengan Huawei, Google juga mewanti-wanti para pengguna untuk tidak memasang aplikasi mereka di perangkat Huawei.

Di laman dukungan, Tristan Ostrovski selaku Direktur Legal untuk Android dan Play menyampaikan bahaya yang bisa didapatkan para pengguna perangkat Huawei apabila masih nekat untuk memasang aplikasi Google di Seri Mate 30.

Bahaya yang bisa didapatkan oleh para pengguna adalah bahaya keamanan di mana aplikasi yang tidak mendapakan sertifikat cenderung mengandung malware dan yang lainnya. Oleh karena itu, baiknya para pengguna perangkat Huawei tidak memaksakan diri untuk memasang aplikasi-aplikasi Google.

Baca juga: Google Ungkap Alasan Aplikasinya Tak Ada di Perangkat Huawei

“Aplikasi Google yang dipindahtangankan tidak akan berfungsi dengan baik karena kami tidak mengizinkan layanan tersebut berjalan pada perangkat yang tidak bersertifikat. Mengesampingkan aplikasi Google (yang tidak diunduh secara resmi) juga berisiko tinggi pada terpasangnya aplikasi yang telah diubah atau dirusak dengan cara yang dapat membahayakan keamanan pengguna,” ucap Tristan Ostrovski.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close