Tekno

Mate 30 Series Bisa Gunakan Layanan Google, Sanksi Dicabut?

Andalkan Pihak Ketiga

Pada September 2019 lalu, Huawei telah merilis smartphone andalan terbarunya, yaitu Mate 30 dan Mate 30 Pro. Sayang, kedua perangkat andalan Huawei itu tidak mendapatkan dukungan Google karena masuk ke dalam daftar hitam Pemerintah AS.

Baca juga: Akhir Tahun 2019, Huawei Akan Jual Seri Mate 30 di Indonesia

Karena tidak bisa menggunakan layanan Google, para pengguna pun mencoba mencari jalan keluar dengan menginstal play services pada Mate 30 yang memungkinkan mereka bisa menggunakan Mate 30 selayaknya ponsel pintar pada umumnya.

Begini Cara Akses Google di Mate 30 Series

Para pengguna yang ingin mengakses layanan Google di Mate 30 Series diketahui menggunakan dua metode. Pertama, para pengguna memanfaatkan aplikasi yang bernama LZPlay. Namun, para pengguna harus siap menerima konsekuensinya di mana LZPlay akan mengakses inti dari sistem operasi di ponsel Mate 30 Series.

LZPlay sendiri berasal dari pengembang yang tidak diverifikasi. Hasilnya, LZPlay langsung diblokir oleh pihak Google dan Huawei karena membahayakan. Kedua, metode yang digunakan untuk mengakses layanan Google adalah memanfaatkan salinan format kerja dari LZPlay sebelum dihapus.

Metode kedua dengan memanfaatkan salinan format kerja dari LZPlay lebih berbahaya dari metode pertama. Meskipun begitu, ternyata para pengguna masih tetap ngotot karena mereka ingin mengakses layanan Google di Mate 30 Series.

Ada Metode yang Lebih Aman

Sebuah saluran YouTube asal China, Hokoonho, telah membeberkan bagaimana caranya mengakses layanan Google tanpa harus menggunakan dua metode sebelumnya yang dianggap berbahaya. Jadi, metode ketiga yang dianggap lebih aman ini menggunakan VMOS yang merupakan singkatan dari virtual machine operating system.

Dengan menggunakan VMOS, beberapa layanan milik Google bisa dijalankan dengan normal. Meski disinyalir lebih aman, para pengguna tetap tidak disarankan menggunakan berbagai macam metode hanya untuk mengakses layanan Google di Mate 30 Series, termasuk menggunakan VMOS.

Baca juga: Tanpa Dukungan Google, Huawei Mate 30 Diyakini Tetap Laku

Meski meluncur tanpa dukungan Google, pihak Huawei mengklaim jika Mate 30 Series telah terjual lebih dari satu juta unit hanya dalam waktu tiga jam. Namun, klaim tersebut hanya terjadi di China saja. Adapun untuk pasar global, penjualan Mate 30 Series ini belum diketahui secara pasti.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close