Internet

Google Tambahkan Fitur Pengelompokan Tab di Chrome

Chrome adalah peramban keluaran Google. Chrome saat ini menjadi salah satu peramban yang paling banyak digunakan di dunia, baik itu di desktop maupun di smartphone. Ada banyak alasan mengapa Chrome banyak digunakan, dan salah satu alasannya adalah Chrome memiliki beberapa fitur menarik.

Meski saat ini Chrome banyak digunakan, Google tidak berpuas diri dengan fakta yang demikian itu. Pihak perusahaan terus mencoba untuk menghadirkan berbagai macam fitur baru di perambannya guna membuat Chrome semakin mumpuni dan mengungguli para pesaingnya.

Baca juga: Google Akan Terapkan Pemblokiran Iklan di Chrome dan YouTube

Chrome Garap Fitur Pengelompokan Tab

Rabu (13/5/2020), Google telah mengumumkan bahwa mereka sedang menguji coba fitur baru di Chrome. Fitur baru yang sedang diuji coba oleh pihak perusahaan adalah fitur pengelompokan tab menjadi satu grup sebagaimana yang disampaikan oleh Edward Jung selaku insinyur UX Chrome di laman resmi perusahaan.

Dengan adanya fitur pengelompokan tab tersebut, maka para pengguna yang membuka banyak tab bisa melakukan pengaturan dengan mudah. Google sendiri juga sudah memungkinkan para pengguna untuk mencoba fitur pengelompokan tab di Chrome Beta.

Implementasi pengelompokan tab Google terlihat cukup pintar, para pengguna dapat membuat grup dengan mengklik kanan pada satu tab dan memberinya nama dan warna khusus. Kemudian, para pengguna akan melihat warna grup di bawah semua tab yang termasuk dalam grup.

Selain itu, para pengguna juga dapat menarik tab dari grup satu ke grup lainnya jika mereka ingin mengubah pengaturannya. Edward Jung di laman resmi juga menyampaikan bahwasanya para pengguna bisa menggunakan emoji sebagai nama grup.

Chrome sendiri bukanlah peramban pertama yang menawarkan fitur pengelompokan tab, karena Vivaldi sudah lebih dulu menghadirkan fitur pengelompokan tab di perambannya. Jadi, Chrome adalah peramban kedua yang menghadirkan fitur pengelompokan tab untuk perambannya.

Baca juga: Cara Aktifkan Dark Mode Chrome di PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Sebelumnya, Chrome juga sudah memungkinkan para penggunanya untuk mengelompokkan tab. Namun untuk melakukan hal yang demikian itu, para pengguna harus menggunakan ekstensi dari pihak ketiga. Adapun untuk peluncuran fitur pengelompokan tab, Google mengaku akan meluncurkannya minggu depan secara bertahap.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close