BloggingOptimasi Blog

Rahasia Membuat Blog Mampu Bersaing di Halaman Pertama Google

Membuat website atau blog yang mampu bersaing di halaman pertama mesin pencari, pastinya merupakan sebuah cita-cita dan target pencapaian dari setiap blogger di Indonesia. Tidak terkecuali untuk mereka yang masih menyandang status sebagai blogger pemula.

Keinginan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari, adalah untuk meningkatkan jumlah trafik pengunjung organik (perngunjung yang berasal dari mesin pencari). Serta membuat blog tersebut semakin besar dan terkenal.

Namun, ada alasan lain untuk menjadikan blog berada di halaman pertama, yaitu agar blog mampu menghasilkan uang yang banyak untuk si pengelola blog. Penghasilan tersebut bisa didapatkan, karena kebanyakan program periklanan akan membayar. Berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan klik terhadap iklan yang terdapat pada blog tersebut.

Mampukah blog saya muncul di halaman pertama

Mampukah blog saya muncul di halaman pertama

Berada dalam deretan blog yang tampil di halaman pertama mesin pencari, atau dalam kasus ini adalah halaman pertama Google sebagai “primadona” mesin pencari. Yang dipergunakan oleh sebagian besar pengguna internet di Indonesia, adalah sesuatu yang membanggakan sekaligus tidak mudah untuk dilakukan.

…Faktanya :

Banyak orang yang berminat untuk membuat dan menjadi seorang blogger, di Indoensia saja sudah terdaftar lebih dari 100juta blog, dan semakin hari akan semakin bertambah jumlahnya. Hal tersebut tentu saja akan menambah jumlah pesaing anda dalam merebut halaman pertama Google. Yang hanya bisa menampung 10 blog dengan konten yang serupa.

Kalau di lihat-lihat, halaman pertama mesin pencari lebih banyak dihuni oleh blog yang telah berdiri sejak lama, serta dikelola oleh blogger senior yang telah bergelut dengan dunia blog selama bertahun-tahun. Sehingga tidak jarang juga kita temukan adanya blog yang mampu menguasai halaman pertama mesin pencari untuk banyak kata kunci sekaligus.

Loading...

…Jadi, apa blog baru tidak pantas untuk halaman pertama mesin pencari?

…SANGAT PANTAS!

Setiap blog memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi muncul, dan menjadi nomor satu di halaman pertama mesin pencari, tidak terkecuali untuk blog yang masih baru didirikan. Semua itu bisa anda peroleh dengan beberapa optimasi SEO dan SERP. Untuk membuat blog anda berpeluang muncul di halaman pertama sebuah mesin pencari, khususnya pencarian Google.

…Lalu, apa yang perlu dilakukan agar blog saya muncul di halaman pertama?

Baca, dan praktekkan beberapa ulasan di bawah ini, yang merupakan Rahasia dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog. Dan otomatis juga sebagai penunjang munculnya blog anda di halaman pertama mesin pencari, meskipun blog tersebut masih seumuran jagung.

1# Optimalkan target kata kunci pada tulisan anda

Optimalkan target kata kunci untuk membuat blog muncul di halaman pertama

Dalam membuat sebuah blog yang mampu bersaing di halaman pertama Google, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan penggunaan kata kunci pada setiap tulisan yang anda terbitkan.

…Bagaimana cara mengoptimalkan kata kunci ?

Mengoptimalkan penggunaan kata kunci, dapat anda lakukan dengan menyisipkan kata kunci yang padat pada tiap artikel.

Misalnya, anda ingin menerbitkan sebuah artikel dengan “Nyamuk” sebagai kata kunci utamanya.

Maka, yang perlu anda lakukan adalah menyisipkan kata “Nyamuk” pada judul tulisan anda, url halaman, paragraf pertama pada artikel, tag H1 s/d H3. Dan memperbanyak penggunaan kata “Nyamuk”, hinggi lebih kurang 1 – 2% dari artikel anda.

Bagi pengguna platform WordPress, anda akan lebih dipermudah lagi dalam menyusun artikel yang padat kata kunci dengan mempergunakan plugins bernama Yoast. Dengan penggunaan plugin tersebut maka anda dapat membuat kata kunci yang padat, dan tersusun untuk menunjang munculnya blog anda di halaman Google.

Tapi, anda perlu ingat!, jangan pernah menuliskan kata kunci yang berlebihan untuk mengurangi resiko tulisan dan blog anda dianggap spam oleh Google. Selain itu, dalam menuliskan kata kunci, sebaiknya dilakukan senatural mungkin, untuk menghindari keanehan dalam pengejaan tulisan.

2# Tulislah minimal 1000 kata pada artikel

menulis artikel dengan panjang 1000 kata untuk menunjang halaman pertama mesin pencarian

Ketika masih sekolah, saya yakin anda telah mendapatkan pendidikan tentang bagaimana dasar menulis yang baik dan benar. Yaitu dengan menuliskan  pembuka, isi, serta penutup.

…Untuk website dan blog, cara menulis tersebut masih sama!

Artikel yang baik, adalah artikel yang dituliskan secara lengkap. Sehingga anda membutuhkan setidaknya 1000 kata dalam menulis artikel tersebut.

…Dari segi SEO,

Robot penjelajah Google, lebih senang menjelajahi situs-situs yang kaya informasi dan berbobot, tentu jika anda menulis artikel seenaknya saja (kurang dari 300 kata). Mana mungkin tulisan tersebut bisa masuk kedalam kategori tulisan berbobot, kalaupun bisa kemungkinannya tipis.

…Dari segi manusia,

Hanya ada satu alasan mengapa pengguna internet menunjungi situs anda, BUTUH INFORMASI.

Ya,, jika kita sudah tau bahwa mereka membutuhkan informasi, apa tulisan yang tidak lengkap dan terdiri kurang dari 300 kata mampu menyenangkan mereka?

Saya rasa tidak.

Maka dari itu, menulis artikel yang panjang dan lengkap sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

Dengan hadirnya blog dan tulisan anda yang begitu padat dan lengkap, serta memiliki bobot dan kualitas yang baik. Maka blog anda akan semakin sering dikunjungi, dan akan berpengaruh terhadap rangking blog di halaman pertama mesin pencari.

3# Perhatikan teknik menyusun paragraf pada artikel

membuat paragraf yang singkat untuk kemanyaman pengunjung Sejatinya, sebuah paragraf terdiri dari 4 – 5 kalimat, namun dalam kasus ini anda tidak sedang menulis buku, melainkan menulis di sebuah web.

Pertanyaannya, apa pengunjung blog anda akan betah membaca apabila anda “menodong” mereka dengan tulisan dengan paragraf yang panjang, dan membuat mata mereka cepat lelah?

…Tentu mereka tidak betah.

Anda perlu menulis sebuah paragraf dengan berisikan hanya 2 atau 3 kalimat saja, hal ini bertujuan untuk membagi-bagi tulisan. Dan memberikan batas agar pengunjung dapat membaca dengan nyaman, meski anda menyajikan tulisan yang panjang.

Selain mempersingkat paragraf, anda dapat memberikan pembatas-pembatas lain berupa tag H1 – H3, dan memberikan menyelingi tulisan dengan gambar.

INGAT! > Blog yang mampu memberikan rasa nyaman kepada pengunjungnya, akan dicintai oleh pengunjung, sehingga blog anda tidak akan kesulitan dalam mencari trafik. Serta memperbesar peluang menjadi nomor satu di halaman pertama mesin pencari.

4# Pastikan blog anda tidak lemot saat diakses

mempercepat loading blog untuk menunjang akses halaman pertama google

Dalam berupaya membuat blog muncul di halaman pertama pencarian Google, tulisan yang berkualitas dan berbobot saja tidak akan cukup. Bila tidak dibarengi dengan kecepatan akses halaman blog tersebut.

…Mengapa tidak, toh artikel saya bermanfaat

Bagini saja, seandainya anda sedang membutuhkan informasi, dan kebetulan ada sebuah web/blog yang menyediakan informasi tersebut. Tapi, sayang sekali karena web tersebut sangat lambat saat diakses, padahal anda yakin tulisan yang ditawarkan bermanfaat.

…So, apa yang anda perbuat?

Saya yakin anda akan memilih untuk menutup tab halaman blog tersebut, dan memilih untuk mencari informasi serupa di Google.

Hal inilah yang membuat kecepatan loading/akses sebuah blog menjadi faktor penting dalam memberikan kenyamanan pengunjung, serta untuk membuatnya mampu bersaing di halaman pertama.

Mempercepat loading blog, dapat dilakukan dengan menggunakan template yang ringan dan direkomendasikan oleh banyak orang dan menggunakan hosting yang berkualitas (bila menggunakan hosting pribadi). Selain itu, melakukan beberapa optimasi pada struktur kodenya juga akan berpengaruh dalam mempersingkat waktu loading sebuah blog.

5# Mempertahankan durasi kunjungan (Dwell time)

meningkatkan durasi kunjungan untuk mendapatkan halaman pertama mesin pencari

Dwell time, atau lamanya dirasi waktu yang dihabiskan pengunjung adalah salah-satu cara untuk membuat blog anda tampil nomor satu di halaman pencarian.

Maksudnya, anda harus membuat blog anda semenarik mungkin, agar jangan sampai pengunjung hanya menghabiskan waktunya membaca satu buah artikel saja. Atau jangan sampai mereka pergi padahal belum selesai membaca satu artikelpun.

…Bagaimana cara agar memperlama durasi kunjungan situs saya?

Pertama, dapat anda lakukan dengan menulis artikel yang berisikan 1000 kata atau lebih. Hal ini ditujukan agar pengunjung dapat membaca sembari melihat-lihat beberapa artikel lain, sehingga mereka tergugah untuk membacanya juga.

Untuk rincianya sudah saya berikan pada poin nomor 2, tapi perhatikan juga bahwa menulis artikel yang berisikan 1000 kata atau lebih bukanlah hal yang mudah. Perlu latihan dan rutin agar terbiasa dan bisa memunculkan ide sebanyak itu.

Yang paling penting dalam menulis artikel 1000 kata, yaitu pastikanlah untuk memberikan tulisan dan informasi yang berbobot, sehingga pengunjung mau membaca tulisan sampai selesai.

Kedua, dapat anda lakukan dengan membuat sebuah artikel dengan memberikan judul yang menarik untuk dibaca. Hal ini akan berkaitan dengan menulis 1000 kata, yang mana saat pengunjung sedang membaca, mereka akan melihat tulisan lain dengan judul yang cukup menarik. Sehingga mereka akan meluangkan waktu untuk turut membaca tulisan tersebut setelah rampung membaca tulisan pertama.

Meningkatkan durasi kunjungan sangat diperlukan, karena akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa memberikan tulisan berbobot dan pengunjung menyukai blog anda. Tentu saja rangking blog anda akan naik dan siap untuk nangkring di halaman pertama.

6# Permudah navigasi pada halaman blog anda

mempermudah navigasi untuk mendapatkan halaman pertama google

Navigasi yang mudah pada halaman blog, tentu merupakan salah satu faktor pendongkrak popularitas blog di halaman pertama mesin pencarian.

Jangan sampai anda menyepelekan fungsi dari navigasi blog, atau jangan sampai pada halaman blog anda tidak terdapat navigasi sama-sekali. Navigasi bertujuan agar pengunjung dapat menjelajahi blog anda secara meksimal, sehingga mereka dapat menemukan berbagai macam informasi yang mereka butuhkan.

Navigasi pada halaman blog dapat berbentuk sub menu, widget arsip, dan juga related post pada akhir artikel. Hal ini juga penting untuk meningkatkan durasi kunjungan, dan membuat blog anda nyaman serta disukai oleh pengunjung, dan juga mesin pencari.

7# Jangan lupakan backlink

memperbanyak backlink berkualitas untuk menunjang halaman pertama google

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam membuat website atau blog muncul di halaman pertama mesin pencari, adalah dengan mencari backlink sebanyak-banyaknya namun berkualitas.

…Apa itu backlink?

Backlink merupakan sebuah link yang terdapat pada website atau blog orang lain, tapi saat di klik akan menuju ke halaman blog anda.

…Mengapa backlink begitu bermanfaat?

Dalam kasus ini, anggap saja blog adalah sebuah rumah. Anda baru saja memberikan sebuah lukisan yang cantik kepada tetanggan anda, lalu oleh tetangga anda lukisan tersebut dipajangnya di ruangtamu.

Keesokan harinya tetangga anda mendapat kunjungan oleh seorang teman, dan teman tersebut tertarik dengan lukisan anda. Maka sudah pasti teman dari tetangga anda akan berkunjung ke rumah anda untuk mendapatkan lukisan yang sama seperti yang dimiliki oleh tetangga anda.

Dalam kasus tersebut, hanya karena lukisan tersebut rumah anda mendapatkan kunjungan. Sama seperti backlink, hanya karena link yang disematkan pada blog orang lain blog yang anda miliki juga ikutan mendapatkan pengunjung.

…TAPI, dalam mengumpulkan backlink, anda perlu memastikan bahwa backlink yang didapatkan adalah backlink yang benar-benar berkualitas. Berkualitas dalam artian berasal dari blog orang lain yang memiliki rangking setara atau di atas anda. Serta membahas topik yang cukup berkaitan dengan apa yang anda bahas.

Backlink yang berasal dari situs spam, p**no, dan per**dian justru berpotensi membuat blog anda dianggap spam juga oleh google, serta membuat blog anda rentan terhadap penalty.

8# Terbitkan artikel yang tidak akan pernah basi

menulis artikel berkualitas dan tidak mudah basi untuk mendapatkan popsisi halaman pertama

Poin lain untuk meningkatkan peluang menduduki halaman pertama mesin pencari, yaitu dapat ditempuh dengan menerbitkan artikel berkualitas, namun tidak mudah untuk basi.

Artikel tidak mudah basi, biasanya didominasi oleh kumpulan tips dan trik, entah itu tips blogger, tips kesehatan, atau trik mengelola keuangan. Sedangkan artikel cepat basi adalah artikel berita, dan lifestyle.

…Mengapa artikel tips dan trik direkomendasikan?

Sebenarnya antara artikel tips maupun berita, peluang muncul dihalaman pertama adalah sama. Toh, banyak juga kita lihat situs berita yang selalu mendiduki peringkat pertama Google.

TAPI ….

Dari sekian banyak situs berita, yang mendominasi halaman pertama hanyalah blog atau website besar seperti Kompas, Vivanews, dan Okezone. Wajar saja mereka mampu menduduki peringkat pertama, karena banyaknya orang yang terlibat dalam perkembangan situs tersebut.

Sedangkan untuk situs atau blog anda yang hanya dikelola oleh satu orang saja, waduh tentu anda akan sering ketinggalan berita. Belum lagi anda harus menulis setiap hari (Beda hari, beda berita).

Maka, disarankan untuk membuat blog dengan topik tips dan trik, untuk membuat tulisan tersebut dapat terus dibutuhkan dan dicari, meski anda tidak melakukan update selama berbulan-bulan. Karena artikel yang berisikan tutorial dan tips, biasanya akan bertahan lama bahkan ada juga yang tidak memiliki masa expired sama sekali.

9# Kembangkan ide dan jangan pernah copy paste artikel orang

menerbitkan artikel original untuk mendapatkan posisi di halaman pertama Google

Menulis memang tidak selamanya merupakan hal yang mudah, bila tidak dibarengi dengan ketekunan dan latihan. Tentunya menulis akan menjadi hal yang semakin sulit lagi.

Orang yang sudah terbiasa menulis, biasanya tidak akan kesulitan mencari ide dan bahan tulisan. Hal tersebut menyebabkan anda perlu terus-menerus menulis, agar inspirasi anda dapat semakin terbuka.

TAPI . .

Ada saja blogger pemula, yang menggunakan cara curang dengan menggunakan artikel orang lain tanpa seijin penulisnya. Tidakan copy paste bukan hanya berbahaya bagi kelangsungan blog anda, melainkan membuat anda semakin malas, dan tidak berkembang.

…Jangan mencuri artikel orang lain!

Hargailah mereka yang telah menulis, anda dapat menghubungi mereka untuk sekedar meminta ijin untuk menerbitkan ulang artikel mereka. Tentunya dengan credit link yang menuju ke sumber asli.

Jika anda memang ingin menulis tetapi sudah ada orang lain yang menulis hal yang serupa, itu bukanlah tindakan copy paste selama anda menulisnya dengan gaya bahasa. Sudut pandang yang berbeda, serta pengetahuan anda sendiri (pokoke jangan sama).

10# Daftarkan blog anda ke situs webmaster

mendaftarkan blog ke webmaster untuk menunjang halaman pertama mesin pencari

Setelah anda menyajikan artikel yang berkualitas dan lengkap, serta kesembilan poin di atas sudah anda jalankan. Maka hal terakhir yang jangan sampai lupa anda lakukan adalah mendaftarkan website atau blog ke situs webmaster.

Mendaftarkan blog ke webmaster (Google, Bing, Yahoo, Yandex) merupakan salah-satu langkah wajib agar blog cepat terindex di halaman pencarian yang bersangkutan.

Jangan kawatir, untuk mendaftarkan blog anda ke webmaster itu sangat mudah, terlebih untuk anda yang menggunakan WordPress dan telah menginstal plugin Yoast. Dengan terindexnya blog anda di mesin pencari, maka kesempatan untuk blog anda tampil di halaman pertama mesin pencari semakin terbuka lebar.

Baca Juga : Alasan Mengapa Anda Harus Meggunakan Hosting Pribadi

Itu dia beberapa hal yang menjadi rahasia membuat blog muncul di halaman pertama mesin pencari, khususnya mesin pencarian Google.

Dengan munculnya blog anda di halaman pencarian, tentu akan memberikan efek yang baik untuk reputasi dan popularitas blog anda. Bukan hanya itu, penghasilan blog anda dari program periklanan (Adsense) akan semakin bertambah berkat banyaknya trafik kunjungan blog anda.

Silahkan di praktekkan langkah-langkah di atas, dan jangan berkecil hati meskipun blog anda masih seumur jagung,  sukses selalu 🙂



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *