Review ProdukTekno

Huawei P9 Lite ke Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasi & Harganya!

Huawei P9 Lite – Para gadget holic di Indonesia dipastikan akan mendapatkan satu lagi pilihan brand smartphone terbaik, dari salah satu perushaan terbesar yang berbasis di China.

Meski sedikit terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan yang dirumorkan akan diluncurkan pada bulan Agustus 2016, Akhirnya Huawei secara resmi melepas Huawei P9 Lite terbaru mereka melalui jalur pre order pada 23 September 2016.

Pemesanan pre order Huawei P9 Lite dapat dilakukan melalui beberapa toko online terbesar di Indonesia seperti Mataharimall.com, Alfacart, Binneka, dan yang lainnya.

Untuk pemesanan secara offline Huawei P9 Lite dapat dilakukan melalui outlet Erafone, Telesindo, Indosat Gallery, dan outlet resmi Huawei.

Pemesanan Huawei P9 Lite melalui gerai offline baru dapat dilakukan pada 1 Oktober 2016 mendatang.

Foto : AndroidPIT via Googleimage
Foto : AndroidPIT via Googleimage

Dalam peluncuran perdananya, di kantor Huawei, Gedung BRI II, Jakarta, Kamis (22/9/2016), Country Director, Huawei Device, Jhonson MA, mengatakan, “sekarang semua orang bisa #SHOOTLIKEPRO menggunakan smartphone kami yang sangat mudah digunakan dimana saja kapan saja.” (detik)

Jika melihat ucapan tersebut, sepertinya Huawei P9 Lite disajikan untuk para gadget holic yang gemar melakukan selfie dan fotografi.

Apakah anda salah satu nya ? Jika iya, jangan beranjak dari layar anda. Tetaplah bersama saya di sini, untuk mengetahui review Huawei P9 Lite.

Loading...

Huawei P9 Lite Review Indonesia

Desain Body

Dari segi bentuk, Huawei P9 Lite tidak ada perbedaan yang mencolok. Bentuk bodi masih sama dengan smartphone pada umumnya. Hanya saja ketika anda menggenggam Huawei P9 Lite, anda akan benar-benar merasakan perbedaannya.

Huawei P9 Lite menggunakan bahan besi untuk rangka utamanya, sementara bagian belakang Huawei menggunakan bahan polycarbonate. Huawei menawarkan sebuah smartphone yang mantap dan tidak mudah tergelincir saat berada selama dalam genggaman anda.

Jika sesuatu yang tidak diinginkan benar terjadi, maka rangka besi utama dipastikan dapat menghindari resiko kerusakan fatal yang diakibatkan dari sebuah benturan.

Dimensi total body Huawei P9 Lite berukuran 146.8 x 72.6 x 7.5 mm dengan bobot 147 gram. Begitu ramping dan sangat ringan. Bahkan sangat nyaman untuk dioperasikan dengan oleh satu tangan, meskipun anda memiliki tangan berukuran kecil.

Nuansa ramah pengguna juga diperkuat dengan peletakan tombol-tombol navigasi penting. Tombol power Huawei P9 Lite berada di sisi samping bodi sebelah kanan, disejajarkan dengan tombol volume di bagian atasnya. Di bagian atas sebelah kanan anda hanya akan menemukan port audio. Sementara port charger tetap di bagian bawah.

Perubahan segar dilakukan pada speaker. Speaker Huawei P9 Lite diletakan di sisi kanan dan kiri port charger. Konsep disain ini membuat speaker Huawei P9 Lite tetap dapat mengeluarkan suara berkualitas meski perangkat diletakan dalam posisi layar di bawah atau di atas.

Prosesor & RAM

Smartphone Huawei P9 Lite menggunakan SoC Kirin 650 Quadcore 2,0 dan 1,7 GHz dan dipadukan dengan RAM sebesar 3GB.

Chipset SoC Kirin 650 adalah chipset ekslusif yang dirancang sendiri oleh Huawei, dan tidak pernah akan ditemukan pada smartphone lainnya.

Dibandingkan dengan Chipset lainnya, SoC Kirin memiliki keunggulan yang mumpuni terutama dari sisi pemakaian dan manajemen daya, juga dari sisi dukungan jaringan selular.

Bedasarkan hasil uji benchmark yang dilakukan dengan alat benchmark 3DMark, smartphone Huawei P9 Lite mendapatkan skor paling tinggi dibandingkan smartphone lain yang menjadi pesaingnya.

Gambar : 3DMark Benchmarck via Metrotvnewscom
Gambar : 3DMark Benchmarck via Metrotvnewscom

Sistem Operasi & Interface

Huawei P9 Lite merupakan salah satu smartphone terbaru di Indonesia yang sudah didukung dengan sistem operasi Android terbaru Marshmallow 6.0.

Huawei P9 Lite juga dibekali dengan antarmuka default bawaan yang disebut EMUI 6.0 yaitu antarmuka khusus yang sangat ringan, simple, dan tidak sangat hemat dalam mengkonsumsi daya pada baterai.

Antarmuka ini juga sangat colorfull dan responsif. App Drawer telah dihilangkan pada EMUI 6.0. Jadi, ketika anda ingin melihat semua aplikasi pada smartphone Huawei P9 Lite, anda cukup menggeser (swap) layar ke arah samping.

Huawei P9 Lite dibekali aplikasi default kesehatan yang bernama Health. Aplikasi ini memungkinkan smartphone ini secara otomatis memantau kesehatan penggunanya, dengan cara menghitung.

Health akan menghitung otomatis jumlah langkah, jarak tempuh lari dan bersepeda.

Kapsitas Baterai dan Memori Penyimpanan

Baterai Huawei P9 Lite berkualitas Li-ion dengan kapasitas lebih besar mencapai 3000 mAh. Daya tahan baterai Huawei P9 Lite cukup mengesankan. Saat digunakan untuk streaming video dan browsing internet smartphone Huawei P9 Lite dapat bertahan dalam waktu lebih dari 10 jam.

Untuk urusan penyimpanan, Huawei P9 Lite dibekali dengan memori internal sebesar 16 GB, dengan slot microSD hingga di atas 256 GB. Lihat hasil tes :

Gambar : GSM Arena via Metrotvnewscom
Gambar : GSM Arena via Metrotvnewscom

Hanya saja, slot microSD ini menggunakan slot SIM 2. Ini artinya ketika anda penyimpanan internal anda penuh, anda harus rela menonaktifkan kartu SIM 2 untuk merubahnya menjadi slot microSD.

Kamera

Kamera Huawei P9 Lite berkualitas 8 Megapixel dan 13 Megapixel dengan lensa berdiafragma F 2.0. Huawei P9 Lite bisa jadi salah satu smartphone dual kamera terbaik karena menawarkan banyak fitur untuk keperluan fotografi.

Fitur-fitur unggulan yang bisa ditemukan pada kamera Huawei P9 Lite diantaranya adalah :

  • Fitur Mode Pro, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengaturan kecepatan rana kamera, white balance, ISO, dan Exposure Value (EV).
  • Fitur Good Food, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk dengan mudah melakukan foto makanan dan mendapatkan kualitas terbaik.
  • Sementara untuk keperluan selfie, anda dapat menggunakan dua pilihan fitur yaitu fitur perfect selfie dan beauty.
  • Fitur Night Shot, adalah fitur yang membantu anda dengan mudah untuk memotret bintang dan membuat light painting.

Pilihan Warna

Smartphone android yang digadang-gadang masuk dalam jajaran middle ends ini tersedia dalam tiga pilihan warna diantaranya yaitu : warna hitam, warna putih, dan Gold.

Dimensi dan Teknologi Layar

Dimensi layar P9 Lite berukuran 5,2 inci full HD, dengan teknologi multi sentuh IPS. Layar smartphone Huawei P9 Lite, mampu menampilkan gambar beresolusi 1080 x 1920 dengan baik dengan tingkat kerapatan mencapai 424 ppi.

Konektivitas

Untuk memastikan semua pengguna P9 Lite mendapatkan kecepatan akses internet yang mengesankan. Huawei tidak hanya menggunakan jaringan 3G dan HSPA saja.

Smartphone P9 Lite sudah didukung dengan jaringan LTE cat6. Ini memungkinkan anda melakukan download dengan kecepatan di atas 100 Mbps, dan melakukan upload file dengan kecepatan akselerasi mencapai 50 Mbps.

P9 Lite juga dibekali dengan WiFi dual band, WiFi Direct dan Hotspot dengan kemampuan daya tangkap sinyal yang lebih stabil dan kuat. Sementara Bluetooth 4.1 dipastikan membuat P9 Lite dapat melakukan pengiriman file berbagai jenis ukuran secara cepat dan mudah.

Fitur

P9 Lite dilengkapi dengan fitur Voice Control. Ini adalah fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk melakukan panggilan keluar dengan cepat dan mudah cukup dengan panggilan suara.

Untuk menggunakan fitur Voice Control, pengguna cukup menekan tombol volume down dalam beberapa menit, lalu melakukan panggilan telepon keluar hanya dengan menyebutkan nama yang ada dalam daftar kontak ponsel.

Foto Produk Huawei P9 Lite & Tabel Spesifikasi

Sumber foto : Google Image
Sumber foto : Google Image
Detail SpesifikasiHuawei P9 Lite
ProsesorHiSilicon SoC Kirin 650 Octa-Core
RAM3 GB
Memori16 GB dengan microSD, up to 256 GB
BateraiLi-ion Non-removable 3000 mAh
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
Dimensi146.8 x 72.6 x 7.5 mm
Bobot147 g
SIMDual SIM (Nano Simcard)
Kamera13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash dan 8 MP, f/2.0
KonektifitasWi-Fi 802.11 b/g/n & Bluetooth v4.1, A2DP, LE
JaringanGSM / HSPA / LTE
WarnaGold, Hitam, dan Putih
Garansi1 Tahun

Video Unboxing Huawei P9 Lite

Sumber video YouTube via Recombu

Pro

  • Body  mewah dan elegan.
  • Kapasitas baterai lebih besar.
  • Antarmuka colorful, ringan, dan simple.
  • Fitur Fotografi lengkap.
  • Daya tahan baterai sangat baik.

Kontra

  • Pengisian baterai cukup lama.
  • Aplikasi bawaan tidak cukup banyak.
  • Tidak ada proteksi pada layar.
  • Fitur anti air tidak tersedia.

Tabel Perbandingan Sepsifikasi Huawei P9 & P9 Lite

Perlu diketahui, P9 Lite merupakan generasi kedua dari Huawei P9. Atau bisa dikatakan P9 Lite merupakan adik dari P9. Meski dari dari generasi yang sama yaitu P9, tapi keduanya masuk dalam kategori yang berbeda. P9 sendiri masuk dalam kategori high end, sementara P9 Lite masuk dalam kategori middle end.
Berikut perbedaann kedua smartphone ini bila dilihat dari segi spesifikasi :

Detail SpesifikasiHuawei P9 LiteHuawei P9
ProsesorHiSilicon SoC Kirin 650 Octa-CoreHiSilicon SoC Kirin 955 Octa-Core
RAM3 GB4 GB
Memori16 GB dengan microSD, up to 256 GB32 GB dengan microSD, up to 256 GB
BateraiLi-ion Non-removable 3000 mAhLi-ion Non-removable 3000 mAh
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)Android OS, v6.0 (Marshmallow)
Dimensi146.8 x 72.6 x 7.5 mm146.8 x 72.6 x 7.2 mm
Bobot147 g144 g
SIMDual SIM (Nano Simcard)Dual SIM (Nano Simcard)
Kamera13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash dan 8 MP, f/2.012 MP, f/2.0, autofocus, LED flash dan 8 MP, f/2.0
KonektifitasWi-Fi 802.11 b/g/n & Bluetooth v4.1, A2DP, LEWi-Fi 802.11 b/g/n & Bluetooth v4.1, A2DP, LE
JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE
WarnaGold, Hitam, dan PutihGold, Hitam, dan Putih
Garansi1 Tahun1 Tahun

Harga Huawei P9 Lite

Dapat dibeli secara online maupun online, P9 Lite dibandrol oleh Huawei dengan harga resmi Rp. 3.799.000, -. Huawei juga menyedia hadiah khusus dalam penjualan P9 Lite. Hadiah khusus tersebut bernilai hingga 1 jutaan selama persediaan masih ada.

Rival P9 Lite

Dari sektor lokal, P9 Lite sepertinya akan mendapatkan tantangan yang cukup berat oleh Oppo F1s. Oppo F1s merupakan salah satu smartphone yang disajikan dan ditujukan secara khusus untuk fotografi dan selfie.

Dalam kampanye brand nya,  Oppo F1s didaulat sebagai “Selfie Expert” dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan generasi-generasi Oppo F1 sebelumnya.

Oppo F1s memiliki bentang layar seluas 5,5 inci berteknologi IPS TFT, yang mampu menampilkan gambar beresolusi  720 x 1920 piksel dengan jernih dengan tingkat kerapatan mencapai 267 ppi. Layar Oppo F1s juga sudah dilindungi dengan 2.5D Corning Gorilla Glass 4.

Oppo F1s juga didukung dengan dual kamera yang kaya fitur. Kamera depan berkualitas 16 MP juga dengan lensa berdiafragma f2, dan kamera depan berkualitas 13 MP dengan sensor sensitifitas cahaya sebesar 1/3.06 inci.

Kamera dibekali dengan fitur beautify 4.6, yang memiliki 7 efek beutify yan sesuai dengan warna dan kultur orang Indonesia. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengoptimalan gambar dengan hasil yang terlihat lebih alami dan eyecatching.

Dari segi performa, Oppo F1s mendapatkan skor AnTutu Benchmark 41153. Hasil ini didapat berkat dukungan dapur pacu yang benar-benar handal.

Oppo F1s dibekali dengan prosesor Mediatek MT6760 Octa-core Cortex-A53 dengan clock speed 1.5 GHz. dan RAM 3GB.

Baterai Oppo F1s dirancang dari bahan Lithium Polymer. Baterai yang dipercaya dua kali lebih baik dalam urusan daya tahan, dengan kapasitas yang lebih besar. Baterai Oppo F1s berkapasitas 3075 mAh. Oppo F1s dapat dapat bertahan hingga di atas 10 jam.

Di Indonesia Oppo F1s juga dijual dengan harga Rp. 3.799.000,-. Penjualan dibuka pertama kali secara pre order pada 3 hingga 10 Agustus 2016, dan mulai tersedia secara resmi pada 11 Agustus 2016. Oppo F1s disediakan dalam dua pilihan warna yaitu Gold dan Rose Gold.

Foto Produk & Tabel Spesifikasi Oppo F1s

Foto : Googleimage
Foto : Googleimage
Detail SpesifikasiOppo F1s
ProsesorMediatek MT6750 Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
RAM3 GB
Memori32 GB dengan microSD, up to 256 GB
BateraiNon-removable Li-Po 3075 mAh
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
Dimensi154.5 x 76 x 7.4 mm
Bobot160 g
SIMDual SIM (Nano Simcard)
Kamera16 MP, f/2.0, 1/3.1″ dan 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
KonektifitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n & Bluetooth v4.0
JaringanGSM / HSPA / LTE
WarnaGold, Rose Gold
Garansi1 Tahun

 Tabel Perbandingan Spesifikasi Huawei P9 Lite & Oppo F1s

Detail SpesifikasiHuawei P9 LiteOppo F1s
ProsesorHiSilicon SoC Kirin 650 Octa-CoreMediatek MT6750 Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
RAM3 GB3 GB
Memori16 GB dengan microSD, up to 256 GB32 GB dengan microSD, up to 256 GB
BateraiNon-removable Li-ion 3000 mAhNon-removable Li-Po 3075 mAh
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)Android OS, v5.1 (Lollipop)
Dimensi146.8 x 72.6 x 7.5 mm154.5 x 76 x 7.4 mm
Bobot147 g160 g
SIMDual SIM (Nano Simcard)Dual SIM (Nano Simcard)
Kamera13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash dan 8 MP, f/2.016 MP, f/2.0, 1/3.1″ dan 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
KonektifitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n & Bluetooth v4.1Wi-Fi 802.11 a/b/g/n & Bluetooth v4.0
JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE
WarnaGold, Hitam, PutihGold, Rose Gold
Dimensi Layar5.2 inches IPS LCD 16M colors5.5 inches IPS LCD 16M colors
Dimensi Layar1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Garansi1 Tahun1 Tahun

 Penutup

Nah, setelah selesai membaca semua postingan di atas, sekarang anda sudah mengetahui secara detail bagaimana spesifikasi dari handphone pintar besutan Huawei yang bernama P9 Lite.

Anda juga sudah mengetahui berapa harga Huawei P9 Lite di Indonesia, lengkap dengan informasi metode dan tempat pembelian. Informasi rival terberat P9 Lite yaitu Oppo F1s juga diharapkan dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan anda nantinya, sebelum anda benar-benar memutuskan untuk melakukan pembelian.

Semoga review spesifikasi, harga dan perbandingan Huawei P9 Lite diharapkan juga dapat membantu anda dalam menentukan smartphone mana yang benar-benar mewakili kebutuhan anda yang sesuai dengan budget anda.

Referensi lain : Samsung Galaxy S7 Review “Varian, Spesifikasi & Perbandingan”

Terakhir, sebagai penutup, jika anda mendapatkan manfaat dari postingan ini, jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui spesifikasi Huawei P9 Lite dan informasi harga resminya serta tanggal peluncurannya melalui tombol share yang tersedia di bawah postingan ini. Salam Tekno.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

<